Menjawab Pertanyaan Kenapa Dunia Sempit Banget

Kalau di antara dua orang cuma terpisah 6 tingkatan, berarti kamu itu siapanya aku ?

Jadi nggak cuma di sinetron aja yang semua pemainnya bisa saling kenal gitu. Ternyata, pacarnya adalah temennya temen kecil lo yang ternyata masih sepupuan sama temen kecil lo itu. Bingung nggak? Nggak? Iya? Iya nggak? Situasi di mana lo suka nggak ngerti kenapa si ini kenal si itu, terus si itu kenal si anu. Eh si anu juga ternyata sepupunya si ini. Yaelah dunia sempit banget sih. Semua bisa sama-sama kenal gini.

Ya begitulah kejadian kayak gini sering banget dialami oleh kita yang makin hari bikin dunia makin berasa beneran selebar daun kelor, gitu katanya. Terus kenapa bisa kayak gini ya?

  • Kita yang nggak berkembang – mainnya cuma sama yang itu-itu aja atau
  • malah kelewat gaul dan terlalu beken jadinya semua orang tahu dia? Atau
  • eranya media sosial makanya nggak heran kalau mutual friends seseorang jadi makin banyak?

Bisa jadi…bisa jadi…

Tapi tapi tapi sebenernya satu lagi nih. Ternyata jauuuuuh sebelum situs jejaring sosial lahir, ada satu teori yang menjelaskan fenomena ini lho. Teori itu bernama Six Degrees of Separation.

Adalah sebuah teori yang mengatakan kalau setiap manusia di bumi memiliki hubungan dengan manusia lainnya, yang cuma terpisah sejauh 6 orang. Alias dua orang yang nggak saling kenal di dunia bisa dihubungkan satu sama lain lewat rata-rata 6 pihak (orang). Jadi misalkan lo pengen menghubungkan diri lo dengan Emma Watson, maka menurut teori ini antara lo dengan Emma Watson cuma terpisah oleh (rata-rata) 6 orang.

Sebenernya, asal mula teori ini fiktif banget, karena pertama kali dicetuskan oleh Frigyes Karinthy, cerpenis tahun 1929 dalam cerpennya yang berjudul Chains (dalam kumpulan cerpen Everything is Different). Tapi nggak tahu kenapa dari sini jadi banyak orang yang pengen membuktikan teori tersebut. Salah satu yang melakukannya adalah Stanley Milgram, seorang pakar psikologi sosial Amerika yang bereksperimen lewat sebuah penelitian berjudul Small World Problem pada tahun 1967 di Universitas Harvard.

Milgram membuat penelitian dengan mengirimkan paket kepada 160 orang yang tinggal di Omaha, Nebraska dimana pada paket tersebut tertulis nama seorang pialang saham yang tinggal di Boston. Orang yang menerima paket diminta mencantumkan namanya, kemudian mengirimkan paket tersebut kepada kenalannya yang dianggap mengenal/lebih dekat dengan si pialang saham/penerima. Intinya nggak langsung dikirim ke alamat si penerima, kecuali bener-bener kenal banget. Milgram kemudian mencatat jumlah perpindahan paket, dan menemukan bahwa dari seluruh paket yang sampai ke tujuan, rata-rata hanya dibutuhkan enam kali pengiriman atau 5 orang yang jadi penghubung. Dari sinilah Milgram berkesimpulan bahwa semua orang di dunia hanya terpisah sejauh enam tingkat (six degrees of separation). Six Degrees of Separation populer setelah jadi judul film karya John Guare tahun 1993.

Microsoft dan aktor Kevin Bacon juga melakukan hal yang sama bahkan Kevin sampai menciptakan sebuah permainan trivia Six Degrees of Kevin Bacon atau The Kevin Bacon Game. Lewat game ini dia pernah mengklaim kalo dia pernah bekerja dengan semua orang Hollywood sepanjang karirnya.

Namanya juga teori, emang nggak segampang dilakukan di dunia nyata. Seperti yang pernah dikatakan oleh Nicholas Christakis dan James Fowler saat melakukan penelitian teori ini. Menurut mereka dalam kehidupan nyata bakal sulit buat bisa mengetahui kondisi pertemanan dalam sebuah kelompok. Salah satu cara buat memudahkan adalah menggunakan konsep paradoks. Setiap orang yang dipilih diminta buat dapat menominasikan kenalan-kenalannya. Kenalan yang telah dipilih adalah yang memiliki teman lebih banyak dan posisi yang lebih sentral di dalam jejaring sosial (alias populer). Dengan kata lain, dua orang asing bakalan makin susah terkoneksi kalau mereka atau yang jadi perantara adalah orang yang nggak pernah bergaul dan berinteraksi sama orang lain.

Jadi pengen ikut membuktikan teori ini di dunia nyata. Kira-kira kita ini siapanya Katy Perry ya?

Jadi pengen nanya juga, kalau teori ini bener : di antara dua orang cuma terpisah 6 tingkatan (orang), kenapa jodoh susah bertemu ya? Eaakk. Terus kalau di antara dua orang cuma terpisah 6 tingkatan, berarti kamu itu siapanya aku ya? Uwooouuuw

Oh ya, ada satu film dokumenter judulnya My Date with Drew (2004). Bercerita tentang seorang cowok di US yang suka banget sama Drew Barrymor yang mengandalkan teori six degrees of separation buat mempertemukan mereka.

 

Sumber : ini dan itu.

 

 

Komentar