header 5 cara salingjaga di konser musik

Karena nonton konser yang aman adalah hak semua orang! 

 

Nonton konser seharusnya menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan. Konser seharusnya jadi wadah temu musisi dengan penggemarnya, wadah perkenalan penggemar dengan penggemar.

Namun nggak jarang, konser dijadikan kesempatan buat orang-orang nggak bertanggung jawab melakukan kejahatan. Nggak jarang ada aja pencurian barang, main sikut-sikutan, sampe pelecehan seksual. Kalo udah kayak gitu, konser musik udah nggak jadi kegiatan yang menyenangkan. Bukannya menikmati penampilan musisi kesayangan eh ya kok harus waspada dan nggak tenang.

Kayak yang kemarin terjadi ketika penampilan .feast di sebuah acara di Bekasi. Salah seorang perempuan menuliskan pengalamannya mendapatkan pelecehan seksual ketika sedang menikmati penampilan Baskara cs di panggung.

Kejadian tersebut pun menjadi perhatian beberapa musisi. Linimasa pun diramaikan dengan diskusi bagaimana membuat konser menjadi wadah yang aman untuk semua orang. Baskara dan Kunto Aji pun membagikan sebuah visual berisikan tulisan "S.O.S" untuk disimpan oleh siapa saja. Visual tersebut diharapkan bisa jadi tanda bagi siapapun yang mengalami kejadian tidak mengenakan selama konser berlangsung, sesak nafas, dehidrasi, hingga pelecehan seksual.

Nah nggak cuma pakai visul tersebut aja, lewat artikel ini P! mau ngajak lo semua untuk turut #SalingJaga ketika nonton konser. Nih caranya!

#1 Stay with your squad

Kalo lo pergi dengan teman-teman lo, usahakan untuk tetap bersama. Bisa samping-sampingan atau depan-belakang.

#2 Jadi ramah dengan sebelah

Nah buat lo yang sendirian, jangan sedih. Lo bisa gabung dengan geng yang ada di sebelah lo. Nggak usah SKSD, yang penting nggak jutek aja. Ramah dan juga mau ngebantu.

#3 Sadar diri

Maksud dari poin ini adalah lo kudu sadar sama kondisi diri dan jangan maksa. Semisal lo udah lemes, coba cari celah buat mundur ke belakang. Kalo lo udah mulai agak mabok, coba bilang ke temen lo biar dia bisa nahan lo yang udah nggak terkontrol.

Iya tau kalo lo ke konser pengen menikmati penampilan, tapi apa gunanya kalo lo terlalu memaksakan diri? Yang ada justru bikin ribet diri sendiri. Jadi pastikan lo nggak memaksakan diri ya!

#4 Jangan egois

Coy kan yang namanya konser isinya nggak cuma lo doang. Jadi jangan egois. Jangan ngerasa lo paling berhak di konser padahal ya ada orang lain juga yang berhak senang-senang di konser.

Misalnya nih ya kalo lo mau moshing meluapkan emosi. Inget yang nonton konser nggak cuma lo doang. Jadi lihat kanan-kiri juga. Jangan seenak jidat tendang sana sini.

#5 Berani melawan

Semisal di sebelah lo ada orang yang berlaku aneh, jangan takut melawan. Tegur aja! Kasi tau orang di sekitar lo juga. Eh tapi jangan main hakim sendiri. Peringatin aja dulu. Atau segera kasih tau satpam/panitia.

Nah itu dia beberapa caranya. Yang paling penting nih, dari dalam diri kita inget-inget lagi tujuan dateng ke konser buat apa. Buat senang-senang sambil nonton musisi kesukaan. Nah fokus aja udah ke sini.

Jangan bikin konser cuma buat satu pihak aja. Karena semua orang berhak menikmati konser yang aman dan menyenangkan. Yuk kita mulai #SalingJaga di konser!

Komentar