spesial - Cara Mencegah Kejahatan Komunikasi Via HP

Sebelum ditipu kita harus menipunya lebih dulu.

 

Jadi, jika suatu malam di mana bintang-bintang sedang bertaburan indah dan tiba-tiba  handphone lo berbunyi dan lo liat ada nomor tak dikenal di layar handphone lo itu, tolong, demi kebaikan ibu Pertiwi, jangan pernah menganggap itu adalah nomor mantan lo yang mencoba menghubungi lo kembali dan ngajak balikan. JANGAN PERNAH NGANGGEP ITU AKAN TERJADI! MANTAN AKAN SELALU MENJADI MANTAN! Dia nggak akan pernah ngehubungin lo lagi apalagi kalau mantan lo udah nikah.

Okeh, balik ke persoalan, karena saudara-saudara, percayalah! Sama seperti halnya gaya pacaran di abad ke-21 ini, kejahatan sekarang nggak harus pake acara tatap muka, hanya melalui handphone saja, atm lo bisa dikuras abis-abisan oleh orang-orang nggak bertanggung jawab yang tujuan hidupnya cuman buat nyari duit dengan cara dan bentuk apapun biar jadi orang kaya!

Dan memang salah, ketika ciri-ciri komunikator hebat dalam komunikasi saat ini dikuasi oleh orang-orang jahat, feedback yang dihasilkan oleh komunikan, bisa menjadi hal yang merugikan bagi komunikan itu sendiri. Oleh sebab itu, ada baiknya kita belajar untuk menjadi komunikan yang merangkap menjadi komunikator yang hebat, sehingga segala bentuk kejahatan komunikasi melalui handphone bisa kita hindarkan.

Demikian adalah tipsnya :

 

*Handphone lo berdering*

**Narator: Para pelaku kejahatan komunikasi biasanya akan memulai percakapan seperti ini.**

Mas-mas jahat (MMJ): Halo.

Lo sebut saja mawar (LSSM): Halo juga, ini siapa ya ?

**Narator: Yakin banget lo akan nanya “Ini siapa?”**

MMJ: Ini gua war.

**Narator: Iyah, emang biasanya dia tau nama lo, nggak ngerti juga nih caranya gimana bisa tau nama orang yang mereka incer buat dirampok.  Nah, tapi yang perlu diingat  dalam tahap ini, JANGAN PERNAH LOE SEBUTIN NAMA SALAH SATU TEMEN, MANTAN PACAR, PACAR, MANTAN MANTANNYA PACAR, NENEK LO, KAKEK LO, ADEK, LOE. Karena itu lah babak awal si penjahat akan mengecoh lo dan memainkan emosi lo. Maka, yang bisa  dan harus lo lakukan adalah mengecoh penjahatnya sebelum lo di kecoh *ini bahasanya apaan sih kecoh-mengecoh** :

LSSM: OH GUAH!

MMJ : Iya, ini guah War.

LSSM : Lo, guah, terus guah siapah ?  

MMJ : Ha? Ini gua, War, temen lo.

LSSM : Ha? Lo temen gua? Terus guah temennya siapah? Temen gua, temennya siapa? Coba tebak!

MMJ : Jangan bercanda ah, War, guah lagi di kantor polisi nih sekarang.

LSSM : Loh, jadi sekarang lo temennya polisi? Bukan temen gua lagi? Jadi gimana sih sebenernya, lo tadi bilang lo temen gua, sekarang lo bilang lo lagi di kantor polisi? Gilak! Kelewatan si lo! Temen macam apa lo?

MMJ : Duh bukan, War, motor gua ditahan di kantor polisi gara-gara tadi nggak sengaja gua nerobos lampu merah.

LSSM : Hah? Lo di kantor polisi terus motor lo juga di kantor polisi? Terus siapa lagi yang lagi ada di kantor polisi sekarang? Kakak lo? Ade lo? Nyokap lo? Gilak lo! Satu keluarga lo aja ada di kantor polisi! Terus lo nerobos lampu merah? Et dah, nggak pacar temen nggak lampu merah lo terobos juga ya! Nggak nyangka gua.

MMJ : Mawar, jangan bercanda ah, guah butuh duit nih buat nebus motor gua.

LSSM : TERUS SEKARANG LO MANGGIL NAMA GUAH MAWAR ?!!!!! GA ADA SATUPUN TEMEN GUAH YANG MANGGIL GUAH MAWAR! SEMUA TEMEN GUA MANGGIL GUAH ROSALINDA! MAWAR CUMAN NAMA SAMARAN GUAH! GILAK LO! TERUS LO SEKARANG MINTA DUIT KE GUAH BUAT NEBUS MOTOR LO?!! LO PIKIR GUAH APAAN ? MANGGIL NAMA GUA AJA SALAH TERUS SEKARANG LO MINTA DUIT BUAT NEBUS MOTOR LO ? APALAGI NANTI YANG HARUS GUAH TEBUS ? HARGA DIRI LO ? GILAK LO! Gua pikir lo temen guah yang baik *pura – pura nangis*

MMJ: Aduh Rosalinda, beneran nih, guah butuh duit buat nebus motor gua, karena gua nggak bawa SIM juga nih.

LSSM :  GILAAK!! WARGA NEGARA MACAM APA LO?! UDAH NEROBOS LAMPU MERAH TERUS LO GA BAWA SIM? TERUS SEKARANG LO MAU NEBUS MOTOR LO ? EMANG BISA ? ASAL LO TAU POLISI DI INDONESIA NGGAK ADA YANG MAEN TEBUS-TEBUSAN YA! SEMUA HARUS LEWAT JALUR HUKUM! LO SALAH! LO HARUS DIHUKUM! GILAK! GUAH BUAT SURAT TERBUKA JUGA NIH WALAUPUN GUA GA TAU SURAT TERBUKA NYA BUAT SIAPA! TAPI GUA MAU NGELAPORIN LO KE PAK SBY! BIAR SEKALIAN LO DIBUANG DARI NEGARA INDONESIA JADI GA MENUH MENUHIN ORANG ORANG KAYA LO DI NEGARA INI GILAAKK

**Narator: kalau tiba-tiba teleponnya langsung di tutup.. ………..BERBAHAGIALAH KAMU KARENA KAMU TELAH MENYELAMATKAN SEGALA BENTUK MATA UANG DI ATM KAMU. Tapi kalau tiba-tiba terjadi perbincangan lanjutan seperti ini:**

MMJ : NY*t *kemudian keluar semua nama-nama binatang* GA USAH BERCANDA! INI GUAH YATIEM! TEMEN LO SATU-SATUNYA DI TK YANG NYEMPLUNG KE KOLAM IKAN BARENG DAN GUA TAU LO PERNAH KESELEK PENGAPUS SAAT SD TERUS LO GA MAU BANTUIN GUAH ? GILAK LO! *nangis sesengrukan*

**Narator: kalau semua pernyataan itu benar, itu saatnya untuk lo berhenti memainkan emosinya dan mulailah bertanya apa masalahnya dan cobalah membantu dia.**

 

Demikianlah terjadi berdasarkan kisah nyata dari salah satu Agent Provocateur yang akhirnya harus merelakan 3.5 juta hilang dari ATM nya tanpa kisah yang jelas.

Lebih berhati-hatilah dan waspadalah selalu! Semoga artikel di atas dapat membantu menghindari dari segala jenis kejahatan komunikasi, jika nggak, baik nya dijadikan hiburan saja dikala malam. Cling. Emuah!

Komentar