Q: Kok dikit banget cuma 3 ? A: 3 aja udah bikin kami gak tidur semaleman, apalagi 5..

Warning : Read this at your own risk!

Berhubung sekarang itu Oktober, bulan yang identik sama Halloween, maka kami dengan bangga mempersembahkan sebuah artikel spesial untuk malam jumat kali ini. Artikel ini sudah sepantasnya lo dengerin di malam hari, bukan di pagi hari, siang, sore , ataupun maghrib, karena pastinya efeknya tidak akan 100% sedahsyat yang seharusnya. Tanpa basa-basi lagi, inilah 3 rekaman paling seram dalam sejarah manusia. Selamat membaca!

Number Stations

Number stations adalah sebutan bagi stasiun radio gelombang pendek yang tersebar di seluruh dunia dan diperkirakan sudah ada sejak tahun 1950an. Weits, jangan salah, ini bukan stasiun radio biasa yang lo dengerin setiap hari. Number Stations merupakan stasiun radio misterius yang secara aktif terus melakukan penyiaran sampai saat ini. Hanya saja, isi siarannya uber creepy. Ada yang hanya berupa signal saja, ada juga yang mengeluarkan suara seperti sirene kapal dalam jangka beberapa detik, bahkan satu stasiun secara berkala menyiarkan suara anak kecil ataupun suara pria misterius yang sedang berhitung. Wuih serem. Lebih misteriusnya lagi, tidak ada satupun pihak yang mengakui kalau mereka menjalankan radio tersebut. Jadi, sebenernya siapa yang menjalankan radio tersebut ?

teng tong teeeeennngg *isi dengan musik misterius ala film kacangan.

Karena kehadirannya yang gak jelas kabarnya, banyak gosip yang bersebaran tentang berita ini. Salah satu yang masuk akal adalah sebuah teori kalau Number Stations merupakan stasiun radio jangka pendek, yang digunain sama mata-mata perang di era perang dunia II dulu untuk berkomunikasi.

Udah penasaran? Silahkan dicek…

UVB-76, salah satu stasiun radio misterius yang hanya mengeluarkan suara seperti sirene. Namun sesekali, doi juga menghasilkan suara orang misterius yang membacakan kode rahasia. Hmmm.. interesting.

Nah, yang ini super serem banget, apalagi dipadu sama boneka di videonya itu. Hiiiii

Gloomy Sunday

Nah, yang ini kayanya lo udah tau deh, tapi gapapa, itung-itung berbagi kengerian buat yang masih newbie hihihi. Lagu Gloomy Sunday adalah sebuah lagu yang dikarang oleh salah satu komposer asal Hungaria, Rezso Seress. Lagu yang awalnya berjudul Szomorú vasárnap alias Sad Sunday ini memang sengaja dibuat doi sebagai suara kedepresian atas meninggalnya kekasih tercinta. Berhubung liriknya yang sarat dengan nuansa depresi dan juga memuat kata-kata yang mengarah ke aksi bunuh diri, maka terkenallah lagu ini dengan sebutan Hungarian Suicide Song.

Lagu ini menjadi semakin terkenal di Amerika Serikat setelah Billie Holiday membawakannya dengan penuh penghayatan di tahun 1941. Sejak saat itulah hubungan antara bunuh diri dan lagu ini menjadi semakin erat. Apalagi, sang komposer, Seress, juga bunuh diri karena dirudung depresi dan trauma akibat Perang Dunia ke-II. Isu tentang lagu ini pun semakin dashyat.

Well, isu hanya tinggal isu, toh karenanya, lagu ini jadi semakin sering dibawain sama musisi-musisi dari berbagai macam genre yang semuanya rata-rata sehat walafiat.  Namun,  bukan berarti lagu ini gak ngeri lagi, coba aja lo dengerin sendiri..

Versi Billie Holiday ini yang bikin Gloomy Sunday ini jadi terkenal

Nah, yang ini gak serem, keren banget malah. Bjork gitu loh..

Versi Sarah Brightman ini juga ciamik banget. Haunting dan indah sekali. Me likey very much!

Kidung Lingsir Wengi

Posisi pertama rekaman kali ini berasal dari negara kita sendiri, Indonesia! Eits, ini bukan sekedar KKN doang loh, tapi lagu tradisional ini emang punya legenda yang mengerikan banget dan bikin kami semua sempet gak mau dengerin.  Sejak dipake dalam film Kuntilanak garapannya Rizal Mantovani, lagu ini jadi eksis banget karena gosipnya bisa mengundang kuntilanak. Menurut mitos jaman dulu, jika lagu ini didengerin sesudah jam 12 malam, maka sosok hantu yang paling eksis di Indonesia tersebut, bakalan datang menghampiri lo sambil tersenyum bahagia. Hiiiii

Berita tentang lagu ini sendiri masih simpang siur banget, apalagi, kebanyakan testimoni yang ngeliat hantu setelah dengerin lagu ini, kurang bisa dibuktikan kebenarannya, yaaa namanya juga legenda dari mulut ke mulut. Namun, jangan khawatir! Inilah saatnya buat lo untuk membuktikan apakah isu tersebut benar atau tidak.  Silahkan mendengarkan!

Komentar