goals beneran yang perlu lo capai

Apa-apa jadi #goals

Lo belom sahih dianggap anak kekinian kalo lo belom jadi #goals. Pasang foto pake boxer yang diplorotin biar keliatan tulisan Calvin Klein nya padahal beli di pasar Mestik, dibilang #bodygoals. Pasang foto cium-ciuman sama pacar di depan menara sutet, dibilang #relationshipgoals. Trus punya temen-temen banyak yang doyan selfie bareng sambil ketawaan cempreng padahal di belakang suka ngomongin satu sama lain, dibilang #squadgoals. Ya gitu deh, semua-semua jadi #goals.

Yha. Daripada Provoke! cuma nyinyir-nyinyir doang dan dibilang sirik, nih mendingan lo liat goals-goals yang lebih berguna buat diri sendiri, keluarga, bangsa, dan tetangga, yang kali aja bisa memotivasi lo buat dicapai.

 

1. Dapet nilai bagus terus selama sekolah

Kalo lo bisa dapet nilai straight A selama lo TK, SD, SMP, SMA trus nilai UN lo 10 semua tanpa pake kunci jawaban, itu baru #goals. Etapi kalo nggak bisa dapet nilai A terus-terusan dan nilai UN lo juga pas-pasan yang penting lulus tapi semuanya hasil sendiri dan nggak diumbar-umbar di video kalo lo pake kunci jawaban, gapapah.

 

2. Bertemen sama siapa aja

Kata buku  PPKn juga kita nggak boleh milih-milih temen. Kalo perlu lo temenin satu sekolahan dari mulai anak pejabat sampe anak ter-pendiem seangkatan trus lo bisa dikenal sama seluruh tukang jualan di kantin sampe dihafalin namanya sama kang parkir deket sekolah trus lo disukain sama guru-guru dan nggak ada anak yang ngomongin lo di belakang karena lo emang beneran baik dan nggak pilih-pilih temen. Itu #goals.

 

3. Nikmatin masa muda dengan hal-hal yang positif

Ya mungkin lo nggak bisa kayak Malala Yousafzai yang masih 19 tahun tapi udah dapet penghargaan Nobel dan jadi aktivis pendidikan atau kayak Joy Alexander yang masih 12 tahun tapi udah masuk nominasi Grammy dan tampil pula di panggung Grammy, gapapah. Seenggaknya kalo lo bisa nikmatin masa muda lo dengan hal-hal yang positif, nurut sama orang tua, nggak menganut prinsip 'nakal boleh, bego jangan' karena yang nggak nggak bego udah pasti tau kalo nakal tuh salah dan bisa berakibat buruk buat diri lo sendiri, lo udah bisa jadi #goals.

 

4. Ngembangin bakat dan passion lo

Selagi masih muda, hendaknya lo menghabiskan waktu dengan hal-hal yang berguna. Dan hal-hal yang berguna ini bukan cuma sibuk mempercantik feed instagram ato nge-answer banyak pertanyaan di ask.fm lo yang udah kek kotak saran kelurahan. Coba jadi anak muda yang aktif dan cari tau serta kembangin seluruh bakat dan passion lo. Mumpung masih muda. Siapa tau lo juga bisa jadi orang sukses yang masih muda. Yakan. #goals banget.

 

5. Tau apa yang dituju

Punya tujuan hidup dan tau apa yang dipengenin sejak masih muda tuh bagus. Tapi lebih bagus lagi kalo lo punya cita-cita misalnya mau masuk kedokteran UI trus lo belajar sungguh-sungguh sampe mimisan tiga ember daripada lo sibuk pacaran sampe nilai lo anjlok dan ketika putus lo nyalahin mantan lo. Lebih bagus lagi lo berani nyoba buat mewujudkan mimpi lo walopun sekecil apapun dan seremeh apapun, misalnya pengen nyoba makan mie lewat idung.

 

6. Berperilaku sesuai umur lo

Provoke! heran deh makin ke sini makin banyak banget anak-anak muda yang kok mau-maunya jadi cepet tua. Orang mah dulu sok-sok imut biar keliatan lucu, lah sekarang cewek-cewek udah pake dempulan sepuluh senti dan lipstik warna oren-oren ato ungu biar keliatan makin "dewasa". Ada waktunya sayang, lo akan menua. Nggak usah diburu-buru gitu lah. Kalo masih doyan ngemilin es batu sambil nonton Hey Arnold, ya apapah.

 

7. Jadi diri lo sendiri

Tanpa perlu mikirin #goals - #goals yang fana itu. Tanpa perlu meng-impress orang lain. Tanpa perlu dapet likes banyak. Tanpa perlu dibilang gaul. Tanpa perlu takut nggak eksis.

Komentar