Bagi para filmmaker yang  punya ide-ide liar tak terbatas yang gak bisa dituangin dalam proyek film layar lebar ato layar kaca, music video (MV) bisa jadi wadah tersendiri yang  bisa dimanfaatin untuk nuangin ide-ide terhambat tadi. Yap, beda sama film, MV cenderung punya keleluasaan di bidang kreativitas. Apalagi kebanyakan MV lebih nonjolin visual dan sinkronisasi sama lagu yang pengen ditonjolin itu. Naaah, makin bahagialah mereka.

One-shot ato one-take sendiri adalah salah satu teknik superheboh yang sering dipake dalam MV. Jadi begini, lo tau kan kalo bikin film itu susah? Nah, teknik One-Shot ini melipatgandakan tingkat kesulitan tersebut karena ketika tombol record di kamera lo itu dipencet, maka saat itulah lo harus merangkai frame demi frame sampai lagu tersebut habis tanpa ada colongan cut adegan sama sekali. Gampang? Iya kalo lo cuma pake 1 tempat dan 1 obyek, tapi masa cuma gitu doang sih?

Udah penasaran? Pengen nonton? Berikut adalah 5 MV yang bisa lo simak sampe terpukau. Eits, awas ngeces!

Leonardo Ringo feat. Lani Leyli – Blatant

Dibalut dengan nuansa hitam putih yang kental, MV yang disutradarain sama Leonardo ini ngikutin doi sepedaan di sekitar kompleks, sampe masuk ke suatu rumah tua. Sepanjang perjalanan, Leonardo ngelewatin beberapa kejadian unik bin menarik kaya penampakan maling dan lain-lain. Naaah,pastinya mata cowo-cowo pada belalakan tuh pas penampakan Lani Leyli di rumah itu. Langsung aja disimak deh ;)

The Smashing Pumpkins – Ava Adore

Siapa yang nyangka dari om Billy Corgan dkk. Kita bisa belajar “Man Jadda Wajada” ? Video klip yang disutradarai sama Dom and Nic ini punya konsep yang luar biasa ribet untuk sebuah video dengan satu kali take. Seluruh personel Smashing Pumpkins berjalan menggunakan baju bergaya gothic (Billy Corgan sendiri terlihat kaya Nosferatu di sini) melewati berbagai set dengan karakteristik yang berbeda-beda dengan menggunakan teknik  fast and slow motion. Hebatnya lagi, semua itu dilakukan lewat kamera yang bergerak dengan kecepatan yang sama, Ribeeeet! Saking frustasinya, mereka sempet nyerah dan hampir batal pake rencana ini, untungnya gak jadi. Nah, masalah di sekolah lo gak seribet video ini kan? Makanya jangan gampang menyerah yah bro!

Nyle – Let the Beat Build

Bikin video dengan sekali take aja susah banget, nah Nyle, sebagai salah satu musisi independen yang penuh ambisi, mutusin untuk menantang dirinya sendiri dan teman-temannya dengan membuat videoclip sekaligus  merekam lagu milik Lil’ Wayne ini secara live dalam satu studio yang perlahan diisi oleh musisi-musisi yang siap mengisi rekaman dengan “senjata”nya masing-masing. Hasilnya ? Daaammmnnn!

R.E.M  – Imitation of Life

Ibarat lukisan mahakarya yang digarap secara seksama, MV Imitation of Life punya detail-detail karakter yang luar biasa yahud. Bersetting di sebuah pool party mewah, semua tampaknya bahagia dan menikmati pesta sampe kamera di video ini perlahan-lahan nyorotin satu-persatu karakternya yang unik, gak percaya ? Coba aja perhatiin satu-satu. Ya, seperti hidup ini, yang keliatannya sederhana, namun kalo diperhatiin lebih dekat, rumit luar biasa.

Cibo Matto – Sugar Water

Satu video aja udah susah, apalagi dua? Inilah yang diperbuat Michel Gondry, waktu nanganin 2 wanita aduhay asal Jepang ini. Gondry , membagi frame menjadi dua bagian yang masing-masing berfokus ada aktivitas Yuka Honda & Miho Hatori. Uniknya, salah satu frame berkisah dengan teknik reverse. Itu doang? Gak lah, kalo diperhatiin keduanya punya relevansi loh, jadi bisa dibilang, kejadian di frame kiri dan kanan itu bedanya cuma beberapa detik aja, gak cuma itu aja di tengah video, mereka berpindah posisi. njelimet banget euy!

Honorable Mention (MV di bawah ini bukannya kalah seru, tapi udah cukup banyak ditonton orang, jadi kayanya lo pasti udah tau kehebatannya)

Komentar