cara paling mempan setelah dikecewakan

Calm down, baby.

Romansa cinta memang penuh lika-liku dan mengandung beraneka bumbu. Hari ini lo bisa aja merasa baru bertemu sosok bidadari yang indah, tapi siapa sangka kalau esok lusa lo merasa bertemu siluman rusa dari negeri antah berantah. Saat mengalami momen mengecewakan, lo mungkin sulit untuk mencerna jalan pikiran pasangan lo, apalagi kalau doi menjadi pihak yang melakukan kesalahan. Kalau lo emang masih pengen berjuang dan memulihkan hubungan, nggak ada salahnya lo simak sederet poin berikut ini.

1. Lo mungkin nggak bisa melupakan memori kelam yang sudah terekam, tapi satu-satunya jalan hanyalah memaafkan.

forgiveyou 553532
via Gfycat

Walau sudah memaafkan, rasa kecewa dan momen pahit itu tak lantas hilang seketika. Setidaknya, dengan memaafkan, lo bisa berdamai dengan diri sendiri supaya bisa lebih tenang dalam mengatasi segala situasi, termasuk yang terburuk sekalipun. Anggap saja memaafkan adalah bagian dari perjalanan untuk mengubah momen buruk menjadi lebih indah di kemudian hari.

2. Tidak ada manusia yang sempurna.

prfctslngmz
via Gfycat

Manusia memang tempatnya salah dan lupa, walau ini bukan berarti semua orang bisa berbuat salah seenak jidat. Lo harus mencerna kata-kata ini: Pasangan lo adalah manusia biasa. Doi bisa berbuat salah kapanpun, dan lo mungkin juga bisa mengalami situasi yang serupa di kemudian hari.

3. Jangan sampai satu kesalahan menutupi seribu kebaikan.

itsokgwgw
via Tenor

Sebagai manusia biasa, kita semua harus bercermin dan meyakinkan diri untuk memaafkan sesamanya, termasuk pasangan. Lo tahu, selama ini doi sering menebar kebaikan dan jarang bermasalah. Kalau memang doi baru sekali berbuat kesalahan yang memang begitu mengecewakan, nggak ada salahnya lo kembali menerimanya untuk kembali mengukir lembaran baru.

4. Berikan waktu.

gvmetimer2r2
via Giphy

Sewaktu-waktu doi bisa saja melakukan kesalahan. Di sisi lain, lo juga harus sabar untuk memberikan waktu agar doi kembali ke jalan yang benar dan membuat hubungan kalian kembali utuh dan semakin kuat. Lihat usahanya untuk memperbaiki diri dalam beberapa waktu.

5. Sampaikan semua unek-unek dan jangan pernah menyimpan rasa dendam.

uhisee235252636
via Giphy

Khusus poin ini, kuncinya adalah komunikasi. Kalau selama ini lo suka kode-kodean dan cuma diem-dieman, maka nggak menutup kemungkinan rasa kecewa akan terus berulang. Intinya, mulailah untuk memperbaiki komunikasi dan tidak lagi memendam segala perasaan yang berkecamuk. Kalau lagi yang ada pengen diobrolin ya cari waktu untuk ngobrol, saling memberi masukan, dan jangan ragu untuk saling memberi dukungan.

Setidaknya lima poin ini harus lo pegang kuat demi memperbaiki semua situasi. Percayalah, selama ada kemauan, di situ pasti ada jalan.

Komentar