rev 3 header prasmul

Karena masa depan cemerlang bisa digapai!

 

Memasuki tahun akhir di SMA, ada satu pertanyaan yang pasti sering banget hadir di kepala lo dan juga dari orang-orang sekitar. Yak bener banget, pertanyaan “Mau lanjut kuliah ke mana? Ambil jurusan apa?” pasti bakal sering banget lo temuin di sela-sela kesibukan lo sekolah dan ngerjain tugas-tugasnya.

Awalnya sih lo bisa abai dengan pertanyaan-pertanyaan itu. Tapi ternyata waktu berjalan nggak kerasa. Tiba-tiba lo dihadapi keadaan buat memilih jurusan yang menentukan masa depan lo.

Kayak Captain Jack Sparrow yang membutuhkan peta buat mencari harta karun, gitu juga dengan masa depan. Lo juga butuh ‘peta’ buat nunjukin arah menuju masa depan lo. Biar nggak nyasar dan nggak nyesel di kemudian hari.

Salah satu jurusan yang bisa lo lirik dan masuk ke dalam pilihan lo adalah jurusan S1 International Business Law. Jurusan ini fokus pada pengetahuan dan keterampilan praktik hukum bisnis nasional dan di internasional. Kali ini Provoke! mau kasih ‘peta’ soal jurusan yang satu ini. Biar nggak hilang arah apalagi sampe nyasar yekan? Nihhh!

1. Bilingual Program and Go International

rev 3 ig prasmul 02

Di era globalisasi saat ini hampir semua hal nggak ada batasnya, termasuk dunia bisnis. Bisnis bisa terjadi lintas pulau, negara, hingga benua. Karena itu, ada peran hukum untuk mengaturnya, seperti perihal mengatasi sengketa, membuat perjanjian untuk perusahaan yang mau go international, rencana investasi perusahaan asing di dalam negeri atau kerjasama perusahaan lintas negara.

Di sinilah peran lulusan S1 International Business Law. Jurusan ini menekankan pada pengetahuan dan keterampilan praktik hukum dalam kegiatan bisnis internasional. Contohnya, membuat perjanjian internasional, perdagangan internasional, merger, dan akuisisi perusahaan internasional serta masih banyak lagi. Untuk mendukung proses belajar, jurusan ini menggunakan bilingual language.

Nah untuk itu butuh lulusan dari S1 International Business Law. Kalo lo ambil jurusan ini, maka lo akan go international! Karena kerjaannya kan ngurus bisnis lintas negara.

2. Kurikulum dengan Cakupan yang Luas

revisian ig prasmul 03

Belajar soal hukum udah pasti jadi agenda wajib sepanjang perkuliahan jurusan ini. Tapi cakupan yang dipelajarin sangat luas dan beragam. Contohnya, mempelajari soal hukum prosedural seperti constitutional law, civil procedure law, banking law, dan masih banyak lagi. Bahkan pembelajaran di luar ranah hukum pun juga ada, seperti akuntansi, etika bisnis, dan juga kewarganegaraan. Lebih luas lagi, lo bakal punya pengetahuan tentang industri entertainment, sport, leisure, transportasi, agraria dan masih  banyak lagi. Jadi, lo akan dapet banyak banget ilmu dan nambah pengetahuan, bukan di bidang hukum aja.

3. Karier Profesional dan Reward Menarik

revisian ig prasmul 04

Lulusan jurusan International Business Law memiliki peluang karier yang lebih luas. Nggak cuma jadi pengacara, hakim atau jaksa, lulusan program ini juga berpeluang bekerja sebagai konsultan hukum, mediator, analis hukum, negosiator dan juga akademisi. Dan balik lagi ke poin pertama, lo nggak cuma berkarier di dalam negeri tapi juga bisa sampe ke luar negeri dengan bekerja di perusahaan atau institusi hukum internasional. Asik kan?!

Kalo ngomongin gaji, lulusan jurusan International Business Law tentunya nggak kalah ‘WAH’. Kalo lo berhasil bekerja di perusahaan multinasional atau institusi hukum internasional tentunya lo akan mendapatkan penghasilan dan reward yang memukau. Nggak heran kalo liat profesi seorang lawyer yang memiliki gaya hidup melebihi rata-rata. WAH kan???

4. Good Networking

revisian ig prasmul 05

Untuk bisa sukses dengan profesi lulusan S1 International Business Law, lo wajib banget untuk tau dan kenal banyak pihak. Kenapa? Karena lo bisa bekerja di semua jenis industri dan menangani berbagai konflik ataupun mengurus kerjasama bisnis. Networking ini termasuk stakeholders di dalam dan di luar perusahaan atau negara, seperti pihak pemerintahan, mitra di luar negeri, dan lainnya.

5. Pengembangan Diri

revisian ig prasmul 06

Jurusan ini nggak cuma ngajarin soal teori-teori hukum aja,tapi juga memberikan kesempatan lo untuk mempraktikan apa yang lo peroleh di bangku kuliah. Misalnya dengan magang di perusahaan atau institusi terkait dan mengikuti kompetisi baik di dalam ataupun di luar negeri. Dengan mengikuti itu semua maka daya saing yang lo miliki akan meningkat. Sedari bangku kuliah udah diajarin bersaing sehat dan ke depannya lo siap bersaing di kancah internasional.

Setelah lulus dari jurusan S1 International Business Law, lulusan jurusan ini bisa bergabung di asosiasi professional dan dapat mengikuti sertifikasi untuk naik ke jenjang profesi selanjutnya. Misalnya, dari lawyer terus bisa naik sampai ke tingkat advokat. 

 

Salah satu universitas yang menyediakan jurusan S1 International Business Law adalah Universitas Prasetiya Mulya. Jurusan ini dibuka pada tahun 2018 mendatang. Sebagai perguruan tinggi yang memiliki reputasi tinggi dan fokus di bisnis, Prasmul memiliki kualitas yang menjanjikan, guys! Dengan belajar jurusan ini di Prasmul, lo nggak cuma belajar dan dapetin lima keunggulan di atas saja, tapi lo bisa makin berkembang dengan metode pembelajaran, wawasan entrepreneurship, pengembangan skills tambahan, support dari kampus untuk kegiatan non-akademik, dan sarana belajar lainnya.

Provoke! kasih bocoran nih kalo staf pengajar di jurusan S1 International Business Law Prasetiya Mulya terdiri dari para ahli. Bahkan lo berkesempatan untuk mengikuti kuliah tamu yang akan diisi oleh para praktisi di bidangnya.

Metode pembelajarannya juga seimbang, lo akan diajarin teori dan juga praktik seperti negosiasi, mediasi, arbitrase, dan simulasi pengadilan (moot court). Kunjungan ke kantor Law Firm, Pengadilan Negeri, Pengadilan Tata Usaha Negara, Mahkamah Konstitusi dan BANI juga dilakukan agar mahasiswa lebih tahu institusi penting sejak awal. Praktiknya nanti pun juga nggak di sembarang tempat karena Universitas Prasetiya Mulya bekerja sama dengan beberapa lembaga yang berkompeten untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswanya untuk merasakan terjun langsung di dunia profesi dan mendapatkan bimbingan langsung dari para mentor yang merupakan para lawyer, notaris, dan konsultan.

Selama jadi mahasiswa di Prasetiya Mulya lo juga bakal punya kesempatan untuk mengikuti pertukaran mahasiswa dan melakukan penelitian di lembaga hukum di dalam dan luar negeri. Mahasiswa juga didorong untuk ikut Moot Court Competition tingkat nasional.

Kemampuan softskills mahasiswa seperti debat, diskusi, dan presentasi akan semakin meningkat melalui semua proses pembelajaran tersebut. Dengan begitu lo akan siap terjun ke dunia profesi di era globaliasi ini. Yekan?!

Satu lagi, bukan Prasmul namanya kalo nggak belajar entrepreneurship. Jadi, ada tuh kesempatan lo buat punya law firm sendiri. Kalo menurut lo faktor apa yang paling penting dalam lo memilih jurusan kuliah? 

Komentar