gaul bagian manakah 01

Karena tiap-tiap yang bernyawa butuh sandang, papan, pangan, dan pergaulan.

Selain butuh nasi, serat tinggi, dan gizi kita semua butuh bergaul dengan sesama manusia biar melancarkan hidup ini. Hal itu udah diterapkan bahkan sejak zaman sebelum nenek buyut lo ngelahirin neneknya nenek nenek buyut lo. Pokoknya lamaaa deh. Hanya saja ada perubahan cara dalam bergaul dari zaman Neolitikum ampe sekarang.

Kalo berdasarkan teori sok-sok-anlogi a la P!, ada dua kategori besar dalam pergaulan masa kini. Yang pertama kita sebut sebagai 'Virtual Reality' di mana lo membuat dunia maya sebagai dunia nyata dan yang kedua adalah 'Augmented Reality’ di mana lo hanya menjadikan dunia maya sebagai pendukung dunia nyata. Emmmm, kira-kira lo masuk klub mana neeeh? Coba dibandingan dulu nih.

Cara Berkumpul sama teman

Via Tenor

Virtual Reality: 

Main sosmed teroooooos! Prinsip hidupnya 'content is my priority, yang lain tunggu dulu'. Ya begicuuuuh, saking pentingnya konten medsos tiap saat tiap waktu cekrak cekrek, upload. Kalo diperhatiin Instagram Storiesnya udah ampe kek jahitan baju. Nggak peduli deh lagi kumpul sama kelurga, teman, ngerjain tugas, pokoknya content is number one. Urusan ngobrol secara langsung mah belakangan. Yang penting tadi udah nanya kabar terus udah bikin boomerang bareng.  

Augmented Reality:

Mumpung lagi ketemu sama teman atau kumpul keluarga, bolehlah foto sekali dua kali tapi diunggahnya ntar dulu aja deh. Ntar kalo udah nyampe rumah. Sekarang saatnya nikmatin sosialisasi secara langsung dan ngobrol dari hati ke hati. Pelukan, suap-suapan, atau ketawa bareng. Nggak cuma pelukan lewat emoticon doang. Huhuuu~

Cara Cari Pacar

Via Gifer

Virtual Reality:

Nyari pacar atau gebetan lewat aplikasi, pdkt lewat chat room, jadian lewat telfon, pacaran dengan video call, putus dengan saling blokir. Pokoknya semua dilakukan secara maya doang. Kalo si pacar sakit, cuma diucapin 'GWS' sama dikasih emot cium. Nggak kenal yang namanya gandengan tangan atau dianterin ke dokter. They cant't relate.

Augmented Reality:

Sebagai manusia yang udah kenal hengpon dan aplikasi swipe kanan kiri buat nyari jodoh, nggak masalah dong kalo dapat pacar dari aplikasi. Itukan buat perkenalan. Sisanya mah pdkt di dunia nyata, ketemuan, makan bareng, dan pacaran di dunia nyata.

Cara Menyelesaikan Masalah

Via Tenor

Virtual Reality:

Gara-gara udah nggak bisa lepas dari yang namanya dunia maya akhirnya semua hal dibawa di dunia maya. Kalo ada masalah dikit, langsung sindir-sindiran di medsos. Nyerang via DM atau komentar. Hingga akhirnya saling unfollow dan ngeblokir.

Augmented Reality:

Kalo ada masalah pasti langsung diselesaikan dengan tatap muka. Diobrolin dari hati ke hati. Saling ngasih klarifikasi dan nggak pake bumbu emosi.

Cara Nikmatin Gigs

Via Gfycat

Virtual Reality:

Hari gini pasti banyak banget orang yang datang ke gigs bukannya menikmati tiap lagu ehh malah sibuk ig story, nge-videoin, foto-foto, terus kalo sinyal jelek ngomel-ngomel. Momen yang harusnya dinikmati buat bisa sing along sama idolaak malah jadi momen buat berburu video sepanjang waktu. Batal fokus sama lagu dan idola.

Augmented Reality:

Bukannya nggak bikin video atau nggak foto-foto sih, tapi tau porsinyalah. Ambil satu atau dua video aja, lalu sisanya menikmati momen di gigs. Unggah video atau fotonya ntar aja pas udah kelar. Sekarang saatnya buat menikmati apa yang ada.

Cara Makan

Via Imgur

Virtual Reality:

Beli makanan dilihat dari fotonya di medsos, dapat info dari medsos, belinya pakai aplikasi online, terus sebelum makan tidak lupa foto sana sini dengan angle yang beda dulu. Kalo belom dapat foto cakep, belom makan. Gitu terus aja ampe tuh makanan kedaluwarsa. Bodo amat dah makanan udah dingin atau diicipin lalat, yang penting ada konten cakep buat medsos.

Augmented Reality:

Cari tahu soal makanan di media sosial tiap lagi bingung mau makan apapan. Sesekali bolehlah pesan makanan dengan aplikasi, mumpung ada promo nich. Kalo makanan datang, langsung hajar. Kagak usah dipoto-poto dulu kecuali makanannya emang cakep banget sih. Hihi.

Kira-kira seperti itulah nak gambaran soal pergaulan zaman sekarang. Setelah lo renungkan, lo masuk gaul yang mana nih? Apakah versi 'Virtual Reality' atau 'Augmented Reality'? 

Komentar