metalhead salah kaprah

Metal sampe mental-mental.

Dari zaman dulu, yang pasti yang namanya metalhead (penggemar musik metal) itu lekat banget dengan berbagai stereotip. Dari mulai yang logis sampe yang ngaco, semuanya ada. Sayangnya, sebagian besar stereotip itu justru ngga bener. Nah, P! mau kasih tau kasih tau beberapa stereotip metalhead yang paling populer, walau sebenarnya ngaco. Nih!

"Lo belom sah jadi metalhead kalo rambut lo nggak gondrong"

Metalhead yang gondrong mungkin banyak, tapi metalhead yang botak juga ada. Trus kenapa metalhead banyak yang rambutnya gondrong? Kalo itu sih alasannya banyak, bisa jadi biar headbang-nya lebih asik, atau mungkin biar bisa kibas-kibas rambut kayak cewek iklan sampo. Yang pasti, metalhead itu nggak melulu gondrong.

"Metalhead itu anggota sekte sesat"

Musik metal emang sering ngangkat tema-tema yang gelap, terutama musik black metal (namanya aja black metal). Grup-grup band metal sekelas Slayer, Canibal Corps, dan Morbid Angel juga suka ngangkat tema satanisme di lagu atau cover album dan merchandise mereka. Walaupun begitu, metalhead juga nggak berarti anggota sekte sesat, yang rajin ibadah juga banyaaak.

"Metalhead suka mabok"

Emang sih metalhead ada yang suka minum alkohol, tapi nggak semuanya juga. Yang pasti, konsumen alkohol itu bukan cuma yang suka musik metal doang. Emang lo pikir pendengar musik keroncong nggak ada yang pernah mabok? Emang lo pikir pendengar musik dangdut nggak ada yang pernah mabok? Preferensi jenis musik itu nggak bikin lo jadi suka mabok-mabokan. Kadang pas lo lagi jatuh cinta, lo juga bisa jadi mabok. Apalagi kalo pas lagi naik kapal laut. Percaya deh.

"Metalhead itu galak dan suka marah-marah"

Metal emang musik yang “berisik”. Musik metal juga sering dipake dalam film dan video game untuk adegan yang berkaitan dengan kekerasan. Kalo ada konser, metalhead juga terkenal dengan jogetnya yang rusuh, “moshing”. Walaupun begitu, sebaiknya lo jangan salah sangka dulu. Metalhead bisa jadi nggak segalak yang lo bayangin.

Sebuah penelitian di University of Queensland di Australia nunjukin kalo musik metal bisa ngasih efek positif ke pendengarnya. Lewat musik metal, pendengarnya bisa dapetin  “saluran” buat untuk ngeluarin emosinya dengan cara yang tepat. Intinyaaaa, metalhead juga banyak yang baik dan ramah kok.

"Metalhead jarang mandi"

Metalhead rutin mandi kok, rambutnya juga dikeramasin, yang bulu keteknya dicukur abis juga ada. Cuman mungkin agak keringetan dan bau aja kalo pas abis moshing, tapi selain itu (biasanya) bersih kok.

 

Tuh ya, P! Udah lurusin beberapa stereotip metalhead yang ngaco. Ada lagi stereotip metalhead yang ngaco? Atau stereotip ngaco lain yang kalian mau lurusin? Kasih tau aja ya di kolom komen!

Komentar

Login to P!