Bye-bye bad hair day~~

 

Rambut yang terawatt dan mudah diatur emang jadi idaman setiap orang.  Ternyata, untuk dapetin rambut bagus seperti habis dari salon bisa lo lakuin di rumah kok. Kunci utama yang dilakukan tiap salon adalah proses mencuci rambut yang benar. Hal itu ternyata jadi faktor utama yang menentukan seberapa sehat dan indahnya rambut loh.. Nah, P! punya sedikit tips untuk lo yang ingin rambut indah, lembut, berkilau seperti habis dari salon.

 

Jangan Terlalu Sering Keramas

Tau nggak sih kalau sebenarnya tips yang satu ini udah jadi rahasia umum? Sebenarnya, keramas nggak perlu sering-sering dilakukan. Dengan keramas tiga kali seminggu sudah cukup untuk sebagian besar jenis rambut. Meskipun, banyak orang yang merasa nggak nyaman jika nggak keramas. Tapi, ternyata rambut akan menghasilkan lebih banyak minyak ketika terlalu sering dicuci. Jadi, cara terbaik untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut adalah jangan terlalu sering keramas. Lumayan, sekalian ngirit shampoo~

 

Gunakan suhu air yang pas

Jika lo sering keramas pakai air yang bersuhu tinggi, usahakan untuk tetap mengukur tingkat kepanasan air tersebut. Karena air yang cukup panas justru membuat rambut menjadi kering, rusak, dan menyebabkan warna rambut cepat pudar. Lebih baik untuk menggunakan air hangat, dan tambahan satu bilas air dingin. Hal ini membantu menutup kembali kutikula yang terbuka setelah dibilas dengan air hangat, serta mampu mengunci kelembaban rambut.

 

Pijat lembut kulit kepala dan akar rambut

Gerakan lembut di kulit kepala saat keramas juga diperlukan nih. Tapi ingat, jangan pakai kuku atau memijat terlalu keras. Hal ini bermanfaat untuk membersihkan kulit kepala dan menghindari penumpukan shampoo di kulit kepala. Jangan terburu-buru, luangkan waktu 1-2 menit aja! Oh iya, pijatan ini sekaligus bisa melancarkan aliran darah ke kulit kepala dan membantu merangsang pertumbuhan rambut loh…

 

Pilih shampoo yang sesuai dengan jenis rambut

Kenali jenis rambut lo. Pemilihan jenis shampoo yang sesuai dengan jenis rambut adalah hal penting untuk dilakukan. Karena, masing-masing jenis shampoo memiliki formula yang berbeda untuk berbagai jenis rambut. Kalau rambut lo termasuk jenis yang berminyak, lebih baik gunakan shampoo yang terlalu melembabkan dan pilih shampoo yang purifying. Sebaliknya, jika rambut lo termasuk yang kering, maka pilih shampoo yang melembabkan dan menghaluskan rambut. Jadi, sesuaikan aja ya sama kondisi rambut masing-masing!

 

Gunakan conditioner

Penggunaan conditioner setelah shampoo juga membantu lo dapetin rambut idaman. Untuk di bagian ini lo perlu waktu selama 5-7 menit untuk mengaplikasikan conditioner di rambut lo. Ingat, tampil cantik emang perlu kesabaran ya sis~

Usapkan conditioner dari tengah ke ujung bawah rambut dan hindari pemakaian dari akar rambut. Lalu, sisir rambut lo supaya tidak menggumpal dan tutup rambut dengan handuk jika perlu.

 

Keringkan rambut

Eits, selesai keramas ternyata belum selesai loh. Masih ada satu tahapan yang perlu lo lakukan demi rambut indah kayak di iklan. Cara merawat rambut setelah dicuci adalah dengan mengeringkannya. Jangan coba-coba menyisir rambut ketika masih basah ya, karena bisa bikin rambut rontok loh..

Nah, untuk lo yang suka styling rambut dengan alat-alat panas seperti catokan, pastiin dulu rambut lo benar-benar kering. Hindari penggunaan alat-alat panas saat rambut masih sedikit lembab.

Mudah banget kan! Siap untuk rambut indah lo? Tips di atas mungkin bermanfaat buat mewujudkannya.

Komentar