tips bawa kamera saat liburan mendaki

Sudah siapin perlengkapan buat liburan? Kamera jangan sampai lupa dibawa

Nggak berasa sebentar lagi akan memasuki penghujung tahun, biasanya kita sudah mulai bikin rencana liburan untuk tahun baru nanti. Ada yang memilih untuk berlibur bersama keluarga, pergi ke luar kota, atau pergi ke alam dengan tujuan untuk menyegarkan pikiran. Nggak sedikit orang lebih memlilih pegunungan jadi pilihan destinasi berilubur. Mendaki gunung adalah salah satu destinasi liburan yang tepat bagi orang-orang, terutama buat mereka yang jenuh sama rutinitas sehari-hari. Mendaki gunung bahkan sudah jadi hobi bagi kebanyakan orang.

Mendokumentasikan liburan adalah hal yang amat sayang kalau dilewatkan. Apalagi pemandangan alam pegunungan yang nggak bisa kita dapatkan setiap hari. Mengabadikan momen liburan mendaki gunung adalah hal yang tepat.

Namun membawa kamera ke suhu yang relatif dingin menjadi tantangan tersendiri. Kita sering mendapati lensa yang berembun jika kita tidak bisa menyimpan kamera dengan baik. Katahanan baterai juga cepat berkurang jika kita membawa kamera ke tempat yang dingin.

Berikut adalah tips menyimpan kamera dengan baik jika kita ingin bepergian ke tempat yang bersuhu dingin :

1. Pisahkan tas kamera dengan tas bawaan utama

vinta s series travel camera bags 2 600x450

Medan pendakian seringkali menjad hal yang tidak terduga. Kita sering jatuh atau terpeleset ketika mendaki. Tas kamera yang memiliki busa tebal bisa menjadi opsi yang bagus untuk menyimpan kamera. Jika berminat, didalam tas kamera boleh ditambahkan kain lebih agar kamera semakin terlindungi. Jangan lupa untuk menambahkan raincover tersendiri untuk tas kamera.

2. Tidak menyimpan kamera terlalu lama di dalam tas

camera gear backpack 900x600

Simpanlah kamera di dalam tas hanya ketika kita melewati medan yang cukup berat. Jika medan pendakian sedang dalam tingkatan yang biasa saja, kalungkan saja kamera di leher. Sebab menyimpan kamera terlalu lama di tas akan membuat penyesuaian suhu kamera menjadi lebih lambat. Suhu di dalam tas yang terlalu hangat dan suhu udara yang terlalu dingin akan membuat kamera cepat berembun. Jika perlu tas kamerapun memiliki lubang udara agar penyesuian udara di dalam tas tidak terlalu ekstrem.

3. Membawa beras

60646a86 27db 4707 ad90 784c827ff795

Beras tidak hanya diperlukan untuk kebutuhan konsumsi saja. Beras juga dapat dimanfaatkan untuk menyesuaikan suhu kamera. Menyimpan sedikit beras di dalam tas kamera bisa menurunkan suhu kamera yang terlalu hangat di dalam tas. Sehingga dapat mencegah embun dalam kamera.

4. Menjaga baterai

screen shot 2014 10 13 at 7.59.17 pm

Suhu yang dingin merupakan musuh utama bagi fotografer. Suhu dingin menyebabkan ketahanan baterai lebih cepat melemah. Alangkah baiknya memasang baterai jika kamera sedang digunakan saja. Ketika sedang tidak digunakan balutlah dengan kain agar baterai tetap hangat.

Itu dia tips tetap nyaman membawa kamera selama berlibur mendaki gunung. Selamat mencoba!

Foto: design-milk.com, expertvagabond.com, iStock, slrlounge.com

Komentar