header-ketika-orang-tua-tidak-sesuai-ekspetasi-lo_1.jpg

Tenang, jangan gegabah, ya~

Sebagai seorang anak, pasti beberapa dari lo punya ekspetasi kan ya atas orang tua? Hmm, orang tua aja punya ekspetasi terhadap anaknya, jadi wajar jika anaknya juga punya ekspetasi tentang orang tuanya. Setiap anak pasti ekspetasi terhadap ortunya macem-macem neh, ada yang pengen di rumah biar nemenin kalau habis pulang sekolah atau kerja. Ada yang pengen dimasakin biar bisa ngerasain makanan rumahan, atau diajak jalan-jalan bareng sekeluarga. 

via GIPHY

Tapi, ada beberapa ortu yang nggak sesuai dengan ekspetasi anaknya. Well, emang mengecewakan sih buat diri lo, tapi inget gengs, lo nggak perlu marah dan benci sama ortu lo karena mereka nggak bisa sesuai dengan ekspetasi lo. P! punya alasan kuat buat lo tentang hal ini, coba lo baca alasannya di bawah ini sampai habis!

1. Sekecewa Apa Pun Sama Ortu, Mereka Tetep Orang Tua Lo

Mau bumi berhenti berputar, Jupiter dinyatakan jadi planet pengganti Bumi, atau Elon Musk berhasil bikin Bumi buatan pun orang tua lo masih sama. Iyee, mereka masih orang tua lo walaupun kehidupan ini berubah. Sekecewa apa pun lo sama ortu, mereka tetep orang tua lo yang udah berusaha buat memberikan yang terbaik untuk anaknya. Coba deh hargai apa yang udah mereka lakukan buat lo, jangan langsung sumpah serapah dan benci sama mereka, ya. Coba lo inget hal-hal kecil yang pernah ortu lakuin buat nyenengin lo untuk mengurung kebencian lo yang meledak-ledak. 

via GIPHY

2. Tenangkan Diri, Bikin Batin Lo Kuat Dulu Sebelum Ngomong Sama Mereka

Bertengkar sama orang tua mungkin hal yang wajar juga, karena lo dan ortu punya pandangan yang berbeda atas hidup ini. Tapi sekali lagi, ketika lo kecewa mereka nggak sesuai dengan ekspetasi lo responnya, jangan emosi dan langsung benci~ Lebih baik lo dinginkan kepala dulu, tenangkan diri dan batin lo. Tentunya dengan hal-hal yang positif ya, jangan lari ke hal-hal yang negatif plis karena itu bakalan ngerusak diri lo. Setelah udah tenang, lo bisa ngobrol lagi dengan orang tua. Jangan sampai lo ngeluarin sikap yang malah bikin orang tua lo marah dan sedih, jadi lebih baik lo tenangkan diri dulu sebelum ngajak ngobrol mereka. 

via GIPHY

3. Jelasin Keluh Kesah Lo Sebagai Seorang Anak

Setiap manusia punya hak untuk besuara, termasuk lo sebagai anak. Karena orang tua punya pandangan, ideologi, dan pertimbangan yang berbeda dengan lo, ada baiknya lo cerita sama mereka. Dengan pikiran yang udah tenang tersebut, lo pelan-pelan ceritain keluh kesah lo sebagai seorang anak termasuk rasa kecewa yang lo rasakan saat ini. Yhaa P! nggak bisa mastiin obrolan lo ini bakalan diterima oleh orang tua lo, tapi setidaknya lo udah mengutarakan apa yang lo rasakan. Urusan diterima atau nggak, tunggu mukjizat dan semoga diterima oleh mereka, ya. 

via GIPHY

4. Mereka Juga Manusia, Tempatnya Salah dan Ketidaksempurnaan

Coba berkaca ke diri lo sendiri deh. Sebagai anak, apakah lo udah berbuat baik buat sekitar? Atau lo pernah melakukan kesalahan dan kejahatan? Nah, kalau lo pernah melakukan hal tersebut, itu menjadi pertanda bahwa manusia itu tempatnya salah dan nggak semua manusia itu sempurna. Dari hal tersebut, lo bisa belajar dari kesalahan dan nggak mengulangi hal tersebut. Sama halnya dengan orang tua, walaupun usia mereka lebih dewasa daripada lo, tapi namanya juga manusia pasti pernah melakukan kesalahan di situasi tertentu. Jadi berilah mereka pengertian dan waktu untuk memperbaiki menjadi lebih baik. 

via GIPHY

5. Seperti Kata Orang Kebanyakan, Cintai Manusia Apa Adanya

Yep, cintai manusia apa adanya, bukan ada apanya. Hal ini juga berlaku untuk mencintai keluarga, termasuk orang tua lo. Walaupun ortu lo ngecewain, bikin sakit hati, toxic vibe banget di keluarga, tapi hey~ Mereka adalah orang-orang yang akan mengingat lo sampai akhir hayat, percaya deh. Cintai mereka dalam ketidaksempurnaan mereka sebagai orang tua, siapa tahu lo bisa jadi anak yang lebih dewasa dan mendapatkan pelajaran hidup dari hal ini. Yeee kaaan? hehe. 

via GIPHY

Komentar