special - menemukan uang jatoh

Menemukan uang jatuh di jalan itu rasanya sama kayak menemukan gebetan cakep saat kita udah punya pacar, merasa bersalah sekaligus butuh.

Di masa-masa kebutuhan THR (bukan Tunjangan Hati Resah) meningkat, semua orang melakukan segala cara dan upaya demi supaya agar mendapatkan uang tambahan beli ketupat dan baju lebaran termasuk di antaranya mencari uang yang jatuh di jalan. Kadang menemukan uang jatuh di jalan itu rasanya sama kayak menemukan gebetan cakep saat kita udah punya pacar, merasa bersalah sekaligus butuh. Maka dari itulah, P! mau kasih imbauan gimana caranya memperlakukan uang yang jatuh.

1. Lihat Apakah Ada Kamera Di sekeliling

Bisa aja kamu dikerjain sama program TV yang kerjaannya ngisengin orang gitu tuh. Nggak enak banget kan kalau pas kamu mau ngambil eh uangnya ternyata udah diikat tali, jadi bisa ditarik-tarik gitu.

2. Lihat Nominalnya Dulu

Kalau lebih gede malunya dari pada nominal uang yang jatoh itu. Lebih baik kamu urungkan niat untuk mengambil uang itu.

Misalnya, uang yang jatoh itu senilai Rp 5.000. Sementara beban malu yang akan kamu terima adalah sekitar 20.000 (saat itu ada 50 pasang mata orang yang juga tau kalau ada uang jatoh, dan kamu adalah orang yang paling dekat dengan uang itu. 2 pasang mata di antaranya adalah mata gebetan kamu. Satu pasang mata akan memberikankamu beban malu senilai 400)

3. Lihat Kanan-Kiri Dulu

Mengambil uang jatuh di jalan itu sama kayak nyebrang jalan. Kita mesti liat kanan-kiri dulu biar selamat. Hal ini perlu dilakukan terutama jika jumlah nominal uangnya lebih besar dari beban malu yang akan kita terima. Tindakan lihat kanan-kiri itu bukanlah untuk menghindari malu, tetapi untuk menghindari persaingan.

4. Pura-Pura Ngejatuhin Uang Kamu Dulu

Terus pas ngambil kamu ngambil uang yang jatoh itu juga. Trik ini cocok dilakukan kalau disekeliling kamu rame. Jadi, orang-orang mengira kalau yang kamu ambil adalah memang uang kamu

5. Ambil Lalu Disumbangin

Ketika jiwa baik kamu sedang maksimal sekali, maka jangan ingkari. Turuti saja. Ambil uang itu dan sumbangkan.

6. Kamu Ambil Uangnya, Lalu Tinggalkan Nomor Telpon

Di tempat kejadian perkara di mana uang jatoh itu berada tinggalkanlah sepucuk pesan. Isinya: "Saya tadi menemukan uang jatuh di sini. Kalau Anda merasa memilki hubungi saya dan mari kita barter. Saya juga sedang mencari hati saya yang jatuh."

Tapi siap-siap aja sih banyak yang nelpon kamu, ngaku-ngaku punya uang tersebut.

7.  Cek Nomor Seri dan Nama Pemiliknya

Siapa tau si pemiliknya iseng nulisin data diri di setiap uang yang dia punya. Kalau ada ya kamu mesti berusaha untuk ngembaliin.

8. Pahami Hukumnya

Ternyata eh ternyata ada juga hukum yang ngatur tentang penemuan uang jatoh di jalan. Katanya, si pemilik yang kehilangan dapat meminta kembali barangnya dari si penemu dalam jangka waktu tiga tahun. Untuk lengkapnya, nih liat aja hukumnya:

28 beritagar-infografik-menemukan-barang-di-jalan l

9. Disuruh Bangun

Ketika ada uang jatoh, maka berilah motivasi biar dia kuat untuk bangun sendiri. Beri tahu kepadanya bahwa hidup ini memang penuh jatuh bangun. Siapa tau si uang masih kuat untuk bangun, bangkit dan berjalan menempuh dompet-dompet atau rekening orang. Siapa tau kan who knows?!

 

Begitulah. Kalau kamu sendiri apa yang bakal dilakukan kalau menemukan uang jatoh?

 

(sumber infografis: Beritagar.com )

Komentar