spesial - janji klise saat puasa

Kau yang berjanji, kau yang mengingkari

Wahai saudara-saudari teman-temin dan kawan-kawin sekalian. Bulan puasa adalah bulan Ramadhan. Kalian pasti tahu itu bukan? kan? kan? Demi menyambut bulan ini sering kali kita membuat sebuah tekad bin iktikad baik.

Kita berjanji kepada diri sendiri, sebagaimana para caleg berjanji kepada rakyat disaksikan oleh pohon-pohon dan tiang-tiang listrik tempat poster-poster janjinya itu ditempel. Tapi ya, namanya juga janji sama diri sendiri kalau diingkari juga bukan orang lain yang rugi. Jadinya ya begini deh:

Janji Diet

Banyak banget yang berencana mau sekalian diet selama puasa tapi hasilnya, badannya malah membesar. Salahnya, saat janji diet itu kita suka lupa sih betapa kolak pisang, gorengan, risol, cakwe, kolak, opor ayam,  sop kaki, sushi,  es kelapa pake sirup coco pandan itu enak banget kalau dimakan sepanjang malam secara bergantian sehabis buka puasa.

Janji Ngirit

 "Gue janji bakal buka puasa pake gorengan doang sama teh manis dari kantor. Kalau bisa malah rajin ke mesjid biar dapet ta'jil. Makan beratnya di rumah aja."

Kenyataannya adalah... bener sih kita bukanya pake gorengan, tapi setelah itu pas liat iklan sirop dan bumbu masak yang nampilin ayam goreng yang aduhai banget kita jadi tergiur pengen beli.

Belum lagi banyaknya ajakan bukber dari segala penjuru yang sulit sekali ditolak dan pasti menguras dompet.

Janji THR Mau Ditabung Semua

Orang-orang yang ngebet kawin, pengin ngejar temen-temennya beli iPhone 5s, tergoda iklan apartemen, kepincut beli mobil padahal nggak bisa nyetir, pasti bertekad untuk ngebungkus uang THR-nya pake gembok berlapis sepuluh biar nggak diambil-ambil.

Kenyataannya, iklan-iklan diskon berbagai online shop dan toko-toko di mal jadi terasa terlalu sayang untuk dilewatkan begitu saja, semua mau dibeli, walaupun nggak perlu-perlu amat. Belum lagi serangan sepupu-sepupu dan keponakan-keponakan yang suka tiba-tiba minta ditraktir parcel atau baju lebaran.

Janji Memperbanyak Ibadah

Janji yang satu ini emang harus banget sih. Tapi seringnya, kita nggak konsisten. Dan terbukti, ajakan solat berjamaah tiap waktu solat, jalanan lancar selama jam terawih, serta mesjid penuh saat terawih itu cuma terjadi di minggu  pertama puasa.

Janji Pacaran Syariah

"Sayang yang cakep dan seksih kayak Tina Toon, selama puasa kita pacaran syariah aja yah. Jangan sentuh-sentuh aku, terus kamu juga kalau mau ketemu aku harus pake mukena yah. Nanti aku juga akan pakai sarung terus. Jok motor n mobil aku juga bakal aku bikinin sekat kayak di mesjid biar kita nggak peluk-pelukan."

Janji-janji  kayak gitu santer juga dikumandangkan oleh para pasangan muda-mudi, tapi eh yang terjadi, jam 12 siang udah gandengan tangan sambil jalan di mal, jam 4 udah lemes terus leyeh-leyeh bareng, terus pas malem, ngaku sama orang rumah mau teraweh padahal kelayapan cari jembatan untuk pacaran.
 

Yuk lah evaluasi diri, janji-janjinya kudu ditepatin, biar beres puasa, kita jadi orang yang lebih mantep lagi. 

Komentar