Perhatikan ya cuuuy!

 

Akhir-akhir ini media sosial Twitter lagi dihebohkan dengan thread dari akun @SimpleM81378523 yang menceritakan sebuah pengalaman Kuliah Kerja Nyata atau KKN sekelompok mahasiswa salah satu universitas daerah Jawa Timur ke sebuah desa di Kota B, daerah timur Jawa juga. Thread dengan hashtag #KKNdiDesaPenari mendadak viral dan menjadi tren teratas di Twitter dengan hampir 19 ribu tweet yang membahas cerita ini.

Thread #KKNdiDesaPenari bisa dibilang cerita horror berlatar tahun 2009 yang belum diketahui beneran atau cuma karangan aja. Tapi, kayaknya netizen nggak peduli deh, cerita ini tetap menjadi bacaan yang cukup menarik. Cerita horror yang sebenarnya klise, tentang sekelompok anak muda dengan segala kekepoan dan tingkahnya yang justru menjadi malapetaka bagi dirinya dan warga desa.

Dari thread ini kita bisa mengambil pelajaran tentang bagaimana seharusnya kita bersikap di kampung orang supaya nggak terjadi hal-hal yang mencelakakan diri sendiri. Nih, P! mau ngasih tau “dos and don’ts” yang perlu lo perhatikan ketika berkunjung ke tempat yang baru lo datangi biar nggak kayak cerita di thread itu.

 

Jaga Omongan

Hal paling sederhana yang justru tanpa sadar sering kita lakuin walau sebenernya salah. Menjaga omongan agar nggak keluar kalimat yang menyinggung perasaan orang kayaknya harus diperhatikan betul. Kayak di thread #KKNdiDesaPenari, sempat disinggung tentang perkataan salah satu tokoh kepada warga desa yang menyebut desanya ada di pelosok banget. Kalimat itu bisa aja menyinggu warga desa. Jadi, P! saranin lo harus jaga omongan agar nggak menyinggung orang di temoat yang kita kunjungi dan lebih menghargai perasaan orang lain.

 

Jangan Kepo

Bertanya emang boleh aja, tapi nggak usah terlalu kepo kalau berkunjung ke tempat orang. Kita sebagai pendatang harus menghargai kepercayaan dan sejarah di tempat itu. Kalau lo terlalu kepo, bisa aja kekepoan lo justru melanggar kepercayaan dan aturan yang ada di tempat yang lo kunjungi.

 

Hargai  aturan di sana

Kalau lo berkunjung ke tempat yang pertama kali lo datengin, lo harus tau nih apa-apa aja yang boleh dilakukan atau tidak. Aturan-aturan sederhana di tiap daerah pasti berbeda. Demi menjaga kedamaian hidup bersama, lebih baik lo ikuti dan hargai apa saja aturan yang ada.

 

Berpikir positif

Pikiran yang penuh rasa negatif akan ngebuat diri lo tersugesti akan hal-hal yang negatif juga. Mending, kalo lo ngerasa aneh atau nggak nyaman ketika berkunjung ke tempat baru, coba lakukan aktivitas yang sekiranya bisa menyegarkan pikiran lo. Misalnya bermain sama temen lo, atau ngobrol asik ngebahas hal-hal yang menyenangkan. Ingat, jangan melulu bersugesti yang aneh!

 

Nggak usah aneh-aneh deh!

Ingat, ini tempat baru lo kunjungi. Lo nggak tau apa aja yang ada di tempat itu, mending lo nggak usah melakukan hal-hal aneh yang bisa membuat diri lo celaka atau bahkan orang sekampung kena masalah. Daripada lo dapet pengalaman yang nggak menyenangkan kayak di thread itu, ya lebih baik jaga sikap dan tingkah laku ya!

Komentar