header hal hal yang harus lo persiapkan saat pulang kampung

Siapa yang pulang kampung tahun ini??

Lebaran sebentar lagi. Udah pada beli tiket buat pulang kampung belom? Sepatu baru? THR buat dibagi-bagiin? Udah semua?? Nggak ada yang lupa kaaaan? Ya..ya..yaaa, hal-hal di atas emang perlu lo siapin, tapi sebenernya ada lagi yang perlu lo siapkan jauh-jauh hari sebelum keluarga di kampung halaman menyambut lo dengan gembira.

1. Siapkan hatimu, nak

hal hal yang harus lo persiapkan saat pulang kampung 1

Namanya orangtua dan orang-orang yang dituakan. Mereka pasti lebih tau "apa itu kehidupan. Apa itu cinta" dibanding kita yang cuma pinggiran pastel yang nggak ada isinya. Semua wejangan, kaa-kata bijak, pesan dari mereka pastinya akan mengalir membanjirimu selama lo di kampung. Coba siapkan hatimu ya, nak. Walaupun yang mereka katakan nggak sesuai dengan apa yang lo alami, ya dengerin aja. Anggep aja itu amunisi-amunisi lo menjalani kehidupan ini. Gue yakin pasti nantinya berguna kok. Okeiii.

2. Siapkan jawaban terbaik nan diplomatis

hal hal yang harus lo persiapkan saat pulang kampung 2

Yaaaa, namanya jarang ketemu kan. Apalagi kalo lo pulang kampungnya nggak setiap lebaran, pasti banyak banget pertanyaan menumpuk di dalam hati dan otak orang-orang di kampung lo. Dari "mana pacarnya", "kapan menikah", "eh di Jakarta kan wartawan ya? Suka ketemu Syahrini nggak? Salam yah", sampe "itu si Atta Halilintar rumahnya beneran gede ya??" ya pokoknya itulah. Siapin jawaban yang nggak bikin mereka membuat pertanyaan lagi dari jawaban lo. Gimana? Bingung? Sama.

3. Siapkan uang yang banyaaak

hal hal yang harus lo persiapkan saat pulang kampung 3

Terserah uangnya mau diapain. Mau dibagiin biar diomongin satu kampung karena "ih, tau nggak si Ismet udah kaya dia kerja di Jakarta", atau mau lo pake untuk mengeksplor tanah kelahiran. Makanannya, sudut kotanya, tempat hang outnya. Pasti deh ada banget sesuatu yang seru. Kali aja bisa jadi bahan buat lo memulai menjadi YouTuber, oke gayyyss.

4. Siapkan diri lo

hal hal yang harus lo persiapkan saat pulang kampung 4

Ajang pulang kampung udah jadi cerita sendiri, mempersiapkan diri dengan segala kemungkinan itu udah harus banget. Kali aja kan ortu tiba-tiba jodohin, ketemu musuh pas SD, atau tetangga yang kecilnya ingusan pas gede jadi canti atau macho gilak. Jadi musti siap yah.

Apapun yang terjadi pas pulang kampung menjadi keseruan di bulan ramadan kali ini. Yang paling penting, lo harus bersyukur sih bisa dapet cuti kerja pas lebaran, dapet rejeki THR jadi bisa beli baju lebaran sama kasih angpao, bisa dapet tiket pulkam. Jadi selamat berlebaran, selamat pulang kampung!

Komentar