Artikel layanan masyarakat

 

Demonstrasi mahasiswa di depan gedung DPR kemaren sukses bikin Senayan rusuh dan bikin aparat menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa. Nggak cuma mahasiswa, tapi wartawan dan polisi juga efeknya. Lantas gimana cara nanganinnya? Nih P! kasih tau buat persiapan kalo lo mau ikut turun ke jalan nambah wawasan lo!

 

Yang terjadi ketika lo terpapar gas air mata

Orang yang terpapar gas air mata umumnya bakal merasakan sensasi panas di mata dan bikin mata berair. Selain itu, ada juga efek lain seperti kesulitan pernapasan, nyeri dada, air liur berlebihan, iritasi kulit, bahkan bisa bikin lo muntah.

Efek tersebut bakal terasa pada detik ke 20 hingga 30 setelah terpapar gas air mata. Tapi efek tersebut akan mereda sekitar 10 menit kemudian jika lo berada di ruang terbuka yang nggak terpapar gas air mata.


Apa yang lo harus lakukan

Gas air mata biasanya ditembakkan dalam bentuk wadah logam. Ketika gas air mata ditembakkan, penting buat lo untuk nggak panik. Perhatiin arah tembakan dan hindari kontak langsung dengan wadah logam tersebut.

Lo bisa masukin wadah logam tersebut ke tumblr atau kerucut jalan untuk meminimalisir penyebaran gas air mata. Kalo mau sambil olah raga, lo bisa pake raket buat main badminton dengan wadah logam tersebut. Yang pastiii, wadah logamnya jangan disentuh ya! Panas!

Untuk meminimalisir efek dari gas air mata, lo bisa nyiapin kantong plastik berisi handuk kertas dan jus lemon atau cuka sari apel. Kantong plastik berguna untuk lo pake bernapas selama beberapa menit ketika gas air mata masih menyebar.

Gunakan juga penutup mata yang kedap udara, kalo nggak punya, pake kacamata renang juga bisa jadi alternatif. Satu lagi nih! Jangan pake kontak lensa ya! Efek gas air mata bisa menempel di kontak lensa dan malah bikin tambah perih mata.

 

Penanganan pertama

Ketika terpapar, lo bisa mengurangi efek iritasi gas air mata dengan membilas mata dengan air atau air garam. 

Lo juga bisa menggunakan air dingin untuk membilas baju untuk mengurangi efek iritasi kulit.


Sekian artikel layanan masyarakat dari P!. Semoga berfaedah dan aplikatif ya! Stay safe!

Komentar