Bisa masak telor di aspal saking panasnya!

 

Sadar nggak sih kalau akhir-akhir ini suhu udara pada siang hari terasa panas banget? Bahkan, BMKG mencatat suhu udara maksimum bisa mencapai 370 C sejak 19 Oktober lalu. Ternyata menurut BMKG, pada bulan Oktober ini, posisi semu matahari akan berada di sekitar wilayah Indonesia bagian Selatan, yaitu Sulawesi Selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dsb. Ini yang menyebabkan radiasi matahari yang diterima permukaan bumi pada wilayah tersebut relatif lebih banyak, sehingga suhu udara jadi panas banget!

Selain itu, atmosfer di wilayah Indonesia bagian selatan juga cukup kering sehingga menghambat pertumbuhan awan yang berfungsi sebagai ‘payung’ dari teriknya matahari. Cuaca seperti ini akan kita rasakan sampai satu minggu ke depan, untuk menghindari berbagai masalah di tubuh kalian karna paparan sinar matahari, nih P! kasih tips cara menghadapi suhu panas.

#1 Gunakan sunblock atau sunscreen ketika berpergian ke luar ruangan/rumah

Penggunaan sunblock atau sunscreen sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit kita saat terpapar sinar matahari yang terik ini guys! Inget, kata BMKG, wilayah Indonesia lagi minim banget awan, sehingga paparan sinar matahari bisa langsung mengenai kulit kita. Jangan sampai karena hal sepele tapi penting ini, kalian rela untuk kehilangan kulit kalian yang sehat huhuhu…

 

#2 Banyak minum air putih

Penuhi kebutuhan cairan di tubuh lo dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Hal ini penting agar menjaga tubuh kita agar tidak dehidrasi karena suhu udara yang puanas pwoooollll!

 

#3 Kenakan pakaian yang dapat melindungi kulit

Selain penggunaan sunblock/sunscreen, pemilihan jenis pakaian juga salah satu upaya agar tidak terpapar langsung sinar matahari saat beraktivitas di luar ruangan. Pilih pakaian yang mampu menyerap keringat tubuh dan bisa melindungi kulit kalian dari sinar matahari. Daripada gosong kan ya kulitnya :(

 

#4 Sedia payung atau topi

Payung nggak hanya buat melindungi dari air hujan kok! Payung bisa kalian gunakan untuk melindungi panas dan teriknya matahari ketika hendak pergi ke luar ruangan. Selain payung, kalian juga bisa manfaatkan topi atau penutup kepala lainnya.

 

#5 Jangan lupa mandi ya

Ketika cuaca dan suhu sedang panas-panasnya, keringat dari tubuh juga bisa berproduksi lebih banyak loh. Jadi, jangan lupa mandi ya setiap habis beraktivitas atau menjelang tidur. Biar kuman-kuman dari keringat nggak nempel di tubuh kalian!


Kegiatan apa yang eenurut lo cocok dilakukan pas lagi panas terik gini? Yuk kasih tau di kolom komen!

Komentar