Sebagai bentuk "penerimaan"

 

Pernah nggak lo nanya sama diri lo sendiri tentang apakah diri lo perlu dicintai? Atau pernahkah lo menyalahkan diri sendiri secara berlebihan atas sebuah peristiwa? Nah, hal-hal kayak gini nih biasanya terjadi sama orang yang nggak memikirkan untuk mencintai dirinya sendiri.

Self-love bukan soal keegoisan, tapi soal penerimaan diri. Ini sangat penting supaya kita tau kalau diri kita juga wajib dicintai. Nih, P! kasih tau kiat-kiat untuk menanamkan self-love sejak dini!

 

Kenali diri lo sendiri

Seperti mencintai orang lain, kita harus mengenalnya. Begitu pula dengan diri kita sendiri, kenali diri lo secara lebih dalam, mengenai apa yang lo suka, lo benci, apa yang membuat lo senang, marah, atau sedih. Kalau lo bisa mengenali diri lo sendiri, lo akan tau apa yang diri lo harus lakukan ke depannya dengan lebih baik!

 

Mulai untuk menerima diri

 

Jika lo udah mengenal diri lo, menerima apa yang sudah menjadi bagian dari diri lo adalah hal terpenting. Ketika lo bisa menerima diri lo sendiri, lo bisa memahami segala peristiwa yang terjadi dalam hidup dengan keterbukaan. Orang yang bisa menerima dirinya cenderung bertanggung jawab dan mengerti segala yang dialami adalah pilihan hidupnya.

 

MAKE YOUR OWN RULES

Mencintai diri sendiri, berarti lo harus bisa mengatur diri lo sendiri dengan peraturan yang dibuat sendiri juga. Lo bisa gunain step #1 untuk acuan yang bisa lo jadikan aturan terhadap hal-hal yang dapat mempengaruhi diri lo.

 

Nggak perlu membandingkan diri lo dengan orang lain

Pusatkan segalanya terhadap diri lo. Ingat ya, bukannya egois. Kebanyakan mikirin orang lain justru kadang ngebuat lo lebih membandingkan hidupnya dengan hidup lo. Nggak melulu yang orang lain lakukan itu berpengaruh terhadap diri lo. Jadi, kebahagiaan atau kesedihan orang lain nggak bisa dibandingkan dengan hidup setiap orang~

 

Berbahagialah dengan hidup yang serba positif!

Buat rutinitas positif, pemikiran positif, dan penuhi hati serta otak lo dengan segala hal berbau positif. Lo bisa menulis jurnal yang berisi rasa-rasa syukur dan kegiatan positif yang lo dapat setiap harinya agar lo bisa lebih bahagia dengan diri sendiri dan segala kebaikan yang terjadi terhadap diri lo.

Sooo… jangan lupa untuk mencintai diri sendiri ya! Jangan mencintai orang lain terus, apalagi kalau doi nggak cinta balik ke lo :( huhuhuhuhuhuhu

Komentar