header hal hal yang bisa lo lakukan saat berada di titik terendah kehidupan

All is well.

Susah bagi manusia untuk bisa terus-terusan bahagia. Emang sih, ucapan 'semoga bahagia selalu' itu terdengar menyenangkan, tapi kenyataannya hidup tak selalu indah seperti feed Instagram. Pasti adaaaa aja momen yang bikin lo sedih, putus asa, frustrasi.

Btw, pernah nggak sih lo berada di momen, 'kayaknya sih nggak ada angin dan hujan, tapi kok tiba-tiba pengen nangis aja?' Bisa jadi itu tandanya lo sedang berada di momen tersedih di hidup lo, titik terendah dalam kehidupan. It's okay kalau lo bingung sama penyebabnya, apa yang bikin lo sedih berlarut-larut dalam satu waktu, tapi mungkin itu adalah efek dari sekumpulan masalah yang bertubi-tubi datang ke hidup lo. Mau disemangatin kayak apapun, lo juga mungkin akan kesulitan buat bangkit dalam sekejap. Nah, buat mengisi momen-momen pahit ini, ada baiknya lo melakukan sederet hal berikut. Siapa tahu lo perlahan bisa kembali lega dan siap untuk memulai hari baru.

1. Sedih ya sedih aja, nggak ada yang perlu ditutupi.

Yaps, lo nggak perlu menyangkal kalau lo lagi sedih, apalagi sampai harus membohongi diri sendiri karena takut dicap 'lemah' sama temen-temen. Terima aja kenyataan yang ada, karena kesedihan adalah bagian dari kehidupan. Nggak perlu denger kata orang, lakukan apapun yang membuat lo nyaman saat berada di titik terendah ini. Menangislah, teriaklah, dan lakukan kegiatan lain yang memang dirasa bisa menemani segala perasaan gundah yang berkecamuk di hati lo.

2. Sambat adalah koentji.

Lo harus meluangkan waktu untuk berbagi cerita bersama orang yang paling lo cinta dan paling lo percaya. Katakan apa yang mau lo katakan. Yakin deh, setelah lo sambat dan curhat, dari hal yang paling ringan sampai yang terberat, lo bakal tau kalau lo nggak sendirian. Masih banyak orang yang mau jagain lo dan sayang sama lo.

3. Dengerin musik yang paling sesuai sama suasana hati.

Kalau lo lagi sedih dan pengen nangis, coba pilih lagu yang paling melankolis. Nikmati perlahan iramanya, rasakan sepenuh hati, dan resapi makna dari setiap liriknya secara mendalam. Begitu juga saat lo lagi pengen mengumpat atau berteriak, cobalah untuk mendengarkan lagu metal dan rock yang akan mengiringi rasa kesal.

4. Jaga tubuh kita baik-baik.

Poin yang ini adalah sebuah pengingat buat kita semua. Berkaca dari obrolan P! bersama penyanyi muda, Nadin Amizah, ada baiknya bagi kita untuk tetap menjaga diri sebaik mungkin dalam keadaan seburuk apapun. "Yang biasa menahan aku untuk kembali ke lubang yang dalem banget itu adalah, aku selalu berusaha mengingat. Pertama, ini badan aku tuh dikasih sama Tuhan, ibaratnya kamu lagi pinjam barang, maka harus dikembalikan dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Kamu nanti akan mati suatu saat juga, nggak perlu kamu yang berusaha, nanti akan ada waktunya kamu pulang. Saat kamu pulang itu, badan kamu kalau bisa masih utuh sebaik-baiknya kamu waktu diciptakan, kembalikan dalam versi paling baik, malah kalau bisa udah tumbuh jadi jauh lebih baik dari sebelumnya," ucap Nadin dalam wawancaranya bersama Provoke beberapa waktu lalu.

5. Menata lagi kehidupan.

Lo boleh jatuh, tapi ingat lo juga harus bangkit lagi. Ingat, nggak ada kata terlambat untuk memulai segala sesuatu. Setelah semua momen sedih itu berlalu, lo harus mulai kembali menata kehidupan. Cobalah untuk mengatur kebiasaan baik, mulai dari bangun pagi, berolahraga, dan sebisa mungkin, cobalah untuk berbagi kebaikan terhadap lingkungan lo. Sekecil apapun hal baik yang lo lakukan, pasti akan berdampak besar buat lo dan banyak orang, apalagi kalau lo bisa melakukan ini secara terus-terusan.

Sampai kapan lo akan larut dalam kesedihan di titik terendah ini? Cuma lo yang tahu jawabannya. Pastikan bahwa lo bisa mengatasi semua ini dengan baik. Percaya deh, lo adalah orang hebat karena sudah bertahan sampai sekarang.

Komentar