Ichitan Photo Competition

tata cara menjadi netizen yang baik

Jadilah netizen yang baik

 

Dunia maya kini menjadi lebih nyata daripada dunia nyata itu sendiri. Gimana nggak orang-orang beramai-ramai menunjukan diri mereka di dunia maya. Semua berlomba-lomba punya banyak followers, dapet banyak like, share banyak berita, dan berkomentar tentanf segala hal.

Selayaknya dunia nyata, menjadi masyarakat dunia maya alias netizen juga ada aturannya. Jangan mentang-mentang punya pengikut banyak terus bisa sembarangan. No. No. No.

Nah biar lo jadi netizen yang baik, nih Provoke! kasih tau tata caranya:

Jangan gampang percaya

Idola lo share sesuatu jangan langsung percaya. Akun lambe_turah share sesuatu jangan langsung percaya. Jangan mentang-mentang satu topik lagi rame diobrolin terus lo langsung percaya gitu aja. Lagian ya percaya tuh sama Tuhan jangan sama akun anonim di dunia maya.

Cari sumber lain

Nah untuk lo yang mencari kebenaran di dunia maya, cari banyak sumber. Jangan cuma baca satu artikel dari satu website. Baca sebanyak-banyakan.

Kendalikan jempol

Ada slogan "mulutmu harimaumu" nah kalo sekarang "jempolmu harimaumu". Dari tap-tap jempol lo di keypad smartphone atau scrolling atau like bisa membawa lo ke dimensi dunia maya yang berbeda. Untuk itu kendalikan jempol lo buat ngetik, ngeshare dan ngelike posting-an di dunia maya.

Panjang sabar

Kayak hidup, kadang nggak sesuai kayak yang kita mau. Ada baiknya kita bersabar. Gitu juga di dunia maya. Pasti ada aja yang bikin tersinggung hati tapi ya kita kudu sabar. Kalo ada kelompok yang menyerang lo sabar aja. Jangan sekali tweet lo di-replay terus bikin lo berkoar-koar marah, tuntut sana sini. WOELAH.

Turn off your notification

Dunia maya sama chaos nya dengan dunia nyata. Ada baiknya sesekali lo berhenti 'berselancar' di sana. Nikmati kehidupan nyata. Berinteraksi dengan manusia beneran bukan akun-akun anonim yang sumbu sabarnya pendek. Baca buku/koran/majalah. Diskusi dengan teman. Ngopi tanpa peduli dapet berapa likes.

Yak kira-kira begitulah tata cara jadi netizen yang baik. Semoga bisa ngebantu lo bermasyarakat di dunia maya yaa. Iya.

Komentar