5 Pertanyaan Pembuka Obrolan dengan Abang Ojek

Lumayan, dapet cerita seru, inspiratif dan kocak sambil dibonceng. 

Di jaman tebak-tebakan "Ijo-ijo, bisa dipanggil, jalannya cepet, apa hayo?" jawabannya adalah "abang Gojek" ini, kayaknya hampir semua masyarakat urban udah pernah naik ojek. Ojek adalah moda transportasi privat yang cukup bisa diandalkan.

Nah, salah satu yang nggak terhindarkan dari naik ojek adalah kedeketan (untuk nggak menyebut keintiman) dengan si abang supirnya. Gimana nggak, walau saling membelakangi tapi jarak kita dan si abang itu nggak lebih dari dua jengkal. Jarak yang sebenernya ngobrol-able, atau bahkan peluk-able.

Jarak yang dekat itu tentu bikin kita bisa ngobrol sama si abang. Daripada bosen di perjalanan ya kan, lebih baik chit-chat asik. Selain nambah wawasan, ngobrol sama orang juga bikin kita berpikiran terbuka. Yihiii. Bukan nggak mungkin juga kita bisa dapet cerita-cerita yang ajaib atau inspiratif.

"Shift Malem, Pak?"

Ojek itu adalah moda transportasi umum yang nyelamatin kita dari gagal pulang di malam-dini hari. Soalnya, banyak dari mereka yang memilih mangkal malem.

Nah, dengan ngebuka topik obrolan tentang shift malam ini biasanya si abang jadi seneng. Jadi punya wadah untuk curhat. Siapa sih yang suka kerja malem-malem di waktunya istirahat manja bersama keluarga?

Tapi  belum tentu juga semua ojek nggak suka shift malem. Karena  beberapa pangkalan justru lebih menguntungkan di malam hari. Maklum, pesaingnya sedikit. Angkot-angkot udah pada pulang ke pangkalan.

di topik ini kamu juga bisa nambahin pertanyaan: "Terus kalau siang ngapain bang?"

Nggak Gabung Gojek, Bang? / Gabung Gojek Dari Kapan?

Wah ini, isu paling sensitif di dunia persilatan ojek saat ini. Nggak pernah gagal deh kalau pengen ngobrol sama si abang gojek dengan memulainya pake topik gojek.

Kalau si abangnya adalah Gojek, tanyalah apapun seputar gojek. Dia pasti jawab. Dari soal sehari dapet berapa, itung-itungan bagi hasilnya, hapenya, enak-nggak enaknya, dan kawasan-kawasan yang rawan dimasuki sama abang gojek karena ojek pangkalannya nggak terima calon penumpangnya diambil.

Kalau si abangnya ojek biasa, ya tanya aja kenapa milih nggak gabung ke gojek. Biasanya sih jawabannya seru-seru, ada yang jawab biar bisa lebih bebas, ada yang biar dapet penghasilan lebih gede tanpa harus bagi hasil, dll. Kamu juga bisa nanya soal perseteruan dingin antara ojek biasa dan gojek. Tapi, inget, jangan sampe menyulut emosi. Kalau bisa malah provokasi dia untuk baikan. Buat apa gontok-gontokan dalam mencari rejeki, ya kan?!

Harga Bensin Naik Lagi Nih, Bang?

Kalau kamu pengen tahu insight  orang banyak, terutama mereka yang dari kalangan menengah ke bawah, tentang situasi negara, maka naiklah ojek dan ajaklah supirnya ngobrol dengan pertanyaan pembuka kayak di atas. Jawabannya suka bikin kita pengen jadi agent of change banget, deh.

Asli Mana, Bang?

Pertanyaan basa-basi satu ini selalu ampuh sih untuk membuka obrolan dengan siapa pun. Dari pertanyaan ini bisa lanjut nanya tinggal di mana, punya anak berapa, udah dari kapan di Jakarta.

Pernah Ada Kejadian Lucu Nggak Bang Selama Ngojek?

"Waktu itu ada ibu-ibu pulang dari pasar, minta di anter ke rumahnya. Nawarnya gila bener. BIasanya sepuluh ribu, eh dia nawar tiga rebu doang. Katanya, ' itu keliatan kok, bang." saking sebelnya saya jawab aja, "lah itu bulan juga keliatan bu dari sini, tapi jauh!"

Itu adalah salah satunya. Bukan nggak mungkin cerita yang lebih kocak dan ajaib bisa dikisahkan si abang. Lumayan, sekalian jalan pulang sekalian dihibur.

Selain lima pertanyaan tadi, sebenernya kamu juga bisa mengajukan pertanyaan eksperimental ini. Kalau berani aja, sih. Kali aja ada dari kamu yang berjiwa wartawan.  

1. Anaknya udah punya pacar belum? saya single

2. Kalau bisa ketemu Jokowi, abang mau ngapain?

3. Percaya nggak sama berita-berita di koran Lampu Hijau?

4. pernah ngojek lewatin kuburan malem-malem terus ada beli sate dua ratus tusuk nggak bang?

5. Nyuci jaket berapa hari sekali bang?

6. Kalau dapet penumpang cakep grogi nggak bang?

7. apa yang abang senangi dari ngojek?

8. insprasi abang siapa sih?

 

Mana yang pernah kamu coba? atau punya ide pertanyaan pembuka obrolan lainnya? share yuk di kolom komentar. 

Komentar

Login to P!