header panduan kerja kelompok biar nggak di kick dari grup

Dan biar nggak drama

 

Yang namanya sekolah/kuliah pasti ada yang namanya tugas. Kadang formatnya beda-beda. Ada yang tugas individu, ada juga yang kelompok.

Tantangannya pun beda-beda. Kalo tugas individu, kita ditantang buat mengatasi rasa malas. Komprominya sama diri sendiri. Yahh paling banternya mah ngerjain tugas mepet deadline.

Kalo tugas kelompok, yang kita hadapin tuh banyak alias nggak cuma diri kita sendiri. Ada temen sekelompok yang isi kepalanya beda-beda yang kudu disatuin. Tiap orang punya otaknya sendiri, punya perilaku sendiri. Dah gitu tugas kudu kelar. Kalo di-drama-in yang ada tugas nggak kelar.

Nah biar terhindar dari drama yang bikin pertemanan rusak dan tugas terbengkalai, nihh P! kasih panduannya.

#1 Kenali temen sekelompok lo

via GIPHY

Kerja kelompok yang paling enak adalah yang milih temen sendiri. Dengan gitu kita bisa sekelompok sama bestie yakan. Tapi kalo apes, dapet kelompok hasil undian. Random gitu. Bisa aja sekelompok sama orang yang nggak akrab-akrab banget.

Untuk itu lo perlu banget mengenali teman sekelompok lo bahkan yang nggak lo akrab banget. Biar nggak sleg lah. Nggak perlu tau siapa gebetannya, dia makan bubur diaduk atau nggak atau yang lainnya. At least lo tau namanya, rumahnya, media sosialnya gitu. Kepo-kepo dikit bisalah.

#2 Atur jadwal

via GIPHY

Ini penting banget nih. Tiap orang pasti punya kesibukannya masing-masing. Dari awal, kudu banget diatur jadwal kerja kelompoknya. Terus juga perhatikan deadline-nya. Jangan merasa sibuk, toh ya ini juga buat nilai lo yaa, guys!

#3 Bagi kerjaan

via GIPHY

Setelah itu bagi-bagi kerjaan deh. Si A bikin B, si C ngerjain D, si E ngurus F, dan begitu seterusnya. Tentu ini kudu dirembukin biar lo dapet tugas yang sesuai kemampuan lo. Jangan ngerasa superhero gitu biar terlihat keren tapi ujung-ujungnya lo ngerjainnya asal. Yang susah dikerjain bersama.

#4 Kontribusi 'lain'

via GIPHY

Semisal lo sibuk banget nih, nggak ada waktu. Terus kemampuan otak lo pun terbatas. Kontribusilah yang lain kayak bikin PPT yang super bagus, ngeprint dan jilid papernya, beliin gorengan pas ngerjain. Meski pada akhirnya lo cuma nembeng nama, tapi temen lo nggak merasa ter-dzolimi karena lo ada kontribusi lain.

#5 JANGAN DRAMA

via GIPHY

Kalo lo nggak ngelakuin hal-hal yang P! sebut di atas, JANGAN DRAMA, BEB! Udah nggak kontribusi tapi pengen nebeng nama, HELLAWWWW!!

Kalo lo di-kick dari grup karena nggak kontribusi apapun, artinya lo ngeselin. Nggak usah bermain korban seolah-olah temen-temen lo yang ngejahatin lo. Adududududuh!!

Udah deh itu aja lima poin yang perlu lo perhatikan dalam kerja kelompok. Se-nggak enak-nya kelompok lo, lo tetep kudu kontribusi. Ya nggak demi kelompok lo aja, demi lo juga lah! Nilai lo kan bergantung di situ.

Oke ya? Ya oke?

Komentar