header siapa yang harus bayar saat kencan

Jutaan orang bahkan masih kebingungan.

Mungkin selama ini lo bingung dan bertanya-tanya, apa iya sih cowok harus selalu bayarin ceweknya saat lagi kencan? Inilah pemandangan atau teori yang mungkin sering muncul di dunia perkencanan, perpacaran, dan sejenisnya, di mana cowok dianggap harus traktir gebetan atau pasangannya. Padahal pemikiran itu sudah usang saudara-saudara. Sekarang sudah saatnya kita mendobrak stereotip itu demi kesetaraan. Hidup Indonesia! Nah, biar lo nggak penasaran, langsung aja kita bedah satu per satu di sini ya urusan bayar membayar saat kencan.

1. Nggak ada.

dfsdgh
via gifer.com

Kalau ditelusuri, nggak ada tuh peraturan atau Undang-Undang atau KUHP atau RKUHP yang mengharuskan cowok bayarin ceweknya waktu kencan (kecuali lo emang bikin peraturan sendiri sih sama pasangan). Kalau emang lagi pegang duit sendiri-sendiri ya kenapa harus dibayarin? Manja bet dah kalau dikit-dikit minta dibayarin.

2. Yang lagi punya uang.

afsgvsvsvsvsxcsfsdgdgsgfdgg
via Giphy

Nah, ini namanya tergantung situasi ya. Jadi, kalau emang lo lagi kepepet nggak ada duit, jangan ragu buat bilang sama pasangan kalau lo lagi nggak bawa uang. Intinya sih komunikasi. Siapa tahu, di masa depan, ada saatnya lo gantian buat traktir doi. Prinsipnya, saling melengkapi dan memahami ajah.

3. Perusahaan.

vsv
via Giphy

Sebagai pengingat, kalau lo masih belum punya penghasilan sendiri, mending tahan dulu deh urusan traktir mentraktir. Lebih baik, kalau kelak lo sudah punya pekerjaan sendiri atau perusahaan sendiri, lo boleh deh kalau mau traktir pasangan sesekali. Alasannya? Karena lo bisa traktir pasangan lo pake duit yang lo dapet dari perusahaan, bukan pakai duit orang tua. Yaps, jangan sampai lo merepotkan orang tua atau orang lain yah untuk urusan kencan!

4. Donatur.

fhjjyt
via Giphy

Terinspirasi dari beberapa YouTuber, ada baiknya lo mencari 'donatur' untuk mengumpulkan uang yang nantinya bisa lo pakai untuk banyak keperluan, termasuk urusan kencan. Kalau YouTube lo udah punya banyak subscriber, jangan ragu untuk masukin beberapa iklan ke setiap video atau konten yang lo buat. Pastikan juga lo bikin konten semenarik mungkin dan berikan pemahaman ke para penonton supaya mereka nggak skip iklan.

Kesimpulan: bukan 'seharusnya' tapi 'sebaiknya'. Pada akhirnya, siapapun yang lagi kencan alangkah baiknya kalau kalian bisa lebih memahami satu sama lain tanpa perlu memaksakan harus ini dan harus itu. Salam super!

Komentar