brain games

Harus bener semua yah.

Nggak cuma otot aja, otak juga perlu diasah loh biar kemampuannya nggak menurun. Ngasah otak tuh caranya bisa beragam banget. Satu di antaranya adalah dengan brain games yang berikut ini nih. Brain games ini udah didesain sedemikian rupa sehingga bisa ngetes kinerja otak lo dan nambah kemampuan lo dalam menyelesaikan masalah plus ngelatih konsentrasi. Masing-masing pertanyaan punya tingkat kesulitan yang beda, jadi siap-siap yah.

Kita mulai dengan yang paling gampang dulu yah. Lo pasti paham banget urutan angka dari 1 sampai 100. Udah diajarin sejak SD kan? Nah, pertanyaannya adalah berapa kali angka 5 muncul di antara angka 1 sampai 100? Yok, yok diinget dulu dan dihitung sebelum menjawab. Kalo udah ketemu jawabannya, lo bisa lanjut ke pertanyaan selanjutnya.

01 brain games

Ilustrasi: Marcel Danesi

Udah siap buat menjawab tebakan selanjutnya? Kalo udah, lo harus baca instruksi ini baik-baik ye biar nggak salah. Ceritanya ada 6 anak namanya Leisha, Benito, Delia, Charlotte, Weldon, dan Zoni. Kemaren mereka habis ngukur tinggi badan ternyata Weldon lebih tinggi dari Delia tapi lebih pendek dari Zoni. Leisha lebih tinggi dari Benito tapi lebih pendek dari Delia dan Weldon. Benito adalah yang paling pendek. Tugas lo adalah nulis nama mereka dari yang paling tinggi sampai yang terpendek secara urut. Gampang kan? Yok, segera dilakukan.

brain games

Via iStock

Setelah tadi lo pusing baca pertanyaan yang cukup panjang, sekarang P! punya yang keliatannya lebih sederhana nih. Lo lihat gambar kotak-kotak di bawah ini. Semua kotak ini punya ukuran yang sama tapi ada satu yang beda. Lo bisa menemukan nggak?

brain games

Via iStock

Soal yang terakhir nih. Ceritanya ada bunga beracun dari luar angkasa nih. Ada 6 jenis yang berbeda. Masing-masing punya nama tapi ilmuwan masih belom bisa menemukan nama buat bunga yang terakhir. Kalo ngikutin aturan yang sama kayak dalam menamai bunga lainnya, kira-kira bunga terakhir ini bakal dikasih nama apa? Lo bisa nebak nggak?

brain games

Via rd.com

Gimana? waktu buat berfikir udah habis nih. Sekarang saatnya lo simpan jawaban lo dan cek nih apakah jawaban lo bener atau malah meleset semua. Semoga aja ada yang bener yah walaupun cuma satu atau dua. Hihi.

Jawaban buat pertanyaan pertama adalah 20. Ada 10 angka "5" yang muncul di awal dan 10 angka "5" yang muncul sebagai digit kedua.
Untuk pertanyaan selanjutnya, jawabannya adalah Zoni, Weldon, Delia, Leisha, Benito, dan Charlotte. Bener nggak jawaban lo??

Untuk pertanyaan ketiga, jawabannya pakai gambar yah gaes. Silahkan diperhatikan baik-baik nih.

brain games

Yang terakhir adalah tebak nama bunga. Ternyata jawabannya adalah Cosmofilium Jupibristo. Kok bisa? Bisa dong. Coba perhatikan lagi di soalnya. Ntar lo pasti paham deh.

Komentar