header 5 hal manis yang nggak boleh lo pakai buat buka puasa

Warning! Warning! Warning!

Berbukalah dengan yang manis. Itu udah jadi sunah dan dari segi kesehatan itu adalah hal yang dianjurkan. Akan tetapi, lo juga harus paham bahwa nggak semua yang manis itu bisa lo pakai buat buka puasa. P! udah ngumpulin beberapa fakta terkait 'manis-manis' yang sangat amat nggak disarankan dikonsumsi saat buka puasa. Nggak baik buat kesehatan lo deh pokoknya. Pengen tahu apa aja sih manis-manis yang dimaksud? Niiiih, sikaaaaat.

1. Gula pasir

Via Giphy

Kita semua tahu kalo gula tuh rasanya manis bahkan saking manisnya sering dipakai buat pemanis segala macam makanan. Meski udah terbukti level kemanisannya, lo tetep nggak boleh buka puasa hanya dengan segelas gula pasir atau beberapa suap gula pasir. JANGAN YAH! Bukannya sehat dan berenergi yang ada lo diabetes.

2. Sakarin

Via Giphy

Pernah denger dong soal sakarin? Yoiih, ini adalah salah satu pemanis buatan yang cukup hits bin legendaris di Indonesia. Sebagai pemanis tentu aja sakarin juga punya rasa manis bahkan mungkin melebihi gula. Akan tetapi lo juga nggak boleh mengonsumsinya sebagai menu buka puasa. Kalo lo nekad, paling lo cuma batuk-batuk atau maksimal masuk UGD-lah.

3. Senyuman doi

Hal manis ketiga yang nggak bisa dan nggak boleh lo jadikan menu saat buka puasa adalah senyuman manis dari doi. Semanis-manisnya senyuman dia, tetep aja nggak mengandung vitamin, protein, karbohidrat, dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Inget, lo udah nggak makan dan minum seharian. Nggak usah sok jagoan dengan bilang "ngeliat senyuman manis kamu aja aku udah kenyang". Nggak usah sok-sokan deh. Inget, biaya ke dokter mahal. Punya BPJS nggak?

4. Kenangan manis

Via Tenor

Semanis-manisnya kenangan, itu hanyalah kenangan bukan kolak pisang atau opor ayam. Nggak bisa bikin lo kenyang. Kenangan itu hanya perlu diingat dan disimpan, nggak usah dijadikan menu buka puasa. Nggak sehat.

5. Janji manis

Via Giphy

Sejak baca judul lo pasti udah nebak kan kalo janji manis bakal masuk di daftar ini. Ya kaan? Yaudah demi membuat lo bahagia dan bangga karena bisa nebak isi tulisan ini akhirnya P! tetep memasukkan janji manis sebagai hal yang nggak bisa lo pakai buat buka puasa.

Betul, betul, betul kan? Semua poin di atas masuk akal dan sangat bisa diterima bukan? Kita emang sebaiknya mengindari lima hal tersebut demi kelancaran ibadah di bulan yang suci ini. Selamat puasa.

Komentar