header cara ampuh biar nggak kecanduan gawai

Agak lebih berfaedah ini

 

Saat ini kita hidup di era yang serba canggih, di mana teknologi terus berkembang. Nggak heran kalo setiap tahun brand gawai ternama merilis seri terbarunya. Dan nggak heran juga kalo anak kecil udah pegang gawai. Ya gimana, wong semua-semua adanya di gawai!

Eh tapi meski begitu, segala yang berlebihan kan nggak baik ya?! Termasuk urusan gawai. Kebanyakan main gawai pun nggak baik. Sama kayak kecanduan lainnya, kecanduan gawai juga punya dampak negatif.

Nah dari situ, Walikota Bandung berencana untuk bagi-bagi ayam ke pelajar SD-SMP supaya nggak kecanduan gawai. Tapi Pak... Hm gimana yaa?

Sebenernya sih nggak masalah juga kalo anak-anak dianjurkan untuk peliharan ayam atau hewan lainnya untuk mengalihkan ketergantungan dengan gawai. Tapi P! mau ngasih usulan cara lain biar nggak kecanduan gawai. Simak ya!

#Berlakukan Jam Tidur Siang

Biar nggak banyak main gawai, maka tidur siang perlu digalakkan! Biar apa? Ya biar istirahat. Biar nggak ngecek hape terus pas istirahat siang.

#Bagikan tanah dan bibit pohon

Selain kasih ayam, coba deh kasih juga tanah se-plastik sama bibit pohon. Terus anak-anak disuruh bercocok tanam. Selain bisa mengalihkan pikiran dari main gawai, tentu ini berdampak positif buat bumi kita. Bayangin nih anak-anak Indonesia ada banyak kan tuh, kalo semua dikasih tanah dan bibit, kita bisa punya banyak pohon. Daripada digundulin terus, waktunya menanam kembali yakan?!

#Turunkan harga buku

Minat baca orang Indonesia kan masih kurang banget ya? Kecanduan gawai salah satunya. Faktor lainnya karena harga buku mahal. Jadi semisal harga buku murah terus harga paket data/gawai mahal, tentu semua bisa beralih ke buku.

#Bagikan camilan sehat dan enak

Biasanya tuh yaa orang sering main gawai karena lagi nggak ngapa-ngapain alias gabut. Nah biar nggak gabut, coba deh itu dikasih camilan. Kalo beli makanan ber-mecin kan nanti kemampuan otak berkurang, nah gimana kalo dikasihnya camilan yang sehat dan enak? Tapi jangan disuruh beli, dikasih. Pasti pada seneng semua! Dijamin deh pada lupa sama gawainya.

#Kelas softskill gratis

Nggak jarang orang menggunakan gawai untuk belajar. Soalnya kan gratis. Paling cuma butuh internet aja. Kalo misalnya mau mengurangi penggunaan gawai, coba nih pemerintah atau siapapun gitu bikin kelas-kelas pengembangan softskill secara gratis. Eh tapi softskillnya yang berguna buat masa depan gitu ya, yang kekinian. Kayak misal kelas design, kelas influencer, kelas vlog dsb. Biarkan anak-anak memilih kelasnya sendiri sesuai minat dan bakat.

Nah itu dia lima caranya. Tapi sih menurut P! nggak apa-apa juga kalo anak muda terlalu sibuk dengan gawai mereka. Yang perlu jadi perhatian bukan pada seberapa sering menggunakan gawai tapi penggunaannya buat apa. Kalo diarahkan ke sesuatu yang berguna, ya nggak masalah toh?

Komentar