header alasan sejujurnya kenapa orang pengen daftar cpns

Kenapa sih semua pengen jadi PNS?

Belakangan ini pasti ada jutaan orang yang lagi sibuk buat ngurus berkas dan sibuk daftar cpns. Pas buka media sosial pun ada banyak banget yang bikin status atau story soal ngedaftar CPNS. Apakah lo termasuk satu di antara jutaan rakyat Indonesia yang juga daftar? Semoga berhasil yaaah.

Nah, balik lagi ke fokus utama kita yakni ngomongin soal alasan kenapa sih ada banyak banget orang yang tergoda, tertarik, dan pengen jadi pegawai negeri sipil? Okaaay, kali ini gue nggak akan ngulas pakai itung-itungan gaji, jumlah tunjangan, gaji ketigabelas, jaminan hari tua, dan semacamnya. Kenapa nggak mau bahas soal itu? Soalnya kalo gue lihat, itu adalah alasan yang dipakai sama orangtua buat mendorong anaknya jadi pns. Kali ini gue akan mengulas soal alasan yang justru lebih sering gue denger dari teman-teman gue yang selalu rajin daftar cpns.

Mau ngebahagian orangtua

Hayoh, siapa nih yang pengen banget jadi PNS karena pengen ngebahagian orangtua? Pasti ada kan? Duuuuh, anak yang berbakti banget. Salut sih sama lo karena nggak semua orang mau mengorbankan cita-cita sendiri demi mewujudkan cita-cita orangtua. Gimana maksudnya? Gini looh. Dari beberapa teman gue, ada yang bilang mau jadi PNS karena itulah yang dicita-citakan orangtuanya. Dia mengesampingkan cita-citanya yang sebener-benernya (bukan jadi PNS) demi ngejar jadi PNS kayak yang selalu diidamkan orangtuanya. Ya nggak apa-apa sih. Nggak ada salahnya kok.

Formalitas biar nggak diomelin orangtua

Alasan yang kedua ini masih ada kaitannya sama orangtua tapi gue pisahkan karena agak beda. Kalo yang pertama tadi bener-bener fokus ke PNS dan ngebahagian orangtua, ini cuma buat formalitas aja. Sebenernya orang ini udah punya kerjaan, udah suka sama kerjaannya saat ini, tapi dia tetep nyoba daftar cpns biar ortu lega aja. Males juga kalo harus diomelin dan ditanyain mulu udah daftar CPNS apa belom. Biar nggak usah repot jawabnya, yaudah daftar aja. Urusan lolos atau enggak mah belakangan.

Frustrasi karena nggak kunjung dapet kerjaan yang oke

Awalnya sih nggak pernah punya cita-cita jadi PNS tapi sampe sekarang kok nggak kunjung dapet panggilan dan tawaran kerjaan yang oke. Mumpung ada CPNS, yaudah daftar aja. Pokoknya segala kemungkinan harus dicoba. Nggak peduli deh jadi cpns, karyawan swasta, yang penting mah dapet kerjaan dulu aja.

Iseng-iseng berhadiah

Ini adalah tim yang paling banyak gue temukan. Kayaknya nih dari jutaan pendaftar CPNS, ada jutaan juga yang daftar dengan prinsip iseng-iseng berhadiah. Pokoknya coba aja, siapa tahu ntar lolos. Kalo nggak dicoba mana tahu bakal lolos atau enggak.

Kira-kira seperti itulah alasan yang dipakai orang dalam daftar CPNS. Atau lo punya alasan lain? Coba tulis di kolom komentar yaaah.

Komentar