7 hal yang sebaiknya jangan lo lakukan di internet

Bebas boleh, tapi jangan sampe kebablasan di internet.

Wahai pengguna internet, lo tau nggak kalo di dunia maya yang luas ini ada banyak hal yang harusnya nggak lo lakukan? Nih P! kasih tau 7 hal yang sebaiknya nggak lo lakukan di internet (selain nge-stalk mantan).

Ngecek gejala penyakit

Lo pernah nggak sih lagi sakit tapi nggak yakin lo sakit apa, tapi lo mager dan nggak tau mau nanya siapa, akhirnya lo nyari tau sebenarnya lo sakit apa lewat internet? Kurang lebih kayak gini:

Kata kunci pencarian: benjolan di ketek

Hasil pencarian: kanker payudara

Padahal: bisul

Nih P! kasih tau ya, internet itu nggak bisa diandelin untuk ngecek penyakit! Daripada lo salah sangka, mendingan lo cek langsung ke dokter deh, lebih akurat dan nggak bikin panik!

Ngegosipin temen

Sebenarnya ngegosip temen aja udah nggak keren, apalagi kalo ngegosipin temennya di internet. Apalagi sampe bikin-bikin akun gosip unch unch. Nanti yang nggak tau jadi ikutan kepo trus malah jadi ngejelek-jelekin orang walau gosipnya belum tentu bener. Belum lagi ya, resiko ketauan sama si temen yang digosipin juga gede, trus percakapan lo di screenshot, trus abis itu lo dilaporin ke polisi. Jangan deh, jangaaaan.

Cyberbully

Cyberbully itu dampaknya buruk banget loh buat korban. Bisa bikin depresi bahkan sampe bunuh diri! Selain itu, cyberbully tuh tanda kalo lo belom cukup dewasa untuk pake internet. Jangan karena lo bisa berlindung di balik akun-akun palsu, username-username buatan, dan nggak adanya kontak fisik beneran, lo jadi sok-sokan menghakimi apalagi ngejelek-jelekin orang lain. Imbasnya bakalan gede banget.

Klik iklan

KAMU MENANG UNDIAN! GADIS CANTIK INI INGIN MENGOBROL DENGAN MU! SELAMAT! Meh. Semuanya cuma harapan palsu, jangan percaya deh!

Curhat

Lo ditinggalin pacar? Pacar lo selingkuh? Sakit hati? Mau curhat? Boleh-boleh aja, tapi apa nggak lebih baik curhatnya ke temen deket aja, daripada koar-koar di internet? Karena, nggak semua hal perlu lo umbar, dan nggak semua drama lo bakalan dipeduliin orang. Daripada nanti malu sendiri pas udah punya pacar baru, mending disimpen ajah.

Unggah foto dan video tidak senonoh

Kebebasan di internet juga perlu dipertanggung jawabin. Naaah, sebagai pengguna internet yang baik, sebenarnya lo punya tanggung jawab untuk nggak ngerusak mata dan otak pengguna internet lain. Termasuuuuk nggak mengunggah foto-foto dan video yang nggak etis. Buat apa juga sihhh? Kalo lo tetep ngotot pamersih terserah, tapi paling nggak kasih filter biar yang nggak semua orang bisa liat, daripada lo kena tegor KPI yekan?

Liat-liat foto dan video tidak senonoh

Jangan deh, pokoknya jangan. NANTI KETERUSAN.

 

Tuh ya, P! udah kasih wejangan penggunaan internet, hal-hal yang ada di atas jangan lo lakuin loh! Lo punya wejangan lain? Yuk kasih tau lewat komen!

Komentar