up 2009 and whats up balloon to the rescue 2009

Mungkin kebetulan mirip aja kali yaa.

Pernah nggak sih lo lagi nonton film baru terus kayak ngerasa de javu gitu. Lo ngerasa seolah-olah pernah nonton film serupa sebelumnya tapi judulnya beda. Lo sama sekali nggak lagi mengkhayal atau halu. Itu mungkin banget terjadi karena di dunia ini emang ada beberapa film yang secara kemasan maupun cerita tuh mirip satu sama lain. Kalo nggak percaya, lo bisa simak dulu nih beberapa film terutama kartun yang mirip satu dengan yang lainnya.

Madagascar (2005) dan The Wild (2006)

madagascar 2005 and the wild 2006

Via IMDb

Kedua film ini sama-sama menceritakan tentang perjalanan hewan ke suatu tempat baru untuk misi tertentu. Konsep utamanya itu. Di Madagascar diceritakan ada 4 hewan yakni singa, zebra, jerapah, dan kudanil yang keluar dari kebun binatang dan sampai ke Madagascar. Sedangkan The Wild menggambarkan seorang singa yang tanpa sengaja terbawa dari New York ke Afrika. Lalu, ayah dan teman-temannya berusaha buat keluar dari kebun binatang dan mencarinya ke Afrika.

The Book of Life (2014) dan Coco (2017)

the book of life 2014 and coco 2017

Via IMDb

Selang waktu perilisannya cukup jauh sih, 3 tahunan. Kedua film ini dianggap cukup mirip nggak cuma dari segi cerita yapi juga tampilannya. Dua film ini sama-sama mengangkat cerita tentang perjalanan seseorang di afterlife. Nggak cuma itu aja, gitar juga jadi sesuatu yang iconic di kedua film ini.

Up (2009) dan What's Up: Balloon to the Rescue! (2009)

up 2009 and whats up balloon to the rescue 2009

Via IMDb

Yaaash, dirilis di tahun yang sama ada dua kartun yang sangat amat mirip. Dua-duanya menampilkan cerita tentang rumah yang terbang dengan balon. Di film Up, lo pasti udah tahu sendiri dong ceritanya. Ada kakek tua yang mau meletakkan rumahnya ke sebuah tempat yang indah di Amerika Selatan. Sedangkan What's Up: Balloon to the Rescue adalah film tentang seorang ilmuwan tua yang bikin penemuan di mana dia bisa menerbangkan rumahnya sendiri. Bersama dengan keponakannya, dia berencana buat keliling dunia pakai rumah terbangnya.

Kung Fu Panda (2008) dan Chop Kick Panda (2011)

kung fu panda and chop kick panda

Via IMDb

Kalo ngeliat sekilas posternya, dua karakter panda di dua poster itu emang mirip sih. Apa mungkin karena bentuk semua panda di dunia ini emang kek begitu? Tapi niii ya, kok secara konsep cerita keduanya mirip yah. Dua-duanya menggambarkan soal panda yang pengen jadi seeorang ksatria.

Ratatouille (2007) and Ratatoing (2007)

 Ratatouille and Ratatoing

Via IMDb

Lgi-lagi ada film dengan judul dan konsep yang mirip yang rilis di tahun yang sama. Dua film tersebut sama-sama mengangkat kisah tenta seekor tikus yang pengen banget masak dan menyajikan makanan untuk manusia. Yang membedakan dua film itu selain nama karakternya adalah setting tempat. Ratatouille mengambil lokasi di Perancis sedangkan Ratatoing berlokasi di Brasil.

Kalo lo belom nonton semua film tadi, mungkin bisa segera lo tonton. Setelah itu silahkan bandingan sendiri apakah film-film yang udah dibahas di atas beneran mirip atau enggak. 

Komentar