dark mode 4

Yuk coba!

Dalam setahun terakhir ini, beberapa aplikasi (dan bahkan seluruh sistem operasi, seperti macOS Mojave) mendapatkan fitur yang biasanya disebut "dark mode" atau mode gelap yang pada dasarnya adalah skema warna baru dengan teks terang dengan latar belakang gelap.

Di sini ada penggemar berat mode gelap? Banyak yang bilang mode gelap nggak cuma menghemat baterai karena smartphone membutuhkan lebih banyak energi untuk menyalakan laptop atau layar ponsel dengan lempengan putih terang daripada abu-abu gelap atau hitam - tetapi juga membuat tampilannya terlihat keren.

Nggak semua aplikasi punya mode gelap, tapi beberapa aplikasi populer termasuk YouTube, Facebook Messenger, Twitter, udah punya mode gelap. Terus, gimana cara setting mode gelap atau dark mode di aplikasi. Langsung baca caranya di bawah ini ya :

1. YouTube

dark mode 1

Aplikasi video sharing paling populer di dunia memberi pengguna iOS dark theme pada awal 2018 dan ditindaklanjuti dengan versi Android dari fitur yang sama pada Juli 2018. Karena YouTube fokusnya menonton video, mode gelap cocok banget. Untuk mengaktifkannya di iOS, buka Settings - Dark Theme. Pada Android, opsi dapat ditemukan di Settings - General - Dark theme.

2. Facebook Messenger

Dark mode untuk Facebook Messenger baru rilis beberapa waktu lalu, dan masih dalam mode beta. Untuk mengaktifkannya agak unik nih, pertama-tama lo harus mengirim seseorang emoji bulan sabit, setelah itu lo akan mendapatkan prompt untuk mengaktifkan Mode Gelap itu sendiri. Ini berfungsi pada perangkat iOS dan Android, asalkan lo udah memperbarui aplikasi Messenger ke versi terbaru. Facebook masih ngasih warning bahwa mungkin masih ada gangguan, semacam bug gitu.

3. Twitter

dark mode 2

Twitter sih udah lama punya dark mode. Untuk mengaktifkannya di iOS, buka Settings and privacy - Display and sound dan enable Night mode. Atau, lo bisa mengklik ikon profil lo di kiri atas, lalu ikon bulan sabit di kiri bawah. Proses untuk mengaktifkan fitur ini di Android persis sama.

4. Google Chrome

dark mode 3

Sekarang, setiap kali lo menjelajahi situs di Google Crome, lo bisa dengan gampangnya aktifin dark mode. Kalo di Android tinggal mengetuk tiga titik di sudut kanan atas dan mengubah tampilan situs menjadi Light, Dark atau Sepia.

So, selamat mencoba!

Photo by 9to5Mac, Mashable

Komentar