suporter indo 015646636363636

Yuk sama-sama belajar!

Tahu sendiri kan kalau Timnas Indonesia masih belum layak untuk lolos ke Piala Dunia? Jangankan lolos, untuk mencuri perhatian dunia saja masih susahnya minta ampun. Mungkin ada sih ya pelatih asing yang kasih pujian bahwa Timnas Indonesia punya sederet pemain berpotensi, tapi ingat ya, selama potensi itu tidak diasah dengan baik maka selamanya tidak akan menjadi sesuatu yang baik.

Nah, sekarang, satu-satunya harapan supaya Indonesia bisa lolos ke Piala Dunia adalah dengan cara mencalonkan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Sayangnya, peluang itu bisa tertutup juga karena ulah suporter yang rusuh pada laga perdana Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang melibatkan Timnas Indonesia vs Malaysia. Dengan ini, P! pun menghadirkan sederet solusi paling jitu agar suporter, terutama yang datang ke stadion, bisa mengambil sikap lebih baik saat mendukung Timnas Indonesia tercinta.

1. Ikutan stand-up comedy.

radityadikagif55w5435
via Tenor

Nggak bisa dipungkiri, pertandingan yang melibatkan Timnas Indonesia akan selalu menarik untuk disimak. Tapi para suporter juga harus sadar dengan segala realita dan keadaan yang ada bahwa, selama lo berharap Indonesia menang maka lo akan kecewa. Setidaknya itu yang Pangeran Siahaan katakan seusai laga Timnas Indonesia vs Malaysia. Inilah mengapa para suporter sebaiknya mulai ikut stand-up comedy. Melalui stand-up comedy, kita belajar untuk menerima kenyataan dan menertawakan segala kekurangan yang ada pada diri kita sendiri. Kita juga belajar agar tidak mudah tersinggung saat mendapat ejekan. Dijamin, mental para suporter akan lebih siap menghadapi tekanan yang ada di dalam stadion, sekalipun melibatkan pertandingan yang paling panas.

2. Biasakan untuk rispek pada musuh.

rispekgif8503
via Giphy

Entah apa yang ada di benak para suporter Indonesia ketika menyoraki (mem-boo) lagu kebangsaan Malaysia. Kalaupun mau meniru suporter di luar negeri, para suporter seharusnya bisa mengambil sisi baiknya saja. Toh, apakah saat ini masih ada suporter Brasil, Prancis, atau Jerman yang melakukan hal serupa? Separah apapun perlakuan lawan, ada baiknya kita tidak membalas dengan hal buruk karena ini akan terus menerus menghasilkan balas dendam yang tiada henti di masa depan. Logikanya, saat kita bersikap baik pada musuh, mereka tentu akan malu dan gantian menaruh rispek pada kita saat melakoni partai tandang.

3. Fokus aja bikin nyanyian, koreo, dan berbagai kegiatan yang kreatif.

afajfnkgjwbtw
via Giphy

Karya dibalas dengan karya, chant dibalas dengan chant. Tidak perlu melakukan aksi lainnya yang menimbulkan kerusuhan karena ini akan semakin memperkeruh keadaan.

4. Kalau masih hobi rusuh, mending nonton di rumah, lalu lihat apa yang kalian lakukan seandainya Timnas Indonesia kalah.

lose5353636363
via Gfycat

Apakah para suporter yang biasanya merusak bangku dan fasilitas stadion akan melakukan hal yang sama ketika menyaksikan pertandingan di rumahnya sendiri? Apakah para suporter yang menyaksikan lewat layar kaca juga akan merusak televisi dan benda-benda yang ada di rumahnya sendiri ketika tim kesayangannya kalah? Coba deh, buat lo yang nggak bisa meredam emosi saat kalah, sekali-sekali nggak usah ke stadion dan nonton dari rumah aja. Anggap aja, langkah ini diambil untuk menjadi pelajaran bagi PSSI dan pihak terkait agar mereka meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia sebelum ditonton oleh banyak orang dan mendapatkan pemasukan berlimpah dari penjualan tiket.

Sebenarnya kita juga nggak bisa menyalahkan suporter semata, mengingat peran pihak keamanan juga sangat penting di laga panas yang melibatkan Timnas Indonesia. Semoga aja sih, setelah ini para suporter bersama PSSI yang terhormat bisa sama-sama berbenah dan tidak saling menyalahkan demi 'membersihkan' nama Indonesia di mata dunia.

Komentar