ide

Jangan cuma di tempat tidur doang.

Ide itu emang kadang ngeselin, saat dibutuhin dia nggak nongol, saat lagi nggak dibutuhkan eh malah datang. Walaupun gitu lo tetep nggak boleh kesel sama ide. Lo harus terus mencarinya biar lo terus berkembang dan nggak berhenti berkarya. Kalo lo lagi bener-bener suntuk dan mentok sementok-mentoknya, lo bisa datang ke beberapa tempat yang biasanya jadi gudang ide-ide cemerlang. Tempatnya nggak jauh-jauh kok. Ada di sekitar lo, tapi mungkin lo nggak kepikiran ke sana karena saking stresnya mikir ide yang nggak kunjung nongol.

1. Transportasi umum

bus

Via giphy

Iyap, lo nggak salah baca. Alat transportasi umum misalnya aja bus atau kereta emang bisa jadi tempat lahirnya ide-ide keren. Dengan catatan, alat transportasinya nggak lagi penuh dan maksa lo buat desak-desakan. Lo bisa duduk sambil melihat ke kanan dan ke kiri. Di transportasi umum lo bakal ngeliat banyak orang dari berbagai kalangan. Lo bisa mengamati setiap gerakan dan melihat dunia dari berbagai sisi. Di sana, lo bakal dapat banyak inspirasi. Lo bisa belajar dari anak-anak jalanan yang panas-panasan demi nyari uang buat makan atau ngeliat orang-orang berdasi dengan mobil mewah yang sibuk mencetin klakson dengan muka kesal. Pokoknya ada banyak hal deh.

2. Taman

taman

Via Photobucket

Tempat kedua adalah taman. Lo bisa ke taman sendirian, duduk, sambil mengamati apapun yang ada di sekeliling lo. Jangan malah sibuk main HP. Kalo kayak gitu mah mendingan lo duduk di rumah aja. Ingat, tujuan lo adalah nyari ide. Lo harus fokus buat nyari inspirasi dan HP bisa jadi hambatan buat otak lo mencari ide dan berkreasi. Lo harus membiarkannya bebas.

3. Toko buku/perpustakaan

baca buku

Semakin banyak ngebaca, lo bakal semakin tahu banyak hal. Dengan gitu lo juga bakal punya banyak bahan buat dijadikan inspurasi dan sumber ide. Biar lo nggak suntuk karena baca di kamar mulu, lo bisa datang ke toko buku atau perpustakaan. Di sana akan ada banyak buku yang bisa lo baca. Suasananya juga enak banget soalnya adem dan nggak terlalu ramai.
4. Di atas pohon

tree

via tenor

Poin ini berlaku buat lo yang punya keahlian manjat pohon dan nggak takut ketinggian. Kalo dua modal itu nggak lo miliki, langsung lewati poin ini dan pindah ke poin selanjutnya aja.

Balik ke urusan nyari ide di atas pohon. Beberapa orang emang punya kebiasaan di mana tiap kali dia ada masalah atau suntuk dia bakal manjat pohon. Lo bisa nyobain juga. Saat lo lagi ada di atas pohon, lo bisa ngerasain lega. Lo juga bisa menghirup oksigen yang masih segar. Sirkulasi oksigen di otak jadi lebih lancar. Itu bakal membuat otak lebih aktif dan optimal dalam bekerja. Lo akan segera dapat informasi. Oya, kalo udah dapat ide langsung turun, jangan malah ketiduran. Ntar lo dicari emak loh.

5. Kamar Mandi

mandi

Via JOE.ie

Tempat teakhir yang biasanya menghasilkan banyak ide adalah kamar mandi. Jujur aja, saat lo mandi dalam keadaan tenang dan nggak buru-buru, lo pasti bakal memikirkan banyak hal. Ada berbagai pertanyaan yang muncul di kepala lo dari yang penting sampai yang paling nggak penting. Saat mandi emang bisa jadi momen intens buat lo bisa lebih memahami diri lo dan ide-ide liar lo. Mulai sekarang kalo lo suntuk, jangan ragu buat mandi dan memikirkan banyak hal.

Komentar