mv5bnjlloti5odutodywni00mwq5lwixmjmtymnjm2i2nde2nzaxxkeyxkfqcgdeqxvynjg2njqwmdq._v1_sy1000_sx1500_al_.jpgHmm, kenapa oh kenapa?

Pengarah film Thor: Ragnarok yakni Taika Waititi baru aja punya projek film baru yang bertajuk Jojo Rabbit. Film yang diproduksi oleh Fox Searchlight Pictures dimana perusahaan ini adalah anak bisnis dari Walt Disney ini rupanya mulai bikin was-was. Hmmm, kenapa oh kenapa yaaa?

Dikutip dari Variety, film bergenre black comedy-drama yang bercerita tentang Nazi ini rupanya bagi petinggi Disney bakalan meresahkan. "Film yang menghadirkan Nazi dan sosok Adolf Hitler yang diperankan oleh Taika Waititi sepertinya meresahkan dan terlalu menegangkan. Mengingat biasanya Disney selalu membuat film yang cocok untuk orang tua dan anak-anak. Searchlight udah memutarkan film ini di beberapa perusahaan induk, saat menonton film ini beberapa eksekutif perusahaan jadi tidak nyaman karena takut akan membuat penggemar Disney kabur," menurut laporan Variety mengenai pernyataan Disney atas Jojo Rabbit. 

mv5bogmzmziwndatnmmxyy00mze1lwizmjatytyxyjkxotk2ndq5xkeyxkfqcgdeqxvyodk2nzm3njy._v1_sy1000_cr008101000_al_.jpg

Satu alasan Waititi membuat film satire mengenai Nazi ini adalah untuk meredakan ketakutan para petinggi Disney bahwa film ini adalah sebuah penghargaan besar yang penuh dengan harapan. Jojo Rabbit beberapa minggu lagi akan diputar perdana di Toronto International Film Festival, tempat di mana film Oscar selalu diluncurkan. Jika menoleh ke belakang, Searchlight sempat mendominasi Oscar dengan kemenangan Best Picture melalui film The Shape of Water dan mencetak 10 nominasi Oscar untuk The Favorite pada awal tahun 2019. Searchlight merupakan sebuah terobosan Disney untuk menuju Oscar, jadi hal ini adalah sesuatu harapan di dunia film. Jika Jojo Rabbit dikirim untuk Oscar dan menuai kesuksesan, maka ini akan menjadi sebuah pembuktian kepada Disney bahwa konsep film "kiri" yang menegangkan rupanya bisa mengangkat dan menguntungkan untuk film-maker indie.

Dikutip dari The Hollywood Reporter, Jojo Rabbit sendiri bakalan ditayangkan resmi pada 18 Oktober 2019 mendatang.

Photo via IMDB

Komentar