trashtag 6

Bikin lo viral tapi juga berdampak positif buat bumi, berani ikutan?

 

Sadar nggak sih kalo di zaman sekarang orang-orang berlomba-lomba buat jadi viral? Mulai dari ngelakuin yang nggak penting sampe yang penting banget, pokoknya kudu viral. Tujuannya pertama pasti biar terkenal dong ya. Kedua ya biar ide, semangat ataupun pesan yang disampaikan tersebar luas.

Nah kali ini P! mau ngasih tau lo sebuah challenge yang lagi viral nih. Ke-viral-an challenge ini nggak aneh-aneh kok melainkan sangat berfaedah. Namanya #Trashtag Challenge.

Challenge ini mengajak siapapun untuk berfoto di daerah yang kotor dan banyak sampah. Kemudian membersihkannya dan setelah bersih, kembali berfoto dengan sampah-sampah yang sudah dikumpulkan.

trashtag 1

#Trashtag Challenge jadi viral setelah pengguna reddit memposting seseorang yang telah melakukan tantangan ini. Dalam unggahan tersebut, ia menuliskan "Ini sebuah #challenge baru untuk kalian remaja yang tengah bosan. Berfotolah di area yang butuh untuk dibersihkan dan lalu foto lagi setelah kamu selesai membersihkannya. Unggah foto mu di sini!"

BOOM! Seketika viral! Buktinya banyak yang ngikutin! Nih coba lihat aja di bawah ini:

trashtag 2

trashtag 3

trashtag 4

trashtag 5

trashtag 6

trashtag 7

trashtag 8

trashtag 9

trashtag 10

Gimana? Berani ikutan nggak lo?

Tau nggak kalo tiap tahunnya ada sekitar 1,3 miliar ton limbah rumah tangga dan hanya sekitar 258-368 ton nya berakhir di 50 tempat pembuangan terbesar. Kemudian jutaan ton lainnya berakhir di lautan. 80% dari sampah-sampah ini berasal dari limbah daratan.

Nah dengan challenge ini sedikit banyak kita membantu agar sampah-sampah tersebut tidak menumpuk sembarangan atau bahkan berakhir di lautan. Kalo misal lo nggak mau ikutan challenge ini sih gapapa. Paling nggak yuk lah jangan buang sampah sembarangan! Karena kebiasaan baik dimulai dari hal-hal kecil.

 

Foto: Artfido

Komentar