launching music video mimpi dan matahari by langit senja song writer by igas dan video director by aji yudistiraDorong semangat anak muda Indonesia untuk meraih mimpi

Menggarap proyek musik berupa rekaman lagu hingga produksi music video sudah menjadi impian bagi setiap musisi, terlebih lagi bila didampingi langsung oleh figur profesional ternama selama menjalani prosesnya. Impian itu kini telah diraih oleh Band Langit Senja, pemenang utama Pucuk Cool Jam 2019 kategori Band. Band yang berasal dari SMA Dr. Soetomo Surabaya ini, semakin mantap untuk meramaikan industri musik Indonesia dengan meluncurkan Music video ‘Mimpi dan Matahari’ pada hari ini dan bertempat di Hard Rock Café Jakarta.

Musik video berjudul ‘Mimpi dan Matahari’ yang lagunya diciptakan oleh Iga Massardi dan video klip yang disutradari oleh Aji Yudistira, merupakan hadiah bagi pemenang utama kategori band ajang Pucuk Cool Jam 2019. Proyek musik tersebut adalah wujud apresiasi Teh Pucuk Harum bagi Band Langit Senja untuk memberikan pengalaman bergengsi di industri musik berupa rekaman di studio musik dan pembuatan music video dengan figur profesional dibidangnya. Proses rekaman dan produksi pun berlangsung di studio musik profesional milik SAE Indonesia sebagai education partner Pucuk Cool Jam sejak 2017.

personil band langit senja

Yustina Amelia selaku Brand Manager Teh Pucuk Harum mengungkapkan apresiasinya terhadap Band Langit Senja yang telah memberikan performa musikalitas terbaiknya selama menjalani proses rekaman hingga syuting music video tersebut. Selain itu, ia pun menjelaskan bahwa Teh Pucuk Harum kembali memberikan proyek musik ini sebagai reward karena ingin memberikan sebuah pengalaman yang berpengaruh terhadap perjalanan bermusik para pemenang Pucuk Cool Jam, “Music video ini adalah wujud apresiasi sekaligus komitmen nyata dari Teh Pucuk Harum sebagai Brand RTD Tea favorit anak muda yang ingin terus menjadi saksi kelahiran generasi muda yang kreatif dan inspiratif. Melalui proyek musik ini, kami memberikan kesempatan bagi Band Langit Senja untuk menuangkan seluruh kemampuan musikalitas yang dimiliki ke dalam music video ini dimana proses pembuatannya didampingi oleh tim profesional di bidangnya,” ungkap Yustina.

Nyatanya keterlibatan Band Langit Senja dalam proyek pembuatan music video ’Mimpi dan Matahari’ menjadi sebuah pengalaman sekaligus pembelajaran baru bagi band yang digawangi oleh Rageena Hamidoyo (Vocal), M. Al-Hakim T.F (gitar), Christian Aryo Junianto (drum), Enrico Evander Meliano (bass), dan Michael Aaron Christopher (keyboard). Menariknya, band yang mempunyai aliran musik pop-alternative ini meskipun baru pertama kali menjuarai ajang kompetisi band di Pucuk Cool Jam 2019 namun sudah memiliki karya single-nya sendiri dengan judul ’Ceritaku’ (2018) dan ’Ingin’ (2019).

“Terima kasih kepada Teh Pucuk Harum yang telah memberikan kesempatan untuk memperluas jam terbang kami melalui proyek music video ‘Mimpi dan Matahari’ ini. Kami bangga bisa menjadi bagian dari Pucuk Cool Jam, sebuah kompetisi yang tidak hanya memberikan pengalaman berharga tapi juga pembelajaran sekaligus tantangan baru untuk bisa memperdalam skill musikalitas kami sebagai musisi”, seru Rico sang bassist yang bergabung dalam acara press conference siang ini.

live performance mimpi dan matahari band langit senja

Lebih lanjut lagi, Rico mengungkapkan kesan-kesan Band Langit Senja saat proses rekaman bersama Iga Massardi, “Meskipun ini bukan proses rekaman yang pertama kali kita jalankan, namun jujur kita sempat gugup karena didampingi langsung oleh musisi ternama seperti Iga Massardi. Bisa dibilang, kami juga salah satu fans dari Mas Iga. Tapi setelah proses rekaman berjalan semua gugup kami hilang karena Mas Iga sangat ramah. Ada beberapa pembelajaran baru yang kami dapatkan dalam proses rekaman kali ini, salah satunya yaitu detail nada baik dari segi vokal maupun alat musik yang selalu dikoreksi oleh Mas Iga sehingga kami bisa menghidupkan energi yang ada di dalam lagu tersebut”, tambah Rico.

Bicara mengenai konsep dan makna dari single berjudul ‘Mimpi dan Matahari’ ini, Iga Massardi sebagai song writer mengungkapkan bahwa lagu ini bisa menjadi sebuah semangat baru bagi para remaja dikala tengah merasakan beratnya sebuah tantangan dalam menggapai cita-cita. “Lagu ini bercerita tentang sebuah perjuangan dalam meraih impian. Tentunya tidaklah mudah untuk mencapai keberhasilan, diperlukan kerja keras dan semangat pantang menyerah karena tentunya segala tantangan akan terus berdatangan. Namun bila bertekad untuk melangkah kuat, impian pasti bisa diraih. Sedangkan untuk konsep musiknya, pop-rock jadi genre yang gue usung dalam lagu ini, tapi setelah proses workshop langsung bareng Langit Senja, kita sepakat aransemen kembali menjadi alternative-rock sehingga tidak menghilang karakter musik mereka, selain itu energi dan semangat dalam lagu ini jadi lebih terasa”, jelas Iga.

Iga pun mengaku sangat puas dengan hasil rekaman Band Langit Senja untuk single ‘Mimpi dan Matahari’ ini. Ia menuturkan bahwa Band Langit Senja sangat antusias terhadap karya musik ciptaannya sehingga semangat dan energi yang ada dalam lagu ini mampu disampaikan dengan sangat baik, “Jujur, mulanya gue tidak banyak berekspektasi, tapi selama proses rekaman berjalan dan mendengar langsung hasil akhirnya, gue sangat bangga sama Band Langit Senja. Sebagai musisi, mereka sangat mudah diarahkan bahkan ada beberapa feedback yang mereka sampaikan sehingga dalam proses aransemen pun mereka sangat aktif untuk terlibat,” tambah Iga.

Selain itu, penggarapan music video ‘Mimpi dan Matahari’ yang kembali digarap oleh Aji Yudistira, sutradara music video yang sudah sering berkiprah di industri kreatif dengan karya antara lain ada kumpulan konser Raisa yang dikemas dalam DVD ekslusif, punya cerita lain seputar pembuatan music video yang kali ini memilih lokasi outdoor.

penampilan smadance pemenang pucuk cool jam 2019 kategori ekstrakurikuler

“Kali ini kita pilih lokasi outdoor supaya music video ini mampu menggambarkan spirit yang ada di dalam lagu tersebut. Sebetulnya konsepnya simple, yaitu menceritakan bagaimana perjalanan Band Langit Senja yang mengikuti Pucuk Cool Jam 2019, dari awal mereka masih berjuang untuk menang, hingga akhirnya mereka terpilih sebagai juara. Dengan memilih lokasi outdoor, kita menyatukan karakter dari Band Langit Senja dan lagu ‘Mimpi dan Matahari’ ke dalam bentuk visual di dalam music video-nya dengan memasukan background matahari yang menggambarkan lagunya, dan memasukkan background senja sebagai karakter Band Langit Senja,” ujar Aji.

Rico, bassist band ini yang kali ini didapuk sebagai juru bicara oleh teman-temannya mengungkapkan bahwa Band Langit Senja bangga bisa merasakan pengalaman syuting music video secara profesional, “Keseruan yang paling terasa pas syuting kemarin adalah kebersamaan dan bagaimana bisa belajar untuk syuting music video secara profesional. Team worknya oke banget, tepat waktu, enggak ada yang telat. Kita jadi bisa menciptakan memori baru yang pastinya akan selalu kita kenang saat nanti kita sudah bisa jadi musisi yang lebih maju lagi. Selain itu kita juga belajar untuk bisa lebih percaya diri dan nggak malu di depan kamera,” lanjut Rico.

Aji, sang sutradara music video juga menuturkan bahwa ia sangat puas oleh hasil akhir dari music video-nya dengan talent pemenang Pucuk Cool Jam tahun ini terlepas dari berbagai tantangan yang dihadapi selama menggarap proyek music video ini.  “Meskipun cukup kejar-kejaran sama waktu karena lokasi yang kita ambil di outdoor, gue sangat puas sama hasil akhirnya, bahkan lebih bagus dari tahun lalu. Band Langit Senja juga sangat kooperatif dan cukup percaya diri meskipun saat syuting kemarin ada beberapa adegan yang harus diambil berkali-kali mengingat minimnya jam terbang mereka di depan kamera. Tetapi setelah diarahkan dengan lebih detail, hasilnya memuaskan baik dari segi acting maupun performance music act mereka,” ujar Aji

“Dan yang terpenting adalah mereka mampu mengekspresikan spirit dalam lagu tersebut ke dalam visual. Karena music video itu adalah media bagi penyanyi atau band untuk mengeskpresikan karakter sebuah band dan mengartikan lagu yang mereka bawakan dengan visual dan menjelaskannya kepada masyarakat nantinya”, tambah Aji.

debora christiany asisstant brand manager teh pucuk harum iga massardi song writer mimpi dan matahari aji yudistira video director mimpi dan matahari band langit senja dan smadance

Semangat kolaborasi yang dibawa oleh Pucuk Cool Jam 2019 tidak hanya berhenti sampai di babak final pada Maret 2019 lalu. Proyek music video ini pun turut melibatkan pemenang Pucuk Cool Jam 2019 kategori ekstrakurikuler, yaitu SMADance asal SMAN 2 Yogyakarta untuk mengisi bagian performance dance pada music video ’Mimpi dan Matahari’ ini, "Kami berharap agar keterlibatan Band Langit Senja dan SMADance dalam music video ’Mimpi dan Matahari’ ini dapat menjadi pembuka gerbang kesuksesan bagi Band Langit Senja dan SMADance sehingga mendapatkan gambaran untuk melangkah ke ranah industri musik dan kreatif di tahap selanjutnya hingga bisa meraih Pucuk Momen berbekal dari apa yang didapatkan dari Pucuk Cool Jam persembahan dari Teh Pucuk Harum, ” tutup Yustina.

Nantikan terus update terbaru dari Pucuk Cool Jam di website www.pucukcooljam.com dan like Facebook Teh Pucuk Harum di @pucukharumID, follow akun Twitter di @PucukHarum, YouTube Channel Pucuk Harum, dan Instagram di @PucukHarumID ya fren!

Komentar