pesan disney

Kalo lo paham, pesannya ngena.

Meski film kartun tuh sering dikaitkan sama tontonan anak-anak, nyatanya kartun juga bisa ngasih pesan yang menohok. Pesan itu sebenernya nggak cuma cocok disampaikan ke anak-anak tapi juga orang dewasa kayak lo. Nah, yang berikut ini merupakan beberapa pesan tersembunyi di film kartun buatan Disney. Selama ini entah lo nyadar atau enggak.

1. Inside Out

inside out depresi

Via Walt Disney Animation Studio

Nggak cuma sekadar hiburan, Inside Out adalah sebuah film yang ngasih banyak pesan terkait depresi dan kesehatan mental. Film ini bisa jadi penggambaran yang sempurna soal beragam emosi yang dimiliki manusia. Nggak cuma kebahagiaan aja, kita juga punya rasa sedih, kecewa, marah, dan semua itu tete harus diterima. Film ini ngajak kita buat nggak malu untuk mengungkapkan emosi dan perasaan kita demi kesehatan mental.

2. The Hunchback of Notre Dame

esmerada harrasment

Via Walt Disney Animation Studio

Ada banyak banget isu sosial yang diangkat di satu film ini. Ada masalah agama, genosida, hingga kekerasan seksual yang digambarkan lewat alur cerita dan masalah yang dihadapi berbagai karakter di kartun ini. Lewat film ini Disney mengajak kita buat jadi pemberani, berjuang buat diri kita, jangan mau ditindas, dan biarkan orang yang nggak layak ada di hidup kita pergi.

3. Lilo & Stitch

lilo broken family

Via Walt Disney Animation Studio

Film ini menggambarkan bagiamana rasa kehilangan yang harus dialami oleh anak yang keluarga terpecah. Kita bisa belajar gimana sih buat menaklukkan rasa kehilangan dan tetep bertahan dalam kesulitan meski nggak ada cinta dan dukungan dari keluarga. Kalo bisa disingkat sih, film ini berpesan kalo keluarga adalah segalanya yang nggak bisa dilupakan dan nggak boleh saling meninggalkan.

4. Frozen (2013)

minoratas frozen

Via Walt Disney Animation Studio

Satu hal yang kadang dilupakan orang dari film Frozen adalah mengenai pesan yang sebenernya cukup menohok. Pesan itu adalah "it's okay to be different". Harusnya nilai itu juga jadi perhatian di mana siapapun lo, gimana pun kondisi lo, lo tetep layak dapat hak dan tempat di dunia ini. Beda itu nggak apa-apa. Kalo lo beda, bukan berarti lo tuh salah.

5. Tangled

tangled toxic parents

Via Walt Disney Animation Studio

Kalo lo bahas Tangled, pesan apa yang lo ingat? Apakah hanya sekadar rambutnya yang ajaib atau gimana hubungan dia sama pangeran? Harusnya lebih dari itu karena Tangled emang lebih dari itu. Film ini bisa jadi contoh dari orangtua yang overprotective dan orangtua yang toxic. Harusnya film ini nggak cuma dipahami sama anak-anak tapi juga dipahami oleh orang dewasa.

Komentar