Hal Baik Yang Ternyata Bisa Membatalkan Puasa
 
Berbuat baik tapi berniat jahat. Beginilah jadinya..
 
Melakukan kebaikan di bulan puasa itu memang perlu. Biar pahala kita berlipat. Hikmah puasa pun jadi lebih banyak kita dapat. Tapi kita juga perlu hati-hati, karena niat baik kadang suka terkontaminasi oleh godaan-godaan duniawi. Perbuatan baik kayak begini pun bisa berpotensi bikin puasa kita batal!
 
1. Ngasih Sedekah...
 
Ngasih sedekah ke yang membutuhkan tapi setiap detik prosesi pemberian sedekah itu kamu foto dan kamu update ke medsos.  "Memulai puasa dengan sedekah Rp 100 ribu. Cuma 10 persen aja dari uang jajan sehari." terus orang yang kamu kasih sedekah itu kamu ajak selfie bareng sambil menunjukkan uang yang kamu kasih. Selamat, sedekah kamu nggak jadi berbuah pahala, tetapi berubah jadi riya. 
 
2. Memberantas Pornografi di Laptop dan Hape...
 
Tapi sambil nyari file-filenya, kamu sok-sokan merasa perlu mengecek. "Eh ini porno bukan yah? kayaknya cuma video kucing gue lagi split deh. Mending gue cek dulu deh. Waduh, ternyata porno.  Eh eh ini bokepnya yang mana yah. Bagus juga. " Demi membersihkan hati dan menghindari nafsu, porno kudu mesti dibrantas sih. Tapi ya kalau sambil ngeberantas malah tergoda untuk nyicipin ya salah juga. Celana jadi sempit deh tuh. Gawat! 
 
3. Tidur...
 
Tidur di bulan puasa memang ibadah. Tapi kalau tidurnya cuma merem doang terus pura-pura ngigo nyemil kuaci mah sama aje, bro. Batal puasa ente!
 
4. Bantu Ibu Masak di Dapur...
 
Tapi pas disuruh ngicipin kuah sayur, kamu ngicipinnya semangkok, bukannya nyicipin dengan cara taro kuahnya di lidah terus langsung dilepeh lagi. Terus, pas disuruh cuci piring, bukannya pake sponge, kamu malah membersihkan sisa-sisa makanannya dengan.... lidah. Huft. 
 
5. Menemani Pacar Belanja...
 
Berangkat jam 10 naik motor-tawaf keliling tiga mal-jam 2 siang cape dan haus-nggak kuat-terus minum teh botol-jalan-jalan keliling mal lagi sejam-masih cape-akhirnya pulang-tapi nganter pulang pacar ke rumahnya dulu-ternyata eh ternyata rumahnya kosong. Sempurna sudah gagalnya puasa kamu. Kejadian ini sering sih dialami para pasangan muda. Hati-hati yah. 
 
6. Memberi Ta'jil...
 
Memberi ta'jil di siang hari dan memaksanya biar dimakan saat itu juga. Salah!
 
7. Menahan Lapar...
 
Menahan lapar tapi di malam hari. Terus selama siangnya kamu malah makan. Duh. Kurang-kuranginlah. 
 
8. Olahraga...
 
Kalau dilakukan dengan cara dan waktu yang benar olahraga bisa bikin badan kita makin bugar, sehat dan aduhai selama bulan puasa. Tapi perlu diingat, bahwa olahraga juga bisa bikin batal puasa. Contohnya: push up tapi di bawahnya ada pacar kamu. Lari tapi keringetnya diminum. Fitnes di tempat yang para pengunjungnya berbaju olahraga yang seksi-seksi. Gawat!! 
 
9. Sikat Gigi...
 
Sikat gigi memang baik. Agar supaya mulut nggak bau kayak sampah pasar. Tapi hati-hati yah, kalau sikat giginya pake gigi dan lidahnya pacar itu berbahaya. Puasa langsung batal seketika. Jangan coba-coba juga untuk sikat gigi pake ayam bakar padang yang udah dilumuri kuah rendang dan sambal ijo. 
 
Jadi, pastikan hati kita bersih dan bener-bener nggak gampang tergoda ya selama puasa ini. Selamat berpuasa. :D 
 

Komentar