pilih pilih temen kelompok

Nggak boleh kalo di pertemanan, tapi dalam kelompok sangat dianjurkan!

Buat lo yang masih sekolah/kuliah pasti suka mengalami hal ini deh. Selalu bingung milih temen buat jadi satu kelompok sama kita. Kayak milih pacar, suka ada pertimbangan yang harus kita pikirin baik-baik. Misalnya, nggak enak ditolak karena udah temenan banget. Tapi kalo dijadiin kelompok juga bakal nyusahin. Soalnya lo tahu kalo ini bakal menentukan kesuksesan tugas dan nilai lo nanti. P! punya beberapa kriteria temen yang patut lo ajak bergabung sama lo buat jadi satu kelompok. Mereka adalah:

Yang Selalu Bawa Cemilan
Di tengah terpaan tugas yang menguras otak, dia bisa jadi malaikat buat kalian. Selalu bawa cemilan di setiap pertemuan. Nggak jarang dia juga suka nawarin lo mau dibeliin cemilan apa. Biar konsentrasi dan keseruan kalian selama ngerjain tugas tetep terjaga. Kayak minta pesenin bakso di tikungan jalan, gorengan abang-abang yang masih panas, rujak buah atau minta tolong dia bellin es tong-tong yang suka lewat depan rumah.

Yang Punya Fasilitas Mumpuni
Ini juga perlu banget lo ajak. Mulai dari rumahnya yang enak buat jadi basecamp kelompok. Apalagi ada fasilitas wifi anti lelet. Laptop canggih yang bisa dibawa pulang sama siapa aja. Terus ada printer juga yang bisa dipake buat ngeprint apapun (kayaknya tuh tinta nggak habis-habis) di luar tugas. Pokoknya fasilitas yang bisa mendukung kesuksesan tugas kalian.

Yang Suka Bayarin Fotokopian/Print-an/Jilid-menjilid
Nah orang ini juga penting ada di kelompok yang mau lo bentuk. Apalagi yang namanya tugas pasti nggak jauh-jauh sama urusan ngeprint, fotokopi, jilid-menjilid. Orang kayak gini biasanya paling cekatan ngeluarin uang dari kantong dibanding yang lain. Alias punya inisiatif tinggi buat bayar duluan. “Udah gampang pake duit gue dulu aja nih.”  (Disaat anggota lain masih ngerogoh kantong celana dalam gerakan lambat).

Yang Mobile Banget
Mobile di sini maksudnya bisa diajak atau disuruh kemana aja. Dia nggak pernah keberatan kalo suruh ke tempat tertentu. Pokoknya gampangan banget. Minta anterin ke sini mau, ke sana oke, ke sana ke sini ayoo. Bener-bener cocok buat jadi anggota kelompok, terutama bagian akomodasi dan transportasi kalian.


Punya kriteria lain yang lo jadiin patokan dalam bikin kelompok? Bagi-bagilah ke sini.

Komentar