single happy tuh beneran ada nggak sih

Jangan-jangan hanya mitos belaka.

Lo pasti sering denger orang atau bahkan lo sendiri sering mengucapkan kalimat "I'm single and I'm happy". Hmmmm, yaqiiiin hepi atau hanya karangan dan fiktif belaka? Buat cari tahu jawabannya gue akhirnya ngobrol mendalam sama diri sendiri sambil memandangi langit malam yang nggak bermandikan cahaya bintang karena ketutup ama polusi, cyiiin. Gue juga mencoba buat mengingat kembali curhatan dari teman-teman gue yang jomblo.

Via Weheartit

Setelah gue analisis tanpa pake teori dari ahli metafisika apalagi geofisika, jawabannya ya tergantung situasi dan kondisi. Yah bisa dibilang "term and condition apply" gitu laah. Maksudnya gimana sih? Gini loh kisanak, bisa jadi orang yang dengan optimis bilang gue single dan gue hepi itu emang beneran hepi dan menikmati apapun kondisinya saat ini tapi........ iya ada tapinya loh. Single happy tuh nggak bisa terus lo artikan bahagia mulu tiap saat tiap waktu loh. Jangan sampai lo menghujat dia kalo sesekali dia muter lagu galau atau update quote sedih. Jangan sampai lo bilang "Katanya hepi, kok galau-galauan".

Via WiffleGif

Dengarlaaah wahai kisanak, ada kalanya dia (atau sebut saja gue yang jomblo ini) ngerasa nggak sepenuhnya hepi. Yaa kadang kalo ngeliat ada pasangan uplot foto romantis gitu pengen. Iya pengen ngeblokir atau ngejambak ceweknya soalnya cowok di foto itu mantan gebetan gue yang ditikung ama temen gue sendiri. Huhuuuuu~

Kadang ngerasa iri juga kalo ngeliat yang lain datang ke kondangan ngegandeng tangan pacar, ehh gue cuma ngegandeng tas channel original seharga 100 jutaan tapi tetep dikira kw harga seratus rebuan. Belom lagi ntar ditanyain 'mana pacar lo', 'kapan nikah?', 'jangan terlalu pemilih, ntar nggak laku'. Rasanya mulutnya pengen gue jepret pake karet nasi padang sambil gue teriakin "gue ini bukan barang dagangan, ngapain takut nggak laku". Lagian nggak apa-apa picky daripada asal punya suami tapi ujung-ujungnya disakiti. Diiiih, amit-amit yah.

Sebenernya orang yang ngakunya jomblo bahagia tuh pernah juga mempertanyakan soal kejombloannya. Sehari-hari mungkin dia emang cuek sama pertanyaan soal pasangan. Dia juga udah kebal kalo diledekin jomblo mulu. Akan tetapi yang namanya jomblo juga manusia biasa yang tetep punya perasaan dan pikiran, ada kalanya dia mikirin apa kata orang. Lo sebagai jomblo pasti setuju dong. Sebahagia-bahagianya lo jadi jomblo, pasti ada momen lo mulai mikirin apa kata orang. JANGAN-JANGAN GUE EMANG TERLALU PEMILIH, JANGAN-JANGAN STANDAR GUE KETINGGIAN, JANGAN-JANGAN TUHAN LUPA NYIPTAIN JODOH GUE, dsb dsb.

Kalo menurut gue, tiap manusia baik yang single maupun double ehh taken maksudnya nggak bisa selamanya happy. Akan ada masanya ngerasa down karena berbagai macam alasan. Jadi bagi para single di luar sana, nggak usah malu buat mengakui bahwa rasa sedih itu kadang emang ada. Itu manusiawi banget. You don't have to say it out loud that you are happy or you don't have to prove that you'are single and happy. Maksud gue adalah embrace every feeling that you feel. Jangan hanya karena gengsi lo jadi nolak ngerasain sedih. Kalo lo sedih, lo kesepian, lo ngerasa sendirian, yaudah akui aja. Kalo perlu ungkapkan biar lega. Menurut gue bukti bahwa lo udah beneran bisa mencintai diri sendiri adalah ketika lo bisa menerima kebahagian dan kesedihan yang ada dalam diri lo. Ceileeeeh, sok bijak yak.

Satu lagi, orang yang punya pacar nggak selalu bahagia tapi bukan berarti selalu sedih. Orang yang single juga kayak begitu. Dia nggak selalu sedih tapi dia juga nggak bisa selalu bahagia. Namanya juga orang hidup biasalah ada sedih dan senengnya. Kalo sedih dan nangis mulu ntar dikira sinetron yang nggak tamat-tamat gara-gara rating masih bagus.

Terus pesan apa yang sebenernya ingin disampaikan lewat tulisan ini? Nggak ada karena sesungguhnya ini bukan tulisan motivasi. Ini hanya curhatan aja. Intinya lo nggak harus berusaha membuktikan kepada dunia bahwa lo bahagia meski jadi jomblo. Daripada sibuk membuktikan, yuk sibuk buat terus memperbaiki diri dan inget jangan turunkan standar hanya karena orang bilang standar lo ketinggian. I love youuuu!!!

Komentar