header kenapa vibes akhir tahun 2019 ini terasa sendu

Gara-gara cuaca atau apa nih??

Siapa nih yang ngerasa kalo belakangan ini kok nuansa di Bumi ini berasa sendu banget? Kalo lo juga merasakannya, berarti kita sefrekuensi. Mulai dari film, lagu yang lagi in, sampe unggahan di media sosial tuh banyak banget yang galau, melooow, bin sendu. Di tambah lagi kalo udah hujan, haduuh makin sendu deh. 

Via Giphy

Suatu hari gue bertanya pada diri sendiri. Sebenernya emang manusia lagi pada lelah batinnya atau karena tersugesti sama film dan musik yang keluar? Dengan keisengan dan kemampuan menyelidik yang semoga hampir setara dengan mimin akun gossip Instagram, gue berpikir bahwa di akhir tahun 2018 adalah masa-masa karya Billie Eilish—yang bertema depresi dan dark—lagi in banget. Akhir tahun 2017, ada "Too Good at Goodbye" milik Sam Smith, "Good to say Goodbye by Bruno Mars", dan gongnya "Million Reasons" Lady Gaga. Penemuan gue ini membuat gue sadar bahwa ada banyak banget lagu mellow yang muncul di akhir tahun. 

via Giphy

Selain jawaban soal lagu mellow, gue punya penjelasan lain nih. Menurut gue, manusia punya pola. Nah, pola orang-orang di awal tahun adalah semangat. Beberapa orang sampai ngelist apa aja yang mau dicapai tahun ini. Kalau akhir tahun, muncullah aktivitas mengevaluasi diri, apa saja hal yang sudah dan belum tercapai, juga mengingat sisa waktu dan tenaga di tahun ini. Hal ini biasanya berdampak membuat suasana hati kebanyakan orang sendu apalagi kalo ngeliat ulang resolusi kok nggak ada yang tercapai. Huhuuu. Sedih sekali. 

Via Giphy

Terus gimana dong apakah sendu ini bagus, biasa aja, atau buruk? Kalo P! bilang sih sendu itu manusiawi kok. Kalo lo sedih dan sendu setelah ngeliat wish list lo yang ternyata 80% nggak terwujud, ya nggak apa-apa. Lo boleh sedih tapi habis itu jangan lupa buat balik semangat lagi yah. Kalo masih gagal, ya mari kita coba lagi tahun depan. 

Komentar