jenis jenis judul berita masa kini 1

Dari yang singkat, yang kepanjangan, sampe yang bikin geleng-geleng kepala.

Zaman sekarang, media udah makin beragam. Dari media cetak sampe media elektronik. Dari media yang udah ada dari nenek lo masih ABG, sampe media-media baru yang umurnya lebih muda dari hamster peliharaan. Dari media yang ngebahas topik-topik serius, yang bercanda, sampe yang serius juga kalo lagi bercanda, kayak Provoke!. Yhaaaa.

Kita emang generasi yang beruntung, soalnya bisa dengan gampangnya mengakses berita-berita itu. Kalo dulu lo mesti nungguin tukang koran lewat tiap pagi di depan rumah atau berebutan remote TV sama adek kakak, sekarang lo dengan gampang tinggal browsing, buka Youtube, buka Twitter, sampe buka LINE Today. Dan karena makin mudahnya akses informasi tersebut, media-media juga bersaing "menarik" perhatian para pembacanya. Bayangin aja, satu topik berita bisa ditulis sama puluhan bahkan mungkin ratusan media. Nah loh, gimana tuh caranya biar si pembaca milih baca berita di satu media?

Salah satunya ya dengan judul. Nggak bisa dipungkirin sih, judul yang menarik bakalan jadi pintu masuk buat pembaca ke media tersebut. Makanya nih, judul-judul berita masa kini jadi bikin kita mikir...... WAH UNIK BANGET YA, JADI PENGEN MAKAN BATAKO SAMA MINCEU. Kayak gini nih, jenis-jenisnya yang lo bisa simpulin sendiri.

 

1. Yang (masih) normal-normal aja

judul3

Kita mulai dari yang masih normal. Judulnya ngejelasin seperlunya tapi juga dengan jelas apa isi beritanya. Oh gara-gara ujan mulu seminggu, si sungai ini jadi banjir. Waaaah trus trus gimana ya? *lalu klik situsnya biar bisa tau lebih jelas*

 

2. Yang (terlalu) singkat dan padat, sampe pengen nambahin sendiri

judul9

Ya emang sih, dari dulu pas pelajaran Bahasa Indonesia kita diajarin kalo bikin judul nggak usah kepanjangan. TAPI NGGAK GINI JUGA KAAAAAAAAN. Duh! Baru baca judulnya aja langsung gemes, bawaannya pengen nambahin sendiri titik-titiknya jadi satu kalimat yang bener. Tapi gara-gara singkat juga, emang bikin penasaran sih. Sama kayak pacar kalo cuma bales sepatah dua patah kata. Langsung jadi kepo dan deg-degan! *buka artikelnya*

 

3. Yang topiknya satu, angle-nya banyak

judul7

Ini yang paling banyak kita temuin. Apapun topiknya, pokoknya judulnya harus bikin penasaran, sampe ada kalimat penekanan. Satu topik bisa dijadiin beberapa bahan berita, asal temanya beda-beda. Kemaren pengawas ujian yang gampang, sekarang pengawas ujian yang susah, besok pengawas ujian yang susah-susah gampang, besoknya lagi pengawas ujian yang gampang-gampang susah. Gitu aja terus sampe JKT48 bikin sub unit jadi Kebayoran48, Priuk48, Rawamangun48. *klik semua artikelnya*

 

4. Yang maksa pokoknya kita harus tau

judul5

"10....... yang harus lo tau!", "41.............. yang wajib banget kamu ketahui!", "746264184814 hal yang super wajib ekstra beneran lo harus tau kalo nggak lo bakalan ketinggalan berita!". Zaman sekarang, media bikin kita harus banget tau banyak hal, guys. Ya gapapa sih, jadi nambah-nambah pengetahuan, yang syukur-syukur beneran berguna. Mayan, buat pamer depan gebetan. *isi kuota* *baca sampe abis*

 

5. Yang sukanya ngaget-ngagetin

judul6

Dimulai dengan kata: ASTAGA, GILA, WOW, YA AMPUN, NGGAK PERCAYA, sampe EBUSET. Ini pasti yang nulis tipe temen yang suka dateng tiba-tiba pas lagi nongkrong trus tau-tau nyebarin gosip sambil heboh. EH LO TAU NGGAK SIH YAAMPUN GILA YA GUE KAGET BANGET............... Tapi yang diceritain ternyata B ajah, nggak seheboh itu. Tapi tetep sukses bikin kita kemakan. *terpaksa buka link nya daripada jadi arwah penasaran*

 

6. Yang spoiler banget sampe nggak usah baca beritanya lagi

judul8

Ada juga berita yang saking baiknya dan tau kuota kita terbatas, jadi udah ngasih tau isi artikelnya dari judulnya ajah. Ibarat film, endingnya udah di kasih tau pas trailer. Yodah, kita kan jadi nggak perlu lagi baca beritanya sampe abis. *scroll yang laen*

 

7. Yang lebih panjang dari judul skripsi dan chat pacar kalo lagi marah

Berasa lagi dengerin curhat :( sampe capek bacanya :(

 

8. Yang bikin ngurut dada dan tarik napas dalem-dalem biar nggak emosi

judul1

NAHAN BANTING HAPE. NAHAN JAMBAK RAMBUT SENDIRI. NAHAN JAMBAK RAMBUT MBAK-MBAK SEBELAH YANG LAGI BANTING HAPE. TAHAN AKU MAS, TAHAN! gitu deh, kira-kira reaksi lo kalo baca judul berita macem begini.

 

Kira-kira, apa pendapat lo, dan judul macem kayak gimana sih yang bikin lo pengen baca berita? Atau ada jenis-jenis judul lain yang kelewatan nih? Btw, kalo Provoke! judulnya ikutan kayak gitu juga, kalian tetep masih pada mau baca kan, guys? GUYYYYSSSS? GUYYYYYSSSSS?

Komentar