mari berterima kasih

Dear self, thank you.

Sedari kecil kita udah diajarin buat bilang makasih (ke orang lain) tapi pernahkah lo berterimakasih pada diri sendiri? Kalo pernah kapan terakhir kalo lo melakukannya? Apakah tadi malam, seminggu yang lalu, setahun lalu, atau malah nggak pernah sama sekali. Lagian apa perlu kita ngucapin makasih ke diri sendiri? Ya perlu dooong. Makasih kan wujud dari apresiasi juga dan justru orang yang sangat berhak atas ucapan terimakasih dari lo adalah diri lo sendiri.

Biasanya lo berterimakasih ke orang lain karena apa? Dia minjemin lo duit atau ngasih lo duit? Buat yang udah kerja, lo kerja dan mendapat gaji tiap bulannya, itu artinya lo juga ngasih duit buat diri lo sendiri. Lo makasih karena lo ditraktir makan enak sama temen yang lagi ulangtahun? Nggak inget, tiap hari lo juga ngasih makan diri lo sendiri loh. Nggak jarang juga lo ngasih makanan yang enak dan menyehatkan. Lo makasih karena dikasih perhatian sama orang lain? Kurang perhatian apa lo sama diri lo sendiri yang tetep ngasih waktu buat tidur meski kerjaan numpuk, lo mau berhenti di lampu merah biar nggak ketabrak, lo mau mandi biar tubuh nggak kotor, lo mau nyuci pakain biar baju lo tetep wangi, bersih dan rapi, lo tetep makan pakai tangan, lo nggak jalan pakai kepala, lo nggak nutup mata saat nyebrang, apa itu semua bukan wujud perhatian?

Itu baru sedikit dari banyak banget hal yang udah lo lakuin buat diri lo sendiri. Yuk, bilang makasih ke diri sendiri karena udah bekerja sangat keras. Lo tetep bertahan dalam kondisi yang buruk banget. Lo tetep berusaha senyum meski lo lagi nggak karuan. Lo nggak pernah nyerah buat nyelesain masalah. Yuk, bilang makasih. Makasih karena udah mau melepaskan orang yang nggak mencintai lo balik. Makasih karena udah mau memaafkan. Makasih untuk selalu melakukan hal baik. Makasih untuk selalu berusaha buat mengejar mimpi meski mungkin saat ini belom tercapai. Makasih untuk nggak lelah sama hidup. Makasih untuk nggak berusaha nyampur sianida di kopi lo sendiri. Hal-hal kayak gitu juga butuh diapresiasi. Kalo bukan lo sendiri, lalu siapa?

Lagipula ucapan terimakasih ini bisa jadi wujud mencintai diri sendiri dan menghargai usaha lo selama ini. Bayangin deh lo udah ngelakuin ini itu tapi nggak pernah dimakasihin. Kan agak kesel yaah. Beda kalo ada ucapan makasih. Rasanya pasti lebih seneng aja. Kayak ada yang menghargai. Kayak semua yang lo lakuin tuh nggak ada yang sia2. Sama kayak kalo ada orang lain bilang makasih ke lo. Pasti ada kebahagian tersendiri kan??

Ngucapin makasih ke diri sendiri juga akan ngajarin lo buat lebih bersyukur sama apapun yang lo miliki saat ini. Lo nggak akan khawatir bakal sendirian. Lo nggak akan takut buat menghadapi apapun karena you have yourself. Lo akan ngeliat bahwa lo tuh hebat dan kuat. Bukan sombong loh tapi ini penting buat meyakinkan diri sendiri apalagi saat lagi down.

Mulai sekarang, coba ucapkan makasih. Nggak usah nunggu sampai ada hal besar atau lo habis dapat prestasi yang luar biasa. Ucapan makasih bisa dimulai dari hal-hal kecil. Misalnya aja bilang makasih sudah makan dan nggak membiarkan diri sendiri kelaparan, makasih udah nraktir gorengan, makasih udah istirahat cukup, dll dll.

Nggak akan ada ruginya kok kalo lo bilang makasih ke diri sendiri. Dunia nggak akan kiamat. Gaji lo nggak akan diturunkan. Nggak ada bom yang meledak atau nuklir yang bocor. Yang ada justru lo akan lebih cinta sama diri sendiri dan bisa belajar besyukur. Yang terakhir nih. Tetaplah berterimaksih pada diri sendiri meski lo baru aja melalui hari yang berat.

Komentar