bahagiasederhana_1.jpg

Nggak ribet, nggak mahal, nggak butuh uang sampai berjuta-juta rupiah..

Nggak sedikit orang yang mencari kebahagiaan, entah dalam bentuk materi atau sosial. Kalau sampai banyak orang cari kebahagiaan, itu berarti betapa pentingnya yang namanya bahagia. Tapi nggak sedikit juga orang yang susah buat cari kebahagiaan, padahal udah habis doku (uang) berjuta-juta buat senang-senang. Uhuy, kalau tahun ini lo belum dapet kebahagiaan, marilah P! bantu untuk mencari kebahagiaan tersebut. Karena sebenarnya mencari bahagia itu sederhana. Nggak ribet, nggak mahal, nggak butuh uang sampai berjuta-juta rupiah. Mari menyambut tahun depan dengan kebahagiaan yang sebenarnya sederhana. Nih, P! bisikin pelan-pelan gimana cari bahagia..

1. Minta Orang Lain Untuk Cerita Pengalaman Positifnya

Coba deh minta temen-temen, keluarga, atau pacar kalian untuk menceritakan pengalaman mereka, terutama pengalaman yang menyenangkan. Nggak peduli pengalamannya gimana yang penting mereka menikmati ketika menceritakan pengalaman tersebut. Nah, ketika mereka sedang berbagi pengalaman, lo aktif untuk mendengarkan pengalaman tersebut, coba tanya juga tentang beberapa hal yang asik saat mereka menjalani pengalaman tersebut, sesekali lo ketawa ngakak juga gapapa, atau lo bikin celetukan biar obrolan semakin renyah. Secara nggak langsung, berbagi pengalaman bakalan meningkatkan sisi positif satu sama lain. Kenapa? Karena lo menunjukkan rasa peduli. Nggak cuma itu, berbagi pengalaman positif bersama-sama juga akan meningkatkan hubungan dan kebahagiaan.

2. Do Acts of Kindness

Pertama, pikirkan baik-baik lo pengen berbuat baik yang macam bagaimana. Kemudian, renungkan jenis tindakan yang ingin dan sudah lo lakukan. Sekarang, cari lima tindakan positif lainnya yang pengen lo lakukan dan kapan untuk melakukan itu. Ketika lo udah menyelesaikan kebaikan tersebut, tuliskan hasil dari tindakan lo dan bagaimana itu bisa membuat lo merasa mendapat dorongan ekstra untuk melakukan lagi. Nah, sesuatu yang baik baik gini merangsang lo untuk berbuat baik lagi. Cara ini membuat kita merasa lebih bahagia karena membuat kita berpikir lebih tinggi dan kita menjadi lebih sadar akan interaksi sosial positif lainnya, yang juga meningkatkan kebahagiaan.

3. Cobalah Untuk Melakukan Forgiveness

Kita semua pernah mengalami kekecewaan dan pengkhianatan yang membuat kita berpikir tentang hal itu berkali-kali. Memilih untuk forgiveness atau memaafkan adalah cara untuk melepaskan tekanan yang muncul dari waktu ke waktu dari memori insiden ini. Namun, pengampunan bukan berarti lo kudu melupakan atau mendamaikan. Sebaliknya, itu adalah tentang bagaimana mengubah sikap lo terhadap rasa sakit, sehingga tidak lagi terasa menyakitkan lagi #ciee. Untuk melakukan ini, lo kudu banget menyiapkan mental dan komitmen untuk memperbaiki pribadi uga. Belajar mengenali hal buruk yang begitu menyakiti perasaan dan pikiran. Coba selalu ingatkan diri sendiri kalau lo mampu untuk mendatangkan hal-hal positif dan bekerja keras untuk mendapatkan itu.

Memutuskan untuk membuat beberapa tujuan positif bisa menciptakan energi positif pula di dalam diri lo. Fokus sama apa yang baik dalam hidup lo sekarang, dan mengubah cara lo berpikir tentang masa lalu. Belajar atau bersikap forgiveness memang bisa memakan waktu lama, tapi itu sangat berharga.

4. Belajar Untuk Optimis!

Kalau yang ini lo perlu latihan sih. Caranya gimana, P! punya cara sederhana dengan cara luangkan waktu sejenak untuk membayangkan hidup lo di masa depan, bayangkan yang terbaik untuk hidup lo. Tulis tentang apa yang lo bayangkan sesuai keinginan lo besok-besok gimana. Nah, dengan membangun optimisme tentang masa depan ini bakalan bisa memotivasi orang untuk bekerja menuju tujuan mereka. Hal ini membuat masa depan yang diinginkan lebih mungkin untuk menjadi kenyataan. Lo nggak hanya meningkatkan kebahagiaan di masa sekarang, tetapi juga membuka jalan ke depan untuk kebahagiaan yang berkelanjutan ke depan.

5. Menikmati dan Bersyukur Dengan Apa yang Dimiliki Saat Ini

Apa pun yang lo lakukan, baik itu sekedar melihat matahari terbenam, jalan kaki menikmati kota, jadi repro #cie, atau main-main ke kantor Provoke! Magazine, hal itu benar-benar patut disyukuri. Belajar untuk ‘merasakan’ apa yang ada di sekitar lo, sekecil apapun. Melihat dan dengarkan apa yang ada di sekitar lo, bahkan ketika lo bisa merasakan sensasi lain seperti hembusan angin yang terasa lembut di kulit lo (kalau itu peka banget sih namanya hehe). Luangkan waktu untuk menyadari bagaimana perasaan lo saat ini. Menikmati hal-hal kecil dalam hidup bisa membantu lo untuk membangun sebuah ‘bank’ memori yang indah.

See? Bahagia itu sederhana kan?. Dari beberapa hal di sekitar kalian, sekecil apapun itu, semua adalah sumber kebahagiaan. Yang belum bisa bahagia tahun ini, buruan bahagia deh buat tahun depan. Siapa tahu banyak kejutan yang nggak terduga, kan?. Jadi, apa lagi yang lo tunggu? Bergegaslah untuk bahagia!

Komentar

Login to P!