Curhatan Pelajar SMA untuk Pemerintahan Baru Indonesia

Dari soal kurikulum yang bikin ribet dan nguras waktu sampe soal izin bikin pensi. 

Pelajar SMA punya peranan penting untuk perubahan negara ini. Salah satu buktinya, di Pemilu kemarin aja, jumlah pemilih pemula (yang notabenenya datang dari pelajar SMA) cukup signifikan. Jadi, hak dan suara para pelajar SMA juga kudu didengerin. 

Nah, kalau P! kemarin udah menyampaikan harapan, di artikel ini giliran P! kasih kesempatan untuk temen-temen pelajar SMA untuk kita curhat dan menyuarakan harapannya untuk pemerintahan baru ini. 

Yuk di simak:

1. Kebijakan Yang Support Anak Muda

Fikri salimFikri Salim, SMAN 1 Depok

"Gue sih ngarepinnya semoga kebijakan-kebijakan pemerintah nantinya bakal support anak muda buat berkarya.

Terus, kurikulum diperbaikin lagi lah, masih ada pelajaran yang nggak sesuai minat yang ujungnya cuma ngebebanin. Kalau nggak bisa nggak usah UN. Pasti bakal keren banget tuh kalau kurikulumnya nyesuain sama minat dan bakat siswanya. Jadinya semua orang bisa ngedalemin studi ilmu apa-apa aja yang emang dia pengenin.

Semoga pemerintahan periode ini bisa ngebawa Indonesia ke arah yang baik dalam arti yang sebenernya, nggak cuma wacana doang."

2. Kembangkan Ekonomi Kreatif. Bimbing Pelajar untuk Kritis dan Kreatif

IMG-20141021-WA0009Fanisa, SMAN 47 Jakarta

"Pak Jokowi, jadilah pemimpin yang dekat dengan rakyat. Yang bisa membawa Indonesia menjadi negara yang penuh dengan industri kreatif yang bisa sejahtera tanpa harus merepotkan bangsa lain. Untuk menjadikan Indonesia satu Indonesia yang dapat menuntut haknya di mata internasional

Pokoknya. Pak jokowi. Semoga bisa meminimalisirkan korupsi dan mengembangkan industri kreatif untuk indonesia lebih maju.

Jadikan murid sebagai calon pengurus bangsa yang kreatif dan kritis. Bukan hanya dalam segi akademis namun juga nonakademis. Semoga kurikulum yang baru selanjutnya yang dapat membuat murid nyaman dan menikmati agar murid dapat terus berpikir kreatif dan peduli terhadap bangsa dan negaranya"

3. Permudah Masuk Kampus Negeri

20141022060738Mohammad Habil, SMAN 90 Jakarta

"Harapan untuk kita pelajar SMA hanya dua, Pak, pertama, kurikulum 2013 sungguh melelahkan untuk anak SMA dan mohon semohonnya, permudahlah jalan kami untuk masuk ke universitas negeri. Semoga terwujud dan semoga sukses, Pak, lima tahun ke depan. Amin!"

4. Izinkan Sekolah Bikin Pensi dan Kegiatan Positif Lainnya

20141021190035Virly - SMK Tarakanita Jakarta

"Pak, liburnya tambahin dong, biar makin greget. Terus masuk sekolahnya jam 9 pagi aja pulangnya jam 1. hehe. Becanda deng. Usul gue, kalau bisa kurikulumnya jangan ribet. Buku paketnya nggak jelas apa yang diajarinnya.

Terus, menurut gue perlu tuh bikin aturan resmi yang memperbolehkan kegiatan kayak pensi gitu. Sekolah gue nggak ngebolehin! Padahal pensi itukan kita dikasih tanggung jawab. Pensi jadi media pembelajaran, kita harus nyari dana, ngelola dana itu, bikin acara. Kayak sepele tapi kan butuh keahlian kayak gitu. Dan pensi itu pelengkap masa SMA"

5. Kurikulum Yang Nguras Waktu Ini Harus Dibenerin

20141021190050Wardani, SMKN 13 Bandung

"Semoga pemerintahan baru ini bisa memajukan dunia seni indonesia (musik film fashion fotografi dll) Promosin kegiatan-kegiatan anak muda di berbagai media. Jokowi-JK bukan superman, tapi kita harus jadi superman untuk menggerakkan program mereka.

Oya, kurikulum juga perlu dibenahi lagi. Kurikulum sekarang tuh nguras waktu main banget. Pulang jam 4 sore, belum lagi tugas lembur. Si Doi jadi dianggurin terus kan tuh."


6. Membuat Generasi kreatif, inovatif, dan produktif.

IpuIpu, SMAN 13 Bandung
"Dengan pemerintahan baru ini Indonesia makin berkurang angka kemiskinannya, dan makin bertambahnya kualitas masyarakat agar Indonesia bisa menghasilkan generasi yang kreatif, inovatif, dan produktif.


Semoga dengan presiden baru kita juga, presiden dan wakil presiden ini bisa mempertanggung jawabkan kewajibannya, yang nggak cuma ngomong doang. Pokoknya yang terbaik untuk Indonesia!"

 

Tentu, harapan temen-temen di atas belum mewakili harapan pelajar SMA se-Indonesia. So, kalau kamu punya uneg-uneg, atau harapan untuk Indonesia Baru ini, yuk share di kolom komentar, siapa tau ada ajudannya Pak Jokowi yang baca. Hehe. 

 

Komentar