cara jajan hemat

Perut kenyang, tapi dompet tetap aman

Jadi anak sekolah tuh nggak gampang! Yang bilang jadi anak sekolah nggak sesusah jadi anak kos, mana sini coba?! *gulung lengan baju seragam* Buat jadi anak sekolah yang bisa survive selama dua belas tahun lamanya, kita tuh kudu kreatif, inovatif, serta multi-talenta.

Bukan cuma harus bisa belajar banyak subjek pelajaran dan dapet nilai bagus di semua pelajaran tersebut demi naik kelas dan bikin bangga mamah papah, anak-anak sekolah juga dihadapkan pada pelajaran ekonomi guna bertahan hidup sehari-harinya dengan uang jajan pas-pasan tapi perut nggak boleh kosong dan tetep bisa nongkrong di malem minggu serta beli sepatu Yeezy setahun sekali. Gitu, intinya, di sekolah, kita juga diajarin gimana caranya mengelola keuangan sedari dini. Yihaaa.

Jadi, demi perut kenyang biar tetep konsen belajar tapi dompet tetep aman, P! menganjurkan cara-cara yang bisa lo praktekan (kalo lo mau, dan punya nyali, dan bersedia menanggung segala resikonya sendiri).

1. Bawa bekal

Tips paling standar dan emang ampuh adalah dengan membawa bekal sendiri dari rumah. Dengan demikian, lo akan terhindar dari pengeluaran besar di kala jam istirahat buat makan pecel ayam atau nasi goreng. Paling lo tinggal jajan mecin-mecin dikitlaaaahhh, dan nggak bakal mungkin lo jajan mecin seharga seporsi pecel ayam atau nasi goreng, kecuali lo emang lagi program penurunan IQ.

2. Bawa sendok dan garpu

Gimana cara hemat tapi tetep kenyang? Gampil! Lo cukup bawa sendok dan garpu dari rumah, jangan sumpit soalnya susah, beserta urat malu yang udah putus dikit. Setiap jam istirahat, lo bisa coba blusukan keliling kantin sekolah, melihat "lahan" subur yang bisa lo cangkul dengan sendok lo itu. Setelah blusukan tujuh kali bolak balik, dijamin lo bakalan kenyang tanpa ngeluarin duit sepeserpun. Warbiasah!

3. Puasa

Atau kalo mau hemat sekaligus dapet pahala, maka rajin-rajinlah berpuasa nak. Kalo biasanya lo puasa senin-kamis, tingkatkanlah sedikit demi sedikit. Puasa Nabi Daud misalnya, jadi selang-seling puasa-nggak-puasa-nggak.

4. Punya pacar

Solusi lain sih lo cepet-cepet cari pacar, kalo bisa jumlahnya sesuai sama jumlah hari sekolah. Jadi lo nggak matre-matre amat minta jajanin tiap hari sama satu orang aja. *LOH

5. Jajan pas jam-jam terakhir

Biasanya sih kalo lo jajan pas jam-jam terakhir atau pas sekolah udah sepi, abang-abang kantin dan ibu-ibu nasi uduk yang udah siap-siap nutup lapak bisa jadi lebih baik sama lo. Tung itung ngabisin dagangan yakan, kadang suka dapet kortingan. Yaaaa, asem-asem dikit gapapalah. Jangan lupa siap sedia obat sakit perut,

6. Pacaran sama penjual kantin

Kalo lo bisa melakukan ini, kelar sudah permasalahan perekonomian lo di sekolah. Lo tinggal kedap kedip manjah ke pacar lo, maka dapetlah semangkok bakso atau sepiring nasi rames. Kalo penjual kantinnya nggak ada yang masih muda, putar otak bikin skenario lainnya, bisa minta diangkat jadi anak sama ibu dan bapak kantin. Selesai.

Gitu deh beberapa tips dari P! biar lo bisa hemat dan bertahan menghadapi lika liku permasalahan yang ada di sekolah (terutama masalah perut). Mudah-mudahan berguna ya, kalo nggak gunaaaaa.... yah namanya juga nyoba.

Komentar