tv 90

Program-program tv yang bikin pengen nonton tv. Kalo sekarang.. hummm..

Dunia pertelevisian sekarang makin lama makin heboh ya. Tiap stasiun tv berlomba-lomba bikin program yang (kira-kira) bikin orang betah berlama-lama nonton. Makin lama kadang makin nggak jelas ya. Dari memburu makhluk halus terus dimasukin ke botol, acara dangdut yang komentar juri lebih panjang dari lagunya, sampe ke serial tv yang isinya bocah-bocah belom ngeletek yang hobinya trek-trekan. Hadeeeh.. kadang kalo nonton program tv yang rada sampis, suka kangen sendiri sama acara-acara tv era '90-an. Yang mana aja sih yang bikin kangen?  

Tralala Trilili

tralala

Tahun 1998 ada acara tv anak yang ditunggu-tunggu. Termasuk elo? Apalagi kalo bukan Tralala Trilili. Acara ini tanyang tiap jam 2 siang di RCTI. Pas banget abis pulang cekolah. Dipandu sama Agnes Monica yang waktu itu belom kepikiran buat go internasyenel, terus di temenin sama kak Ferry M.E yang melegenda dengan poni lemparnya. Nggak lama digantiin sama kak Indra Bekti dengan senyum tiga jarinya. Acara ini informatif banget, isinya tentang macem-macem informasi dan pengetahuan buat anak-anak. Dan cara penyampaiannya pun emang khas anak-anak, lucu, curious, dan lugu. Selain informasi, Tralala Trilili juga suka nampilin video klip anak yang lagi nge hitzz. Seru yaa..

Tak Tik Boom

tak tik

Tak Tik Boom pertama kali dibawain sama Dede Yusuf tahun '90-an. Bikin gregetan karena kuisnya berisi tentang dua kontestan saling adu pengetahuan dan strategi, Ada 3 babak, babak pertama, babak bonus dan babak mega bonus. Babak pertama lo harus jawab satu dari Sembilan kotak pertanyaan tentang pengetahuan umum, dalam waktu lima detik kalo lo nggak bisa jawab pertanyaan dilempar. Buat kontestan yang simbolnya berhasil membentuk satu garis horizontal, vertikal atau diagonal berhak dapet hadiah dan masuk babak selanjutnya. P! yakin kalo lo jadi pesertanya bakalan sering-sering baca buku RPUL.

Kata Berkait

kata berkait

Kata berkait adalah sebuah acara kuis di RCTI tiap Senin sampe Jumat di tahun '90-an. Rada-rada ngocol dikit karena dibawain sama Nico Siahaan sampe tahun 2000-an terus digantiin sama Alm. Taufik Savalas. Terdiri dari 2 kelompok kontestan yang harus nebak kata dari delapan baris yang kosong yang saling berkaitan. Waktu mikir cuma lima detik, kalo nggak bisa jawab, urutan kata berkait lo bisa diselak sama tim lawan, kelompok mana yang bisa nyelesain langsung masuk ke babak dua, tiga, babak tambahan sampe babak bonus. Selain pembawaan Nico Siahaan yang kocak, yang bikin kangen adalah suaranya Bung Zulham yang suka ngasih hadiah.

Cinema Cinema

cinema

Kayaknya kalo dikulik nggak ada lagi siaran tv kayak Cinema Cinema. Acara yang nampilin Ira Wibowo dan Mayong Suryolaksono sebagai pembawa acara ditayangin tiap sabtu sore tahun 1995 di RCTI. Cinema Cinema adalah infotaiment pertama yang membahas tentang film yang paling lama usia tayangnya. Udah 12 tahun dan selalu jadi pedoman orang-orang sebelum berangkat nonton ke bioskop. Karena apaa? Karena banyak banget spoiler-nya, haha.. Kalo aja ya Cinema Cinema ada lagi, infotaiment sekarang nggak penuh sama liputan ertong yang lagi makan di warteg sambil ngangkat satu kaki dan itu penting......banget

Kring Kring.. Olala

kring

Apa kabar duniaaa? TETEEEP ASSSIKK!! Lo pasti inget sama jargonnya kring—kring olala kan? Kalo nggak salah acara ini ada tiap sore jam 3-an. Acara akhir tahun '90-an yang tetep asik dan makin asik ini dibawain ganti-gantian. Kadang sama Lia Waode, Putri, Mellissa Grace, Noval Kurnia dan nggak lupa kak Yoppi Panda yang main keyboard supaya acara nggak sepi. Yaa, sebelas duabelaslah sama kak Nunu. Seru banget karena konsep acaranya interaktif, mereka ngedatengin anak-anak sekolah dasar buat jadi penonton. Terus buat yang suka nyanyi, nari, bisa banget tampil di acara ini. Dinamain kring-kring olala karena ada telepon interaktif buat penonton di rumah yang mau ngasih teka-teki atau kirim-kirim salam atau yang mau request video klip yang mau diputer hari itu. Sayang banget ya sekarang udah nggak ada lagi program kek gini. Bocah ingusan jaman sekarang jadi lebih suka pacaran mamah papahan sambil posting cium kening di socmed. IYUUH 

Spontan

spontan

Lo boong banget kalo nggak tau spontan. Acara komedi paling favorit yang tayang tahun 1996 ini terkenal dengan jargonnya UHUUYY! selalu ditunggu-tunggu tiap Sabtu jam 20:30 di SCTV bareng Komeng dan Ulfa Dwiyanti. Bentuk acaranya sih ampir sama kayak acara candid camera di Amerika. Kalo lo belom tau, Spontan disutradarai sama seniman pantomim Indonesia, Septia Dwi Cahyo sekaligus pemeran pantomim di segmen “Den Bagus”. Yang paling ngocol di acara Spontan adalah segmen dubbing aneka satwa yang cuma bisa di lakuin sama Komeng. Jokes-nya pun nggak garing kek comedian jaman sekarang. Hmmm..

Itu deh sederet program tv era '90-an yang P! rindukan di tengah program-program tv jalan sekarang yang hhmm.. ya gitulahyaa.. katanyaa, demi rating kadang kalo lagi demam korea, semuaaa nyetel korea, kalo lagi demam India semuaaa nyetel India. P! jadi berandai-andai nih kira-kira kapan ya ada siaran tv yang variatif dan kualitasnya kek dulu. Aku.. rinduu..

Komentar