header-hidup-berdampingan-dengan-trust-issue.jpg

Karena yang bisa menyelamatkan keadaan hanyalah diri lo sendiri. 

Pernahkah di antara kalian mendengar istilah trust issue? Atau bahkan kalian sendiri yang mengalaminya? Ngobrolin trust issue, bagi yang belum paham sini P! jelasin, ya. Istilah trust issue ini seringkali digunakan bagi mereka yang memiliki masalah kepercayaan. Orang dengan trust issue cenderung sulit untuk percaya dengan orang lain baik terhadap keluarga, teman, rekan pekerjaan, bahkan pasangan. 

Trust issue biasanya muncul karena trauma di masa lalu. Bisa jadi karena pernah disakiti, patah hati, atau ada kejadian yang membuatnya tak ingin bertemu dengan keadaan serupa yang membuatnya menjadi lemah. 

Bagi beberapa orang, hidup dengan memikul trust issue sangatlah berat. Rasanya seperti tidak ada ruang dan kesempatan untuk orang lain masuk ke dalam kehidupan kalian. Kalian juga selalu curiga bahwa seseorang di sekitar memiliki niat untuk menyakiti karena lo nggak mau tersakiti seperti di masa lalu. Wajar sihh khawatir, tapi mau sampai kapan? Mau sampai kapan lo nggak berdamai dengan trust issue lo? Mau sampai kapan lo menutup diri rapat-rapat dan tak membiarkan terangnya dunia menyinari kehidupan lo di masa depan? 

via GIPHY

Hey, hidup masih berjalan lho, dear. Jalan raya makin macet, matahari tiap pagi masih bersinar, kopi kekinian makin menjamur, dan netizen masih berlomba-lomba bikin thread di Twitter biar terkenal. Kalau lo sadar bahwa hidup masih berjalan, yuk mulai berdamai dengan trust issue lo. Caranya gimana? Coba mulai dengan hal-hal kecil di bawah ini, ya. 

 

1. Coba Jelaskan ke Orang Terdekat Kalau Lo Punya Trust Issue

Jujurlah ke orang terdekat lo tentang hal ini. Jangan takut, karena memang mereka harus mengetahui hal ini. Ketika orang terdekat tahu lo punya trust issue dan mereka sayang sekaligus memahami lo, pastinya mereka bakalan nggak menyakiti lo. Mereka bakalan menghargai lo sebagai manusia secara utuh dengan luka yang lo simpan sekaligus membantu lo untuk bangkit dan berjalan hidup bersama luka lo tersebut.

via GIPHY

 

2. Jangan Jadikan 'Trust Issue' Sebagai Momok

Trust issue emang mengerikan dan bikin lo jadi sulit atau bahkan nggak percaya sama banyak hal di sekitar lo. Tapi hey please, ini malah menghambat lo buat grow up dan susah untuk melangkah melanjutkan hidup. Jangan jadikan trust issue sebagai momok dan excuse alias alasan untuk melarikan diri dari sebuah masalah. Hadapi! Dengan lo menghadapi hal tersebut, lo bakalan terbiasa untuk menggunakan insting kepercayaan dan mulai membuka kembali pintu-pintu kesempatan di dalam kehidupan lo.  

via GIPHY

 

3. Orang Terdekat Bukan Selamanya Pahlawan Lo

Kalau lo selama ini mengandalkan orang terdekat untuk pengecualian, "gue tuh punya trust issue, tolong hargai gue", orang tersebut lama kelamaan juga jengah. Beruntung kalau lo ketemu sama orang yang sabar, kalau nggak? Nah, kasian juga merekanya, kan? Mereka udah berjuang buat mengerti lo like a hero, tapi lo-nya malah alasan melulu dengan trauma trust issue. Sekali lagi, you must face it alias lo harus menghadapinya. 

via GIPHY

 

4. Buat Diri Lo Percaya dengan Diri Lo Sendiri

Ketika lo menghadapi trust issue tersebut, lo pasti mulai mikir yang aneh-aneh. Mulai dari nggak percaya sama orang lain, curiga sebelum melakukan suatu tindakan, atau bahkan udah sedih dan menyalahkan orang lain padahal orang tersebut nggak jahat sama sekali sama lo. Hmm, coba deh percaya dengan diri lo sendiri, bukan dengan pikiran parno lo tersebut. Khawatir boleh, tapi parno yang berlebihan jangan! Karena itu bakalan menyakiti orang lain. Buat diri lo percaya dengan diri lo sendiri kalau keputusan yang lo ambil kali ini akan membuat lo belajar sesuatu hal yang baru dan lo bakalan baik-baik saja. Promise? :) 

 

5. Berdamailah di Kehidupan Sehari-Hari 

Trust issue emang nggak bisa disembuhkan. Ibarat piring pecah, ketika disatukan lagi itu banyak retak-retaknya dan fungsinya nggak bakalan sama seperti sedia kala. Itulah diri lo. Tapi karena lo manusia yang dibekali akal sehat, hati, dan pikiran sama Tuhan, harapannya lo bisa menjalani kesempatan hidup selanjutnya walaupun dengan trust issue yang menempel di dalam diri lo. Jadikan trust issue tersebut sahabat lo dan pengalaman hidup agar lo bisa jadi manusia yang lebih baik lagi ke depannya. Dengan begitu lo bisa hidup berdamai dan bergandengan dengan trust issue tersebut sehari-hari. 

via GIPHY

Komentar