supaya kita bisa saling jaga

Untuk Indonesia yang lebih bahagia.

Sadar nggak sadar, Indonesia memang sedang tidak baik-baik saja. Setelah berbagai isu, mulai dari Papua, Karhutla, sampai RUU KUHP yang menuai pro kontra, kali ini momen penangkapan Dandhy Dwi Laksono serta Ananda Badudu membuat kita terheran-heran. Sebenarnya ada apa sih dengan Indonesia? Tenang, kita nggak perlu panik, apalagi ketakutan. Kita hanya perlu saling menjaga dan tak berhenti menyuarakan kebaikan, maupun hal-hal lainnya seperti berikut ini.

1. Jangan malas membaca.

afdg
via Giphy

Banyak banget tulisan, artikel, maupun berita yang bertebaran di media sosial. Kalau udah gini, sebaiknya kita jangan gampang baperan atau terpancing dalam satu sudut pandang. Pastikan kita terus melakukan check and recheck agar menghindari tersebarnya hoax. Jangan malas membaca. Kita harus mencari kebenaran dari banyak sumber supaya tidak mudah termakan berita hoax, tidak mudah baper, barulah setelah itu kita boleh membuat sebuah kesimpulan.

2. Hati-hati dengan provokasi.

aadc
via Giphy

Kunci utama supaya kita tidak mudah terpancing provokasi adalah 'fokus'. Kita harus ingat, apa sih tujuan awal kita saat mengambil sikap atau tindakan tertentu? Jangan sampai, di tengah perdebatan dan situasi yang memanas, kita jadi terpancing emosi dan lupa dengan tujuan awal.

3. Tetap tenang dan suarakan kebaikan.

afaff
via Tenor

Kalau ada suatu masalah, kita jangan gegabah. Berusahalah untuk mengambil sikap setenang mungkin, jaga komunikasi dengan baik. Setelah mencerna apa yang terjadi, mulailah untuk memberikan suara, sekecil apapun itu, untuk saling menjaga. Satu hal yang pasti, kebaikan akan dibalas dengan kebaikan. Selama kita menyuarakan kebenaran, maka semakin banyak orang yang bersemangat untuk menjaga kebaikan.

4. Berikan bantuan, sekecil apapun itu.

fsfsewf
via Tenor

Saat ini, sudah saatnya kita semua bergerak untuk melakukan kebaikan. Kita harus membantu sesama kita yang sedang membutuhkan. Nggak peduli apapun status kita, kita harus bisa melakukan sesuatu, baik dalam skala kecil maupun besar. Sedikit demi sedikit, apa yang bisa kita lakukan, kelak akan berpengaruh besar untuk kemajuan bangsa.

Nggak ada yang mustahil dan abadi di dunia ini. Anggap saja apa yang sedang terjadi saat ini di Indonesia sama seperti ketika musim pancaroba tiba melanda. Segala keadaan sedang tidak menentu, tapi yang menjadi penentu berikutnya adalah cara kita mengambil sikap. Apakah kita akan memperbaiki keadaan atau justru makin memperkeruh suasana? Saatnya kita saling menjaga dan berjuang bersama-sama.

Komentar